Langsung ke konten utama

Ada apa di Gelar Karya

 

salah satu stan gelar karya

Aksi Sinau wisata dalam  aksi asik pembelajaran di SMP Negeri 27 Malang,"Bangunlah Jiwa Raganya" konseb pembelajaran di kelas 7,8  pembelajaran yang masuk di  P5 dan kelas 9 dalam kegiatan kokulikuler, kegiatan yang diikuti semua murid.

Aksi kokulikuler murid kelas 9 Mengenalkan permainan tradisional dengan merancang dan  membuat alat permainannya sendiri hingga memandu kegiatannya sebagai bentuk munculnya kegiatan positif pengelolaan program dari murid.

Kegiatan yang dirancang sebaik mungkin, tiap kelas menggelar hasil kreatifnya peralatan permainan tradisional yang di buatnya dilengkapi dengan stan pamer yang murid tata kreatif, tak ketinggalan agar stan masing-masing rame dikunjungi disediakan jajanan tradisional.

permainan engklek

Aksi nyata semua murid memeragakan permainan tradisional, egrang,bakiak, loncat tadi, dakon hingga tak kala kerennya permaiyyang menantang dan membutuhkan konsentrasi total adalah permainan bola api

Menurut  salah satu murid sebagai ketua panitia, menjelaskan aksi asik hari ini diberi nama

 "Gelar Karya Permainan Tradisional"

Tujuan kegiatan: Untuk mengenalkan permainan tradisional kepada seluruh peserta didik SMP Negeri 27 Malang guna untuk melestarikan warisan agung dari nenek moyang kita agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman

Manfaat kegiatan: Dengan adanya gelar karya permainan tradisional dapat menumbuhkan jiwa kreativitas pada siswa dan meningkatkan kualitas kearifan lokal yang diwariskan oleh nenek moyang kita 

Harapan kegiatan: Semoga kedepannya kegiatan gelar karya SMP Negeri 27 Malang dapat berkembang dan bisa lebih baik daripada sebelumnya.

Teruslah tergerak bergerak menggerakkan aksi belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.


Suyati_29-11-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si