Langsung ke konten utama

Koran untuk media pembelajaran IPS

 


Apa itu Koran, Koran atau surat kabar adalah terbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa bahasan politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, atau cuaca. Surat kabar juga biasa berisi karikatur yang biasanya dijadikan bahan sindiran lewat gambar berkenaan dengan masalah-masalah tertentu, komik, TTS dan hiburan lainnya. Wikipedia

Hari ini  guru Suyati di pembelajaran IPS ada aksi Membaca koran bersama murid kelas  9, membaca koran adalah kegiatan yang sangat berguna untuk memulai hari ini di pembelajaran IPS. Ini memberi semua murid  pengetahuan singkat tentang kejadian nyata di negara ini & di seluruh dunia. ada banyak kolom bermanfaat seperti Berita Politik, Berita Teknologi, editorial, permainan puzzle, dll.

Ada beberapa keuntungan membaca koran  yang tidak bisa diremehkan. Surat kabar adalah gudangnya informasi yang meningkatkan kekayaannya setiap hari sebelum sampai di depan pintu  Perpustakaan sekolah SMPN 27 Malang. Hari ini dipembelajaran siap digunakan sebagai media literasi.

Guru Suyati membagikan setiap anak selembar koran, semua murid bergegas membaca terlihat rasa keinginan tahu berita apa saja yang dimuat. Bahkan ada yang request meminta  berita olah raga saja karena ada tim idolanya.

Aksi ini dilaksanakan guna  menguatkan literasi baca tulis semua murid, Ini adalah sumber bacaan  terbaik dan menyenangkan untuk memberikan kemampuan membaca yang baik karena membuat pembaca menjadi pembelajar yang aktif. 

Membaca koran adalah kegiatan yang sehat bagi setiap individu & terutama bagi murid, Seiring berjalannya waktu, murid mendapatkan perintah penuh dalam membaca dan kosa kata. Dan juga Membaca koran juga meningkatkan keterampilan menulis & membaca murid karena banyak kata-kata sulit muncul saat membaca sebuah bagian yang mungkin membingungkan pembaca. Dalam aksi literasi ini dalam membiasakan membaca koran setiap hari meningkatkan kemungkinan membaca yang lebih baik dengan kosa kata yang baik.

Dari kegiatan membaca koran ini guru Suyati memberikan tugas pada murid mengidentifikasi berita yang sesuai dengan klasifikasi mapel IPS.Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.  Terbangunlah semua murid beraksi literasi baca tulis salah satu ide sederhana yang bisa dilakukan.



Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_21-8-2023





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si