Agar pembelajaran asik menyenangkan dan berbahagia bersama mari susun kesepakatan kelas, mari simak langkah-langkah membuat kesepakatan kelas beserta penjelasannya.
Bagaimana langkah membuat kesepakatan kelas, pertama guru perlu memahami murid terlebih dahulu melihat jenjang atau level pendidikan murid yang guru ampuh tingkat perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa, hal ini dapat membantu dalam menyesuaikan pertanyaan panduan dalam penyusunan kesepakatan kelas.
Coba model diskusi dan refleksi serta alat bantu yang dibutuhkan dalam proses membuat kesepakatan kelas, memandu proses pembuatan kesepakatan kelas pada murid kelas rendah, misalnya tentu akan berbeda dengan murid kelas atas memahami kebutuhan murid hal ini dapat dilakukan dengan mencari informasi mengenai apa yang murid harapkan terjadi di dalam kelas dan apa yang tidak diharapkan murid di dalam kelas kebutuhan juga secara spesifik.
Pada tiga pertanyaan kunci dalam menyusun kesepakatan kelas seperti, apa yang murid inginkan, teman seperti apa yang murid inginkan, dan guru seperti apa yang murid inginkan.
Guru membiarkan murid-murid mengungkapkan pendapatnya dengan bebas dan terbuka, untuk murid-murid yang lebih besar, mulai kelas atas mereka dapat menuliskan Jawaban pertanyaan pada sticky notes.
Dan sementara untuk murid-murid yang kelas rendah atau kecil guru dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan, dalam diskusi kelas guru juga dapat menjelaskan pertanyaan dengan bantuan gambar-gambar perilaku yang diharapkan dan yang tidak diharapkan.
Guru membuat daftar harapan-harapan murid, sekarang guru akan mempunyai banyak sekali masukan dari murid-murid tentang harapan mereka, jelas pasti berbeda-beda.
Lanjut apakah semua harus diakomodasi jawabannya ? proses selanjutnya adalah
Dapat mengakomodasi kepentingan bersama, diskusikan bersama murid kepentingan mana saja yang merupakan kepentingan bersama. sisihkan poin-poin yang bukan kepentingan bersama, pemahaman akan kebutuhan bersama yang mampu mengakomodasi kebutuhan individu sangat penting.
Benar, ternyata daftar kepentingan bersama masih cukup panjang, lanjut guru lakukan pengelompokan kebutuhan lalu susun berdasarkan skala prioritas apa saja yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kelas yang kondusif, untuk murid-murid kelas besar mereka dapat dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk menentukan prioritas sebelum akhirnya kembali dalam diskusi kelas untuk mendapatkan konsensus.
Sedangkan untuk kelas rendah atau kecil guru masih sangat berperan untuk memimpin jalannya diskusi dengan panduan pertanyaan mana yang paling penting dilakukan atau tidak dilakukan di kelas, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jumlah poin kesepakatan, untuk kelas besar 1 sampai 7 poin kesepakatan sedangkan untuk kelas kecil batasi hingga 5 poin kesepakatan,
Lanjut guru meminta murid untuk melihat kembali poin-poin yang telah disepakati bersama tekankan pada murid bahwa setiap poin akan ditinjau ulang setiap kali ada pelanggaran, terjadi diskusi konsekuensi dibutuhkan jika pelanggaran kesepakatan terjadi.
Sedangkan untuk murid kelas kecil kesepakatan kelas dibuat dengan menggunakan gambar-gambar agar isi kesepakatan lebih mudah dimengerti, terakhir sahkan kesepakatan bersama dengan menempelkan poin-poin kesepakatan di dinding kelas gunakan cara yang menarik untuk memisahkannya misalnya dengan menempelkan foto seluruh anggota kelas pada lembar kesepakatan menandatangani kesepakatan tuliskan nama dan lain sebagainya.
Kelas akan lebih menyenangkan dan semua terlihat berbahagia.
Merdeka belajar merdeka mengajar.
SW 22-8-2022
Komentar
Posting Komentar