Langsung ke konten utama

Aksi asik sharing penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran

 


Aksi asik sharing penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Seberapa penting penerapan teknologi digital di dalam proses pembelajaran?

Pengalaman saya dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran daring yang terjadi saat pandemi tahun lalu,Penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran sangat penting karena membantu meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan interaktivitas proses belajar, saya harus memahami kebutuhan murid saya dalam setiap pembelajaran khususnya di pembelajaran daring ini, penerapan teknologi digital yang saya terapkan dengan melihat apakah dapat  meningkatkan minat belajar murid saya, serta bisa memudahkan mengakses informasi saat pembelajaran, tentunya juga adanya terjalin  kolaborasi dan komunikasi  dimana dgn penerapan teknologi digital memungkinkan murid  dan saya untuk berkomunikasi dan bekerja sama secara efisien terutama dalam pembelajaran jarak jauh


Bagaimana pengalaman terkait praktik baik selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh ? 

Pengalaman yang saya dapat disini saat pembelajaran jarak jauh terbangunnya komunikasi yang baik dengan  murid dan orang tua, disini perlu adanya komunikasi yang baik dan transparan dalam hal ini  saling Sharing dengan orang tua mengenai pembelajaran, saling memberi informasi  tentang pembelajaran jarak jauh dan bagaimana orang tua dapat membantu anak saat belajar di rumah, pengalaman yang menantang adalah Menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan kondisi murid dalam hal mempertimbangkan keterbatasan perangkat, koneksi internet, dan preferensi belajar yang dimiliki oleh murid.


 Apakah Ibu sudah menerapkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar?

Alat bantu dalam pembelajaran jarak jauh pastilah menggunakan android dengan jaringan internet yang memadai ataupun paket data yang disediakan mandiri murid, dengan menggunakan media pembelajaran teknologi google form, google meet,zoom, WA group matapelajaran,   Media Pembelajaran  yang digunakan Media pembelajaran seperti video, gambar, dan audio, juga menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran. Media ini disajikan melalui berbagai platform, seperti YouTube sendiri dan TV Edukasi serta saya bersama murid bisa menggunakan media tradisional yang bisa murid konseb buat sendiri dengan melihat kondisi lingkungan murid


 Bagaimana perbedaan antusiasme peserta didik yang mengikuti pembelajaran daring dan luring ?

Murid yang belajar secara daring / online memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan murid  yang belajar secara offline.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat murid  dalam pembelajaran daring dan luring yaitu tingkat interaksi dengan saya , kemudahan pemahaman materi, serta dukungan orang tua dan teman sebaya. Oleh karena itu, perbedaan antusiasme murid yang mengikuti pembelajaran daring dan luring dapat berbeda-beda tergantung berbagai faktor tersebut.


Teknologi apa sajakah yang sudah pernah digunakan dalam mendukung proses belajar mengajar?

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  Pemanfaatan TIK, seperti komunikasi virtual dan media audio visual, mendukung interaksi dan penyampaian informasi dalam proses pembelajaran daring


Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengawasi peserta didik saat menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh?

Saya terapkan salah satunya adalah dengan menerapkan tugas kolaborasi, dimana saya  memberikan tugas kepada sekelompok murid untuk mengerjakan proyek atau tugas yang sama. Selain itu, penting juga saya  untuk melakukan pengamatan terhadap murid  dan memberikan refleksi pribadi untuk mengetahui umpan balik dari murid saya,


Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran?

Menurut saya yang mendukung penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran adanya motivasi belajar yang tinggi

memilih menggunakan metode pembelajaran yang tepat,lingkungan belajar yang nyaman, yang paling utama 

Konsistensi dalam belajar dan 

Keterlibatan dalam proses belajar.


Menurut saya yang menghambat penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, Keterbatasan Akses karena  eberapa tempat tinggal murid mungkin mengalami keterbatasan akses internet dan infrastruktur teknologi, sehingga menyulitkan implementasi pembelajaran online serta saya alami adanya murid 

kurangnya keterampilan teknologi  saya  dan murid  mungkin menghadapi kesulitan dalam menguasai atau memanfaatkan teknologi secara efektif untuk pembelajaran.


