Langsung ke konten utama

Asiknya menyusun kesempatan kelas

 




Agar pembelajaran asik menyenangkan dan berbahagia bersama mari susun kesepakatan kelas, mari simak langkah-langkah membuat kesepakatan kelas beserta penjelasannya.

Bagaimana langkah membuat kesepakatan kelas, pertama guru perlu memahami murid terlebih dahulu melihat jenjang atau level pendidikan murid yang guru ampuh tingkat perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa, hal ini dapat membantu dalam menyesuaikan pertanyaan panduan dalam penyusunan kesepakatan kelas.

Coba model diskusi dan refleksi serta alat bantu yang dibutuhkan dalam proses membuat kesepakatan kelas, memandu proses pembuatan kesepakatan kelas pada murid kelas rendah, misalnya tentu akan berbeda dengan murid kelas atas memahami kebutuhan murid hal ini dapat dilakukan dengan mencari informasi mengenai apa yang murid harapkan terjadi di dalam kelas dan apa yang tidak diharapkan murid di dalam kelas kebutuhan juga secara spesifik.


Pada tiga pertanyaan kunci dalam menyusun kesepakatan kelas seperti, apa yang murid inginkan, teman seperti apa yang murid inginkan, dan guru seperti apa yang murid inginkan.

Guru membiarkan murid-murid mengungkapkan pendapatnya dengan bebas dan terbuka, untuk murid-murid yang lebih besar, mulai kelas atas mereka dapat menuliskan Jawaban pertanyaan pada sticky notes.

Dan sementara untuk murid-murid yang kelas rendah atau kecil guru dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan, dalam diskusi kelas guru juga dapat menjelaskan pertanyaan dengan bantuan gambar-gambar perilaku yang diharapkan dan yang tidak diharapkan.

Guru membuat daftar harapan-harapan murid, sekarang guru akan mempunyai banyak sekali masukan dari murid-murid tentang harapan mereka, jelas pasti berbeda-beda. 

Lanjut apakah semua harus diakomodasi jawabannya ? proses selanjutnya adalah 

Dapat mengakomodasi kepentingan bersama, diskusikan bersama murid kepentingan mana saja yang merupakan kepentingan bersama. sisihkan poin-poin yang bukan kepentingan bersama, pemahaman akan kebutuhan bersama yang mampu mengakomodasi kebutuhan individu sangat penting.

Benar, ternyata daftar kepentingan bersama masih cukup panjang, lanjut guru lakukan pengelompokan kebutuhan lalu susun berdasarkan skala prioritas apa saja yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kelas yang kondusif, untuk murid-murid kelas besar mereka dapat dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk menentukan prioritas sebelum akhirnya kembali dalam diskusi kelas untuk mendapatkan konsensus.

Sedangkan untuk kelas rendah atau kecil guru masih sangat berperan untuk memimpin jalannya diskusi dengan panduan pertanyaan mana yang paling penting dilakukan atau tidak dilakukan di kelas, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jumlah poin kesepakatan, untuk kelas besar 1 sampai 7 poin kesepakatan sedangkan untuk kelas kecil batasi hingga 5 poin kesepakatan, 

Lanjut guru meminta murid untuk melihat kembali poin-poin yang telah disepakati bersama tekankan pada murid bahwa setiap poin akan ditinjau ulang setiap kali ada pelanggaran, terjadi diskusi konsekuensi dibutuhkan jika pelanggaran kesepakatan terjadi. 

Sedangkan untuk murid kelas kecil kesepakatan kelas dibuat dengan menggunakan gambar-gambar agar isi kesepakatan lebih mudah dimengerti, terakhir sahkan kesepakatan bersama dengan menempelkan poin-poin kesepakatan di dinding kelas gunakan cara yang menarik untuk memisahkannya misalnya dengan menempelkan foto seluruh anggota kelas pada lembar kesepakatan menandatangani kesepakatan tuliskan nama dan lain sebagainya. 

Kelas akan lebih menyenangkan dan semua terlihat berbahagia.

Merdeka belajar merdeka mengajar.


SW 22-8-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...

Tamu Literasi

  Foto 1. Budhe Yanti menjelaskan langkah-langkah meresume Foto 2. Meresume apa yang dibaca dan mengirimkannya ke WhatsApp Hari ini Sabtu 2 Oktober 2021 crew Teras Literasi berkegiatan di kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Lidah Kulon RT. 05 RW. 01 Kecamatan Lakarsantri, setelah hampir enam bulan tidak berkegiatan tamu literasi.  Progam tamu literasi di RT 05 RW 01 kelurahan Lidah kulon kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya ini adalah acara rutin setiap tiga bulan sekali dengan agenda kegiatan utamanya adalah pendampingan literasi di warga setempat. Namun karena kondisi pandemic ini kegiatan tertunda baru bisa dilaksanakan hari sabtu 2 Oktober 2021.  Kegiatan Tamu Literasi ini sendiri dilaksanakan dirumah ketua RT dan diikuti oleh warga setempat mulai anak berumur sepuluh sampai remaja yang berumur sembilan belas tahun dengan tetap melaksanakan prokes.  Terlihat  antusias anak anak mengikuti kegiatan ini,  dalam  kegiatan ini   anak anak menda...