Langsung ke konten utama

LATSOL IPS VIII BAB III

 


BAB III
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN

3.3. Menganalisis keunggulan  dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN.

JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi )

1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah ....

A. Sumatera
B. Jawa
C. Kalimantan
D. Papua


 

2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah ....

A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian
B. memberikan bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin
C. pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
D. mengembangkan budaya bertani yang lebih maju dan modern


 

3.    Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi disebut ....

A. Motif ekonomi
B. Pelaku ekonomi
C. Prinsip ekonomi
D. Badan usaha


 

4.    Yang menunjukkan peran rumah tangga keluarga dalam bidang pertanian berikut ini adalah ....

A. memilih bibit unggul
B. menggunakan pupuk berimbang
C. kerja menanam padi
D. menjual hasil pertanian

 

5.    Berikut adalah peran rumah tangga pemerintah dalam perekonomian, kecuali ....

A. memberikan dana bantuan
B. menyediakan barang dan jasa publik
C. bekerja di instansi pemerintahan
D. menarik pajak

 

 

6.    Salah satu peran rumah tangga luar negeri dalam perekonomian adalah ....

A. memberikan dana hibah
B. menjalin persahabatan
C. melakukan ekspor impor
D. memungut pajak



7.    Perhatikan gambar berikut!




Gambar di atas adalah salah satu pelaku dalam perekonomian yang disebut ....
A. RTK
B. RTP
C. RTN
D. MLN


 

8.    Rumah tangga produsen yang menggunakan faktor produksi kewirausahaan akan memberikan balas jasa berupa ....

A. sewa
B. gaji
C. bunga
D. keuntungan


 

9.    Kegiatan rumah tangga produsen yang benar berikut ini adalah ....

A. menawarkan faktor produksi
B. meminta faktor produksi
C. memanfaatkan barang dan jasa
D. mencari kepuasan hidup


 

10. Perdagangan yang dilakukan oleh penduduk/lembaga suatu daerah dengan penduduk/lembaga suatu daerah lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama disebut ....

A. perdagangan tradisional
B. perdagangan antarpulau
C. perdagangan internasional
D. perdagangan konvensional



salam sehat selalu dan salam rindu dari ibu


Komentar

  1. Nama : Putri Maharani
    Kelas : 8B
    No.absen : 27

    1. B. Jawa
    2. C. Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3. B. Pelaku ekonomi
    4. C. Kerja menanam padi
    5. C. Bekerja di instansi pemerintahan
    6. C. Melakukan ekspor impor
    7. A. RTK
    8. D. Keuntungan
    9. C. Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. Perdagangan antarpulau

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama : bimo prasetyo
      kelas : 8b
      no abs : 08

      1. B.jawa
      2. C.pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
      3. B.pelaku ekonomi
      4. A. memilih bibit unggul
      5. C. bekerja di instansi pemerintahan
      6. C. melakukan ekspor impor
      7. C. RTN
      8. B. gaji
      9. C. memanfaatkan barang dan jasa
      10. B. perdagangan antarpulau

      Hapus
  2. Nama : Arien Aulia Zahra
    No : 07
    Kelas : 8B
    1. B. Jawa
    2. C. Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3. B. Pelaku ekonomi
    4. A. memilih bibit unggul
    5. C. Bekerja di instansi pemerintahan
    6. C. Melakukan ekspor impor
    7. A. RTK
    8. D. Keuntungan
    9. C. Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. Perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  3. Nama : Jelita Nela Aprelia
    Kelas : 8B
    Absen : 17

    1. B.Jawa
    2. C.Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai kepedesaan
    3. B.Pelaku ekonomi
    4. A.Memilih bibit unggul
    5. D.Menarik pajak
    6. C.Melakukan eksporimpor
    7. B.RTP
    8. D.Keuntungan
    9. C.Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B.Perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  4. Nama : Bintang Rafif Avecinna
    Kelas : 8B
    No : 09

    1. B
    2. C
    3. B
    4. A
    5. C
    6. C
    7. A
    8. B
    9. B
    10. B

    BalasHapus
  5. Nama:Laela Agus Pratiwi
    Kelas:8B
    Absen:18


    1.B
    2.C
    3.B
    4.A
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.B
    10.B

    BalasHapus
  6. Nama: Gita Meisyah Putri
    Kelas: 8B
    No: 16

    Jawaban
    1. B. Jawa
    2. C. Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai kepedesaan
    3. B. Pelaku Ekonomi
    4. A. Memilih bibit unggul
    5. C. Melakukan ekspor impor
    6. C. Melakukan eksporimpor
    7. A. RTK
    8. D. Keuntungan
    9. C. Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. Perdagangan antar pulau

    BalasHapus
  7. Nama Fariz irshadzul khikmal
    Kelas 8B
    No 13
    1. B. Jawa
    2. C. Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3. B. Pelaku ekonomi
    4. A. memilih bibit unggul
    5. C. Bekerja di instansi pemerintahan
    6. C. Melakukan ekspor impor
    7. A. RTK
    8. D. Keuntungan
    9. C. Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. Perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  8. Nama: Ahmad Varel Avriliyanto
    Kelas:8B
    No:02

