Langsung ke konten utama

Macem-macem di Bulan Bahasa

 


Aksi asik literasi di bumi Relicmandaya itu selalu ada, dalam aksi bulan Bahasa tahun ini dibilang asik karena banyak pagelaran literasi yang ditampilkan.

Pagelaran literasi di gelar di halaman sekolah SMP Negeri 27 Malang,yang dihadiri semua warga sekolah , komite sekolah, pengawas sekolahpun turut hadir memberikan dukungan dan motivasi aksi literasi hari ini

Aksi asik bulan bahasa dalam pagelaran literasi ini adalah upaya melestarikan bahasa kesatuan kita dan sastra Indonesia di era globalisasi ini agar tidak tergeser dengan perkembangan zaman, yaitu dengan menghadirkan beberapa lomba yang dapat membangkitkan semangat persatuan dan melestarikan bahasa dan sastra Indonesia. Disamping itu kegiatan Bulan Bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, wawasan dan ide-ide yang kreatif dalam bentuk verbal maupun visual.


Aksi pagelaran hari ini diawali imtaq bersama, penyampaian instruksi aksi, dan ada juga sponsor dari produk snack dari Astor  perusahan Mayora yang siap berbagi snack ke pada warga sekolah, menambah semangat murid untuk beraksi asik. "Astor coklatnya mluber sampai mulur-mulur". yel dari Astor

Aksi asik dibuka bapak kepala sekolah, beliau menyampaikan sekolah selalu memberikan fasilitas dan mendukung semua bakat dan minat semua murid, pantun dari beliau makan ketupat di bawah ke gapura, menawi lepat nyuwun ngapura.

"Ada katak kecemplung blumbang biarkan saja kan bisa renang"

Sambutan dari ketua penyelenggara bulan bahasa tema bulan bahasa nasional "Literasi dalam Kebhinekaan dalam  kemajuan Bangsa". Semua murid dan   warga sekolah wajib membanggakan budaya bahasa.

"Tema cintai negeri lestarikan literasi"  dibulan bahasa Relicmandaya.

Tampilan awal Al-Banjari dari ekstrakurikuler Al-Banjari, dilanjutkan tampilan tari kolosal yang diikuti kelas 8, berlanjut ke aksi lomba pidato yang masing-masing kelas wajib mengikuti, serta lomba menulis surat cinta pada guruku. Aksi asik juga dalam penguatan budaya lokal dengan bantengan.Berikutnya lanjut tampilan-tampilan yang keren punya masing-masing kelas.

Aksi asik hari ini juga launching buku karya murid yang menjadi bukti nyata budaya literasi di SMPN 27 Malang tetap berjaya is the best.Dengan judul "Kumpulan puisi murid dan Harmoni Pembelajaran IPS".

Ide kreatif murid ada aksi nyatanya juga  di penguatan literasi di pojok baca kelas, Aksi ini menumbuhkan jiwa kepemimpinan murid. Mengembangkan kreatifitas murid dalam mengelola pojok baca di kelas ini menjadikan kegiatan sebagai budaya positif di sekolah serta menumbuhkan budi pekerti dan kepribadian yang baik kepada semua murid.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN  di bumi Relicmandaya SMPN 27 Malang adalah Lingkungan yang melatih keterampilan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya. Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan. Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri.

Bersama tergerak bergerak menggerakkan dalam belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar


SW _26-10-2023







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si