Langsung ke konten utama

Nobar masa Kemerdekaan

 


Pada pelajaran IPS dikelas 9 pada semester genap materi penghujung ..., aksi asik hari ini bersama guru Suyati seperti biasa selalu menggunakan media pembelajaran dalam aksi pembelajarannya.

Nobar masa Kemerdekaan, nama media yang diaksikan hari ini, perangkatpun disiapkan oleh guru Suyati dan murid, terlihat murid mempunyai empati tinggi.

menonton bersama film atau video yang relevan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 

Tujuan nonton bareng film masa kemerdekaan dalam pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) meliputi: Memperkenalkan aspek historis dan politik Indonesia dalam konteks masa kemerdekaan, Menyediakan referensi dan informasi tentang peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia dan Tersedianya pemahaman tentang peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia.

Manfaat nonton bareng film masa kemerdekaan dalam pembelajaran IPS meliputi:Meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air, Pendidikan sejarah, termasuk peristiwa dan pemerintahan awal Indonesia serta sebagai Hiburan edukatif, yang memberikan pesan-pesan penting serta peluang belajar secara bersamaan.

Semua tujuan dan manfaat nobar masa Kemerdekaan dalam pembelajaran IPS ini akan membantu mengembangkan ilmu dan ketrampilan serta meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang IPS.

Terlihat semua murid murid lebih aktif dalam diskusi dan pemahaman terhadap sejarah Indonesia, karena setelah nobar murid melakukan presentasi menceritakan alur cerita nobar serta menyampaikan dampak positif makna baik apa yang ada pada alur cerita nobar tersebut, aksi ini ternyata membawa murid ke komunitas lingkaran yang lebih luas, 

Namun perlu diingat bahwa efek menonton bersama film masa kemerdekaan tergantung pada kinerja guru dalam proses pendampingan, konten film, dan keterlibatan murid dalam proses belajar.

"Hari ini rekreasi dalam pembelajaran IPS dengan nobar saya sangat senang bisa nobar dikelas bagaikan nobar di gedung bioskop"

"Tidak hanya nobar kali ini,saya dan teman -teman bisa bercerita ulang alur dari film masa kemerdekaan serta bisa menyampaikan makna positif yang bisa ambil dari nobar ini"

"Kedepan bisa nobar lagi dengan film film yang kekinian sambil menikmati camilan layaknya di gedung bioskop"

Itu beberapa refleksi kegiatan pembelajaran hari ini dengan media nobar film masa kemerdekaan.

Terus tergerak bergerak menggerakkan belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar 

 

Suyati_26-2-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...