    1.B. Jawa
    2.C. pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3.B. Pelaku ekonomi
    4.C. kerja menanam padi
    5.C. bekerja di instansi pemerintahan
    6.C. bekerja di instansi pemerintahan
    7.A. RTK
    8.B. gaji
    9.B. meminta faktor produksi
    10.B. perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  9. Nama : yuniar sasmitra
    Kelas : VIII-B
    No : 32

    1.B
    2.C
    3.B
    4.C
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.B
    10.B









    BalasHapus
  10. nama: Vicky Antony anesfulvian
    kelas:8B
    no :31

    1.B
    2.C
    3.B
    4.C
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.B
    10.B

    BalasHapus
  11. Nama: Nabila Amalia
    Kelas: 8B
    No: 25

    1. B. Jawa
    2. C. pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3. B. Pelaku ekonomi
    4. A. memilih bibit unggul
    5. C. bekerja di instansi pemerintahan
    6. C. melakukan ekspor impor
    7. A. RTK
    8. B. gaji
    9. C. memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  12. Nama:Andika Pramana p
    Kelas:8B//05


    1. B. Jawa
    2. C. Pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3. B. Pelaku ekonomi
    4. A. memilih bibit unggul
    5. C. Bekerja di instansi pemerintahan
    6. C. Melakukan ekspor impor
    7. A. RTK
    8. D. Keuntungan
    9. C. Memanfaatkan barang dan jasa
    10. B. Perdagangan antarpulau

    BalasHapus
  13. Nama:Fauziah
    Kelas:8b
    No absen:15


    1.B. jawa
    2.C. pembanguanan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3.B. pelaku ekonomi
    4.A. memilih bibit unggul
    5.C. berkerja instansi
    6.C. melakukan ekspor impor
    7.A. RTK
    8.D. keuntungan
    9.C. memanfaat kan barang dan jasa
    10. B perdagangan antar pulau

    BalasHapus
  14. Nama : Dimas Agung Prasetyo.
    Kls : 8B.
    No : 12.

    1.B.jawa
    2.C.pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3.B.pelaku ekonomi
    4.A.memiliki bibit unggul
    5.C.bekerja instansi
    6.C.melakukan ekspor impor
    7.A.RTK
    8.D.keuntungan
    9.C.memanfaatkan barang dan jasa
    10.B. Perdagangan antar pulau

    BalasHapus
  15. Nama:Alifvita Feriska Saputri
    Kelas:8B
    No:03
    1.B
    2.C
    3.B
    4.A
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.C
    10.B

    BalasHapus
  16. Nama: Farrah Inayah
    no.absen:14
    kelas:,8B
    1. B
    2. C
    3. B
    4. A
    5. C
    6. C
    7. A
    8. B
    9. B
    10. B

    BalasHapus
  17. nama: Farrah Inayah
    no.absen:14
    kelas:8b
    1. B
    2. C
    3. B
    4. c
    5. C
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10. B

    BalasHapus
  18. Nama: Maulidatul Rizqi
    Kelas:8B
    No:19

    1.B
    2.C
    3.B
    4.A
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.C
    10.B

    BalasHapus
  19. Nama:andika putra pratama
    Kelas:8B
    No:6
    1.B
    2.C
    3.B
    4.A
    5.C
    6.C
    7.A
    8.D
    9.C
    10.B

    BalasHapus
  20. Nama: Nayomita Hasnarani Putri
    Kelas:8B
    No:26

    1.B.Jawa
    2.C.pembangunan jalan dan pasar secara merata sampai ke pedesaan
    3.B.Pelaku ekonomi
    4.A.Memilih bibit unggul
    5.C.bekerja di instansi pemerintahan
    6.C.Melakukan ekspor impor
    7.A.RTK
    8.D.Keuntungan
    9.C.Memanfaatkan barang dan jasa
    10.B.Perdagangan konvensiona

    BalasHapus
  21. Nama: Amanda Nabila Ramadhania
    Kelas:8B
    No:04

    1.B
    2.C
    3.B
    4.A
    5.A
    6.C
    7.A
    8.B
    9.B
    10.B

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si

Bantengan di PKKS

  PKKS Kepanjangan dari penilaian kinerja kepala sekolah, hari ini Kamis 14 Desember 2023 aksi di SMP Negeri 27 Malang, sebenarnya  Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai kinerja dari Kepala Sekolah. Aksi asik yang tidak biasanya adalah sambutan  untuk tim penilai dari semua murid dengan tampilan kesenian Bantengan salah satu bentuk implementasi pembelajaran budaya lokal dan penampilan pencak silat dari murid yang berprestasi, tampilan aksi nyata dari penggelolaan program positif berdampak pada murid. PKKS  ini adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah adalah sebagai pendidik, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator. Sementara tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.  Ada empat komponen da