Langsung ke konten utama

Aksi asik sharing penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran

 


Aksi asik sharing penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Seberapa penting penerapan teknologi digital di dalam proses pembelajaran?

Pengalaman saya dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran daring yang terjadi saat pandemi tahun lalu,Penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran sangat penting karena membantu meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan interaktivitas proses belajar, saya harus memahami kebutuhan murid saya dalam setiap pembelajaran khususnya di pembelajaran daring ini, penerapan teknologi digital yang saya terapkan dengan melihat apakah dapat  meningkatkan minat belajar murid saya, serta bisa memudahkan mengakses informasi saat pembelajaran, tentunya juga adanya terjalin  kolaborasi dan komunikasi  dimana dgn penerapan teknologi digital memungkinkan murid  dan saya untuk berkomunikasi dan bekerja sama secara efisien terutama dalam pembelajaran jarak jauh


Bagaimana pengalaman terkait praktik baik selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh ? 

Pengalaman yang saya dapat disini saat pembelajaran jarak jauh terbangunnya komunikasi yang baik dengan  murid dan orang tua, disini perlu adanya komunikasi yang baik dan transparan dalam hal ini  saling Sharing dengan orang tua mengenai pembelajaran, saling memberi informasi  tentang pembelajaran jarak jauh dan bagaimana orang tua dapat membantu anak saat belajar di rumah, pengalaman yang menantang adalah Menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan kondisi murid dalam hal mempertimbangkan keterbatasan perangkat, koneksi internet, dan preferensi belajar yang dimiliki oleh murid.


 Apakah Ibu sudah menerapkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar?

Alat bantu dalam pembelajaran jarak jauh pastilah menggunakan android dengan jaringan internet yang memadai ataupun paket data yang disediakan mandiri murid, dengan menggunakan media pembelajaran teknologi google form, google meet,zoom, WA group matapelajaran,   Media Pembelajaran  yang digunakan Media pembelajaran seperti video, gambar, dan audio, juga menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran. Media ini disajikan melalui berbagai platform, seperti YouTube sendiri dan TV Edukasi serta saya bersama murid bisa menggunakan media tradisional yang bisa murid konseb buat sendiri dengan melihat kondisi lingkungan murid


 Bagaimana perbedaan antusiasme peserta didik yang mengikuti pembelajaran daring dan luring ?

Murid yang belajar secara daring / online memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan murid  yang belajar secara offline.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat murid  dalam pembelajaran daring dan luring yaitu tingkat interaksi dengan saya , kemudahan pemahaman materi, serta dukungan orang tua dan teman sebaya. Oleh karena itu, perbedaan antusiasme murid yang mengikuti pembelajaran daring dan luring dapat berbeda-beda tergantung berbagai faktor tersebut.


Teknologi apa sajakah yang sudah pernah digunakan dalam mendukung proses belajar mengajar?

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  Pemanfaatan TIK, seperti komunikasi virtual dan media audio visual, mendukung interaksi dan penyampaian informasi dalam proses pembelajaran daring


Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengawasi peserta didik saat menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh?

Saya terapkan salah satunya adalah dengan menerapkan tugas kolaborasi, dimana saya  memberikan tugas kepada sekelompok murid untuk mengerjakan proyek atau tugas yang sama. Selain itu, penting juga saya  untuk melakukan pengamatan terhadap murid  dan memberikan refleksi pribadi untuk mengetahui umpan balik dari murid saya,


Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran?

Menurut saya yang mendukung penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran adanya motivasi belajar yang tinggi

memilih menggunakan metode pembelajaran yang tepat,lingkungan belajar yang nyaman, yang paling utama 

Konsistensi dalam belajar dan 

Keterlibatan dalam proses belajar.


Menurut saya yang menghambat penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, Keterbatasan Akses karena  eberapa tempat tinggal murid mungkin mengalami keterbatasan akses internet dan infrastruktur teknologi, sehingga menyulitkan implementasi pembelajaran online serta saya alami adanya murid 

kurangnya keterampilan teknologi  saya  dan murid  mungkin menghadapi kesulitan dalam menguasai atau memanfaatkan teknologi secara efektif untuk pembelajaran.


Dalam konteks pembelajaran, Teknologi Pembelajaran memainkan peran penting dalam mendukung dan menghambat proses pembelajaran. Dengan dukungan teknologi, murid  dan guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, interaktif, dan efisien.


Dengan model dan metode apa yang digunakan saat pembelajaran jarak jauh?

metode  yang saya gunakan  digunakan termasuk tugas kontekstual, tugas kolaborasi, refleksi personal, pembelajaran mandiri, pembelajaran bergiliran (shift model), dan pembelajaran berbasis proyek.

metode pembelajaran jarak jauh seperti Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dan PPJ Luar Jaringan (Luring) ini saya berikan dengan murid belajar secara mandiri dengan media kontekstual di lingkungan tempat tinggal murid.

Semua metode ini saya rancang untuk memastikan kelancaran dan efektivitas pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi dan di masa depan.


Terus tergerak bergerak menggerakkan aksi asik belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.



Suyati_30-12-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si