Langsung ke konten utama

Literasi bola kertas

 


Aksi asik bola kertas, anak-ank TL tiada hari dengan literasi, hari ini berliterasi dengan bola kertas, bola dari limbah kertas dibuat bulatan seukuran dengan jumlah sekitar 30 bulatan.

Crew TL sebagai pemandu permainan, ada tiga regu tiap regu ada 3 anak. Mereka membuat lingkaran kecil utk berdiskusi bagaimana caranya agar bisa mengambil bola kertas sebanyak-banyaknya tanpa melihat dan bersuara.

Anak pertama bertugas mengambil bola kertas tentunya ia mengambil tanpa melihat ,anak kedua sebagai nakoda 2 mengarahkan anak pertama dengan kode remasan tangan atau kode apapun yang penting tidak ada suara , untuk anak ke tiga sebagai nakoda 1 ia yang berperan sebagai pemandu utama untuk menyampaikan ke anak ke dua aebagi pemandu ke dua agar anak pertama bisa mengambil bola kertas sebanyak-banyaknya.

Crew TL memberi aba-aba permainan dimulai, siap satu dua tiga..... Waooo seru nan sunyi aksi permainannya karena memang tanpa suara hanya gerakan tangan di masing-masing tubuh pemain.

Iy .....sudah stop permainan berakhir , saatnya menghitung perolehan bola kertas, regu yang paling banyak pendapatan harus merefleksikan trik hasil dari perolehannya. 

"Trik dari kami sepakat dengan remasan pundak, bila remasan pundak miring ke kanan berarti berjalan ke kanan ,bila remas pundak ke bawah berarti bola kertas harus diambil begitu seterusnya" ungkap regu  do yang menghasilkan bola kertas terbanyak.

"Aku sangat senang dengan permainan ini, belum perna aku mainkan ,seruhnya tanp suara kita disuruh mengambil bola ketas. Awalnya aku dan temanku bingung caranya bagaimana?..., Ternyata reguku berhasil". Terimakasih

Permainan ini sangat menantang dan seru,  pembelajaran yang diambil dari Literasi permainan ini adalah anak dapat pembelajaran sosial dan emosional yang berupaya menciptakan lingkungan dan pengalaman belajar anak, yang menumbuhkan kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, ketrampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar .

Salam dan bahagia


SW_5-8-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...