Langsung ke konten utama

Workshop pengelolaan pojok baca di perpustakaan Kelurahan kota Malang


Pojok baca mengacu pada sudut atau area membaca yang dirancang untuk mendorong membaca dan meningkatkan keterampilan literasi.


 Hal ini dapat ditemukan di berbagai lingkungan seperti sekolah, tempat kerja, dan ruang pelayanan publik. Disekolah, pojok baca kelas merupakan sudut membaca yang terletak di dalam kelas yang dirancang untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca dan mengembangkan kecintaan membaca. Biasanya berisi berbagai bahan bacaan seperti buku, majalah, dan komik, dan dirancang agar nyaman dan menarik secara visual bagi siswa.


Pojok baca di perpustakaan kelurahan adalah sebuah inisiatif untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kelurahan. Ini akan di gerakkan di seluruh kelurahan di kota Malang.


Terkait hal diatas , hari Kamis tanggal 25 Januari 2024 budhe Yanti dan pakde Eko berkegiatan menyampaikan materi pengelolaan pojok baca di kelurahan kota Malang dalam aksi di Perpustakaan kota Malang di hotel Savana yang dihadiri Kepala Dinas Perpusda kota Malang untuk membuka kegiatan workshop ini.



Kurang lebih 60 orang pegiat pojok baca perpustakaan Kelurahan kota Malang bersama belajar bagaimana mengelola dengan tepat dan berdampak  pojok baca di perpustakaan Kelurahan agar bisa berjalan konsisten dalam aksi asiknya.


Workshop ini bertujuan agar peserta mendapatkan pengetahuan tentang cara menjalankan dan merawat pojok baca, serta cara mengembangkan masyarakat yang kreatif dan mandiri secara intelektual.


Dengan  workshop pengelolaan pojok baca perpustakaan Kelurahan ini, diharapkan masyarakat di kelurahan dapat menjadi lebih aktif dalam mengembangkan literasi dan pendidikan, serta menjadi simbol kerjasama dan investasi bersama dalam pengembangan literasi sosial dan ekonomi.


Terus tergerak bergerak menggerakkan belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar


Suyati_26-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...