Langsung ke konten utama

Hasil Belajar Murid

 

Hari ini Rabu 20 Desember 2023, semua murid SMP Negeri 27 Malang menerima hasil belajar di pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024. 

Apa itu hasil belajar murid ? 

Hasil belajar adalah kemampuan murid yang diperoleh setelah kegiatan belajar,(Nugraha, 2020). Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh murid setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi keterampilan kognitif, afektif, maupun psikomotor (Wulandari, 2021).

Yang merupakan hasil belajar, adalah Hasil belajar tidak mutlak berupa nilai saja, akan tetapi dapat berupa perubahan, penalaran , kedisiplinan, dan lainnya yang menuju pada perubahan positif. Pengertian hasil belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar murid melalui kegiatan penilaian atau pengukuran hasil belajar.

Mengapa perlu murid menerima hasil belajar,  sangat perlu  karena sebagai hasil belajar ini adalah  cerminan kemampuan murid setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah yang dapat  digunakan sebagai indikator keberhasilan proses belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai,  Diharapkan capaian hasil belajar yang diperoleh murid optimal.

Perlu dipahami faktor-faktor  apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar murid yaitu ada faktor internal (minat, bakat, motivasi, dan cara belajar) dan faktor Eksternal (lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga).

Hari ini penerimaan hasil belajar murid di SMP Negeri 27 Malang di terimakan kepada orang tua murid, dimana orang' tua  memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan belajar anak. Orang tua dapat membantu meningkatkan hasil belajar anak dengan memberikan perhatian, menyediakan sarana atau alat untuk belajar, dan mengatur waktu belajar. Orang tua juga dapat membimbing anak dalam mengatasi kesulitan belajar dan memberikan penjelasan jika ada pelajaran yang tidak dipahami anak. Selain itu, orang tua juga dapat memberikan fasilitas belajar yang nyaman seperti meja belajar, alat-alat tulis, dan tempat belajar yang nyaman. 

Dalam proses belajar mengajar di rumah, peran orang tua sangat penting bagi setiap murid, karena sumber belajar bukan hanya guru. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui hasil belajar anak dan membimbing anak dalam proses belajar.

Harapan bersama dari penerima hasil belajar murid ini, sebagai Pemantauan Kemajuan  Penerimaan hasil belajar murid memungkinkan murid, orang tua, dan guru untuk menyatukan kemajuan belajar murid dari waktu ke waktu.

Terus tergerak bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.


Suyati _20-12-2203




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si