Langsung ke konten utama

Literasi bola kertas

 


Aksi asik bola kertas, anak-ank TL tiada hari dengan literasi, hari ini berliterasi dengan bola kertas, bola dari limbah kertas dibuat bulatan seukuran dengan jumlah sekitar 30 bulatan.

Crew TL sebagai pemandu permainan, ada tiga regu tiap regu ada 3 anak. Mereka membuat lingkaran kecil utk berdiskusi bagaimana caranya agar bisa mengambil bola kertas sebanyak-banyaknya tanpa melihat dan bersuara.

Anak pertama bertugas mengambil bola kertas tentunya ia mengambil tanpa melihat ,anak kedua sebagai nakoda 2 mengarahkan anak pertama dengan kode remasan tangan atau kode apapun yang penting tidak ada suara , untuk anak ke tiga sebagai nakoda 1 ia yang berperan sebagai pemandu utama untuk menyampaikan ke anak ke dua aebagi pemandu ke dua agar anak pertama bisa mengambil bola kertas sebanyak-banyaknya.

Crew TL memberi aba-aba permainan dimulai, siap satu dua tiga..... Waooo seru nan sunyi aksi permainannya karena memang tanpa suara hanya gerakan tangan di masing-masing tubuh pemain.

Iy .....sudah stop permainan berakhir , saatnya menghitung perolehan bola kertas, regu yang paling banyak pendapatan harus merefleksikan trik hasil dari perolehannya. 

"Trik dari kami sepakat dengan remasan pundak, bila remasan pundak miring ke kanan berarti berjalan ke kanan ,bila remas pundak ke bawah berarti bola kertas harus diambil begitu seterusnya" ungkap regu  do yang menghasilkan bola kertas terbanyak.

"Aku sangat senang dengan permainan ini, belum perna aku mainkan ,seruhnya tanp suara kita disuruh mengambil bola ketas. Awalnya aku dan temanku bingung caranya bagaimana?..., Ternyata reguku berhasil". Terimakasih

Permainan ini sangat menantang dan seru,  pembelajaran yang diambil dari Literasi permainan ini adalah anak dapat pembelajaran sosial dan emosional yang berupaya menciptakan lingkungan dan pengalaman belajar anak, yang menumbuhkan kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, ketrampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar .

Salam dan bahagia


SW_5-8-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si