Langsung ke konten utama

Aksi Asik di APEPSI

 

Aksi Asik sahabat APEPSI DIKLAT NASIONAL ke 5

Kitir Literasi

Sekitar pertengahan tahun 2021 giat aksi asik diikuti dalam wadah indah APEPSI Asosiasi Pendidik Edukasi Pengetahuan Sosial Indonesia, bagaikan siaran TV lengkap dengan channel masing-masing dimana setiap hari tiada henti informasi terkini di sajikan. Seakan sarapan rutin yang diterima. Ada suara tanpa wajah,ada slide gambar teks yang menyentu untuk dibaca. Tak ketinggalan  syair lagu lengkap dengan Vidio pembelajarannya.Bersama belajar untuk bekal mendampingi putra putri penerus Bangsa ini.

Meskipun tak bisa langsung berpandangan dengan gerak anggota badan, semua anggota menyuarakan sapa dengan tulisan di perkenalan dengan WhatsApp group. WA APEPSI nama kerennya merupakan cara yang termudah untuk mengirim pesan secara cepat kepada seluruh anggota APEPSI bapak ibu guru yang haus akan ilmu yang  akan membantu menguatkan potensi putra putri didiknya.

Kurang lebih 15 channel terbagi,posisi channel 14 yang ditempati,seru asik yang dibaca didengar dilihat informasi terkini dalam membantu mengembangan kemampuan seorang pendidik Ilmu pengetahuan Sosial bapak ibu guru hebat se Nusantara ini bergabung. 

Memahami Tujuan pembelajaran IPS tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan saja, melainkan juga pembinaan peserta didik untuk mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai pengetahuan tersebut di tengah masyarakat. Nilai-nilai tersebut misalnya tenggang rasa dan tepo sliro, kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, disiplin, ketaatan, keteraturan, etos kerja, dan lain-lain. Dari tujuan inilah bapak ibu guru hebat se Nusantara bergiat.

Hal ini sangat dirasakan pada pertemuan DIKLATNAS APEPSI ke 5 di Sleman Yogyakarta tanggal 29-30 Januari 2022 Sabtu Minggu hari yang sangat dinanti berjumpa dengan para sahabat keluarga besar forum indah ini APEPSI. Terasa saudara dekat walau belum pernah bertatap muka dan berjabat tangan, saling berbagi ilmu pengalaman yang di dapat mulai memahami bagaimana menjadi guru hebat dengan berbagai ilmu pengalaman yang melekat hingga belajar membuat media aplikasi yang bisa mengguncangkan dunia maya. Seakan tak mau kala dengan putra putri di sekolah.

Tak hanya ilmu dan pengalaman yang dibagikan, yang siap untuk di ATM kan ( amati tiru modifikasi) di tempat asal, apa yang didapatpun hingga bisa berbagi cobek dan oleh-oleh khas daerah masing-masing. Aksi Asik Kitir kerepek tempe pun dijadikan rumus jitu menguatkan literasi dasar bapak ibu guru yang hadir. Tampak terlihat senyum tawa lepas hilangkan kelelahan yang dirasa. Tak tertinggal karya siswa SMPN 27 Malang dan karya di taman bacaan masyarakat Teras Tegal Literasi Malang pun terbagi untuk tim pengurus APEPSI. Jayalah terus APEPSI kau adalah wadah indah Aksi Asik kami guru-guru di ibu Pertiwi ini.


Suyati 

SMPN 27 Malang Jawa Timur

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...