Dalam konteks pembelajaran, Teknologi Pembelajaran memainkan peran penting dalam mendukung dan menghambat proses pembelajaran. Dengan dukungan teknologi, murid  dan guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, interaktif, dan efisien.


Dengan model dan metode apa yang digunakan saat pembelajaran jarak jauh?

metode  yang saya gunakan  digunakan termasuk tugas kontekstual, tugas kolaborasi, refleksi personal, pembelajaran mandiri, pembelajaran bergiliran (shift model), dan pembelajaran berbasis proyek.

metode pembelajaran jarak jauh seperti Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dan PPJ Luar Jaringan (Luring) ini saya berikan dengan murid belajar secara mandiri dengan media kontekstual di lingkungan tempat tinggal murid.

Semua metode ini saya rancang untuk memastikan kelancaran dan efektivitas pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi dan di masa depan.


Terus tergerak bergerak menggerakkan aksi asik belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.



Suyati_30-12-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FDG Literasi Numerasi

Aksi hari ini Sabtu pagi crew TL mengikuti FDG secara dari g literasi numerasi bersama tbm RBA, bersama dengan  pembahas,peninjau dan peserta saling berdiskusi terkait penguatan literasi numerasi di sekolah ,keluarga dan di masyarakat.  Kegiatan berjalan empat jam ini menghasilkan beberapa Penguatan, yang pertama   keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama dan utama dalam proses pembentukan karakter anak, terutama di bidang literasi dan numerasi.  Pentingnya peran keluarga dalam proses sosialisasi diharapkan dapat menjadi motor penggerak literasi dan numerasi anak, rumah sebenarnya merupakan lingkungan yang sangat memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran literasi dan numerasi. Yang kedua disekolah adanya kesepakatan guru dan murid ,guru dan orang tua hal ini menjadikan pondasi dalam penguatan literasi numerasi agar bersama memahami tujuan apa yang akan didapat. Ketiga guru harus bisa mengkombinasikan antara teori teori dengan praktek literasi numeras...

Festival Panen Hasil Belajar

  Aksi Minggu pagi 16-10-2022  taman bacaan masyarakat Teras Literasi mendapat undangan sebagai praktisi komunitas,  menghadiri kegiatan festival panen hasil belajar calon guru penggerak angkatan 4 sejumlah 127 CPG di aula SMAN 9 kota Malang. Ciri guru penggerak Menurut Mentri Kemendikbudristek Nadiem Makarim, semua guru yang terlibat dalam PGP mempunyai ciri atau sikap yang harus dimiliki, antara lain: 1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik. 2. Guru Penggerak itu melihat anak yang tertinggal di kelas sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya. 3. Guru Penggerak itu percaya dan bukan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak sedikit lambat melakukan perubahan. 4. Guru Penggerak adalah guru yang menyadari bahwa waktu untuk belajar sesama guru. Waktu untuk bermusyawarah sebagai satu tim orang dewasa di dalam sekolah itu adalah kunci daripada inovasi. 5. Guru Penggera...

Meresume dari yang dibaca

  Foto 1. PakDhe Eko memimpin ice breaking tebak gambar Foto 2. Ukasya salah satu anak TL berfoto di depan keranjang buku Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini Minggu 23 September 2021 dilaksanakan diTegal Literasi dengan diikuti kurang lebih sepuluh anak, kegiatan  diawali dengan membaca surat Al-fatihah dan yel-yel TL bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking tebak gambar yang dipimpin Pakdhe Eko, ice breaking tebak gambar sendiri adalah masing-masing anak Teras Literasi akan menebak gambar sketsa buah yang ada di hp Pakdhe Eko. Adapun permainan ice breaking tebak gambar ini dimulai dengan anak-anak Teras Literasi berbaris kemudian secara bergilir maju kedepan untuk menebak gambar yang ada di hp Pakdhe Eko dimulai dari anak yang paling depan. Bagi anak Teras Literasi bisa menebak akan kembali kebarisan yang belakang  begitu juga anak Teras Literasi yang belum bisa menebak akan kembali ke barisan yang belakang dengan terlebih dahulu tangannya dikasi...