Langsung ke konten utama

Refleksi murid dalam pembelajaran ekonomi kreatif aksi pemanfatan limbah sampah plastik

 


REFLEKSI AKSI NYATA

Nama kelompok,kelas 9D

1.Nadia walfadila

2.Nadira Yola marchelina


Tema ; Pemanfaatan limbah sampah plastik untuk menumbuhkan 

 ekonomi kreatif 


Nama hasil produk ;

bunga dari plastik


Pengalaman yang didapat dalam praktek nyata membuat produk. Saya dapat mengkreasikan barang bekas 


Kesan saya yang terkait membuat produk ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif agar mengurangi limbah plastik dan mengolahnya menjadi barang yang berguna


Harapan ;  Setelah mengikuti pembelajaran ekonomi kreatif dari limbah sampah, saya dapat memiliki berbagai refleksi.saya menyadari bahwa sampah dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis, menciptakan peluang kerja, dan memberikan kontribusi pada pengurangan polusi lingkungan serta konservasi sumber daya alam. Selain itu, saya juga mungkin menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, peran daur ulang dalam mengurangi dampak lingkungan, dan bagaimana daur ulang sampah dapat membantu menciptakan lapangan kerja serta mendukung ekonomi masyarakat. 


Seluruh pengalaman ini dapat membantu saya memahami pentingnya kesadaran lingkungan dan peran ekonomi kreatif dalam pengelolaan sampah.


Dengan demikian, pembelajaran ekonomi kreatif dari sampah dapat menjadi landasan bagi saya dan  masyarakat luas untuk mengembangkan kemampuan kreatif dalam mengelola dan memanfaatkan sampah secara berkelanjutan.


Terus tergerak bergerak menggerakkan belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar


Suyati_3-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FDG Literasi Numerasi

Aksi hari ini Sabtu pagi crew TL mengikuti FDG secara dari g literasi numerasi bersama tbm RBA, bersama dengan  pembahas,peninjau dan peserta saling berdiskusi terkait penguatan literasi numerasi di sekolah ,keluarga dan di masyarakat.  Kegiatan berjalan empat jam ini menghasilkan beberapa Penguatan, yang pertama   keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama dan utama dalam proses pembentukan karakter anak, terutama di bidang literasi dan numerasi.  Pentingnya peran keluarga dalam proses sosialisasi diharapkan dapat menjadi motor penggerak literasi dan numerasi anak, rumah sebenarnya merupakan lingkungan yang sangat memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran literasi dan numerasi. Yang kedua disekolah adanya kesepakatan guru dan murid ,guru dan orang tua hal ini menjadikan pondasi dalam penguatan literasi numerasi agar bersama memahami tujuan apa yang akan didapat. Ketiga guru harus bisa mengkombinasikan antara teori teori dengan praktek literasi numeras...

Festival Panen Hasil Belajar

  Aksi Minggu pagi 16-10-2022  taman bacaan masyarakat Teras Literasi mendapat undangan sebagai praktisi komunitas,  menghadiri kegiatan festival panen hasil belajar calon guru penggerak angkatan 4 sejumlah 127 CPG di aula SMAN 9 kota Malang. Ciri guru penggerak Menurut Mentri Kemendikbudristek Nadiem Makarim, semua guru yang terlibat dalam PGP mempunyai ciri atau sikap yang harus dimiliki, antara lain: 1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik. 2. Guru Penggerak itu melihat anak yang tertinggal di kelas sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya. 3. Guru Penggerak itu percaya dan bukan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak sedikit lambat melakukan perubahan. 4. Guru Penggerak adalah guru yang menyadari bahwa waktu untuk belajar sesama guru. Waktu untuk bermusyawarah sebagai satu tim orang dewasa di dalam sekolah itu adalah kunci daripada inovasi. 5. Guru Penggera...

Meresume dari yang dibaca

  Foto 1. PakDhe Eko memimpin ice breaking tebak gambar Foto 2. Ukasya salah satu anak TL berfoto di depan keranjang buku Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini Minggu 23 September 2021 dilaksanakan diTegal Literasi dengan diikuti kurang lebih sepuluh anak, kegiatan  diawali dengan membaca surat Al-fatihah dan yel-yel TL bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking tebak gambar yang dipimpin Pakdhe Eko, ice breaking tebak gambar sendiri adalah masing-masing anak Teras Literasi akan menebak gambar sketsa buah yang ada di hp Pakdhe Eko. Adapun permainan ice breaking tebak gambar ini dimulai dengan anak-anak Teras Literasi berbaris kemudian secara bergilir maju kedepan untuk menebak gambar yang ada di hp Pakdhe Eko dimulai dari anak yang paling depan. Bagi anak Teras Literasi bisa menebak akan kembali kebarisan yang belakang  begitu juga anak Teras Literasi yang belum bisa menebak akan kembali ke barisan yang belakang dengan terlebih dahulu tangannya dikasi...