Langsung ke konten utama

Media tebak gambar



 Aksi asik pembelajaran IPS hari ini dengan media tebak gambar atau foto, aksi ini untuk meningkatkan motivasi belajar murid yang sudah mulai menurun. 

Guru Suyati menyiapkan foto foto aktivitas ekonomi kreatif di kota Malang, beberapa murid bersedia menjadi juru cerita atau jurit dimana dia akan menceritakan cerita pancingan atau pematik bagi teman teman sekelasnya.

Contoh foto yang di pegang dan disembunyikan adalah foto Heritage Kayutangan. Jurit ( juru cerita) bercerita tentang asal mula,  kondisi dan aktivitas daerah kampung tersebut, lalu jurit bertanya siapakah aku ?????

Tentunya semua murid sekelas akan mencari tahu dan bertanya -tanya apa ya .... 

Begitu seterusnya hingga sepuluh lembar foto yang di siapkan guru Suyati tuntas. 

Tujuan media tebak gambar ibu adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir, memperoleh pengetahuan, dan keterampilan murid, serta meningkatkan daya ingat, memberikan kesimpulan, dan mengembangkan kreativitas. Selain itu, pengembangan media tebak gambar juga bertujuan untuk membantu eksplorasi karir murid dan meningkatkan kemampuan berbicara.

 Media tebak gambar ini digunakan dalam pendekatan belajar sambil bermain untuk memotivasi murid dan meningkatkan kecerdasan visual-spasial pada murid.

Refleksi murid, "dengan media tebak gambar ini saya senang tidak mengantuk bahkan saya lebih fokus mengingat untuk coba menjawab "

"Jadi jurit juru cerita itu ternyata tidak gampang,saya harus pintar -pintar menggali ide cerita agar foto ini tidak mudah tertebak"

"Guru Suyati tak pernah kekurangan ide dalam pembelajaran yang selalu menggunakan media media menarik sehingga membuat semua tema-teman semangat belajar"

Semoga hal sekecil apapun dalam aksi pembelajaran IPS akan meningkatkan belajar semua murid, terus tergerak belajar berdampak bermakna berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.


Suyati_18-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si