Langsung ke konten utama

Nobar masa Kemerdekaan

 


Pada pelajaran IPS dikelas 9 pada semester genap materi penghujung ..., aksi asik hari ini bersama guru Suyati seperti biasa selalu menggunakan media pembelajaran dalam aksi pembelajarannya.

Nobar masa Kemerdekaan, nama media yang diaksikan hari ini, perangkatpun disiapkan oleh guru Suyati dan murid, terlihat murid mempunyai empati tinggi.

menonton bersama film atau video yang relevan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 

Tujuan nonton bareng film masa kemerdekaan dalam pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) meliputi: Memperkenalkan aspek historis dan politik Indonesia dalam konteks masa kemerdekaan, Menyediakan referensi dan informasi tentang peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia dan Tersedianya pemahaman tentang peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia.

Manfaat nonton bareng film masa kemerdekaan dalam pembelajaran IPS meliputi:Meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air, Pendidikan sejarah, termasuk peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia serta sebagai Hiburan edukatif, yang memberikan pesan-pesan penting serta peluang belajar secara bersamaan.

Semua tujuan dan manfaat nobar masa Kemerdekaan dalam pembelajaran IPS ini akan membantu mengembangkan ilmu dan ketrampilan serta meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang IPS.

Terlihat semua murid murid lebih aktif dalam diskusi dan pemahaman terhadap sejarah Indonesia, karena setelah nobar murid melakukan presentasi menceritakan alur cerita nobar serta menyampaikan dampak positif makna baik apa yang ada pada alur cerita nobar tersebut, aksi ini ternyata membawa murid ke komunitas lingkaran yang lebih luas, 

Namun perlu diingat bahwa efek menonton bersama film masa kemerdekaan tergantung pada kinerja guru dalam proses pendampingan, konten film, dan keterlibatan murid dalam proses belajar.

"Hari ini rekreasi dalam pembelajaran IPS dengan nobar saya sangat senang bisa nobar dikelas bagaikan nobar di gedung bioskop"

"Tidak hanya nobar kali ini,saya dan teman -teman bisa bercerita ulang alur dari film masa kemerdekaan serta bisa menyampaikan makna positif yang bisa ambil dari nobar ini"

"Kedepan bisa nobar lagi dengan film film yang kekinian sambil menikmati camilan layaknya di gedung bioskop"

Itu beberapa refleksi kegiatan pembelajaran hari ini dengan media nobar film masa kemerdekaan.

Terus tergerak bergerak menggerakkan belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar 

 

Suyati_26-2-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si