Langsung ke konten utama

Workshop pengelolaan pojok baca di perpustakaan Kelurahan kota Malang


Pojok baca mengacu pada sudut atau area membaca yang dirancang untuk mendorong membaca dan meningkatkan keterampilan literasi.


 Hal ini dapat ditemukan di berbagai lingkungan seperti sekolah, tempat kerja, dan ruang pelayanan publik. Disekolah, pojok baca kelas merupakan sudut membaca yang terletak di dalam kelas yang dirancang untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca dan mengembangkan kecintaan membaca. Biasanya berisi berbagai bahan bacaan seperti buku, majalah, dan komik, dan dirancang agar nyaman dan menarik secara visual bagi siswa.


Pojok baca di perpustakaan kelurahan adalah sebuah inisiatif untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kelurahan. Ini akan di gerakkan di seluruh kelurahan di kota Malang.


Terkait hal diatas , hari Kamis tanggal 25 Januari 2024 budhe Yanti dan pakde Eko berkegiatan menyampaikan materi pengelolaan pojok baca di kelurahan kota Malang dalam aksi di Perpustakaan kota Malang di hotel Savana yang dihadiri Kepala Dinas Perpusda kota Malang untuk membuka kegiatan workshop ini.



Kurang lebih 60 orang pegiat pojok baca perpustakaan Kelurahan kota Malang bersama belajar bagaimana mengelola dengan tepat dan berdampak  pojok baca di perpustakaan Kelurahan agar bisa berjalan konsisten dalam aksi asiknya.


Workshop ini bertujuan agar peserta mendapatkan pengetahuan tentang cara menjalankan dan merawat pojok baca, serta cara mengembangkan masyarakat yang kreatif dan mandiri secara intelektual.


Dengan  workshop pengelolaan pojok baca perpustakaan Kelurahan ini, diharapkan masyarakat di kelurahan dapat menjadi lebih aktif dalam mengembangkan literasi dan pendidikan, serta menjadi simbol kerjasama dan investasi bersama dalam pengembangan literasi sosial dan ekonomi.


Terus tergerak bergerak menggerakkan belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar


Suyati_26-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si