Langsung ke konten utama

Kokulikuler Merdeka

 


Aktivitas pembelajaran  terdiri dari 3 kegiatan. Di antaranya adalah ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler.

Apa itu intrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran atau belajar mengajar sebagaimana yang telah berjalan selama ini. Kegiatan pembelajaran yang dimaksud dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan utama yang dilakukan di sekolah dengan jadwal dan struktur yang jelas.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan murid di sekolah  umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah

 Kokulikuler merupakan program tambahan untuk menambah pengetahuan murid. Harapannya, mereka lebih memahami dan menguasai apa yang telah guru sampaikan di kelas. Tujuan dari kegiatan kokurikuler tersebut adalah untuk bisa lebih memahami, menghayati dan memperdalam mata pelajaran maupun materi yang telah disampaikan di kelas oleh guru. Pelaksanaan kegiatan kokurikuler tersebut dapat dilakukan secara individual maupun berkelompok.

 Di SMPN 27 Malang kegiatan kokulikuler utamanya untuk membantu murid dalam menyelesaikan tugas terstruktur dan tidak terstruktur. Kegiatan yang dilaksanakan diakhir jam pembelajaran, Kokulikuler pilihanpun yang siap semua murid beraksi dan tentunya ada jadwal pendampingan  bapak ibu guru. Disini bpk ibu guru wajib mengisi jurnal kegiatan sehingga setiap aksi terdatakan.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan juga kolaborasi dengan aksi P5 . Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang  merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar murid untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Aksi asiknya terlihat dari pagelaran Jum'at Apresiasi Budaya tampilan dari murid - murid yang terlebih dahulu ada kematangan dalam prosesnya saling menguatkan dalam  berkolaborasi yang ditunjukkan persiapan gelar Jum'at Apresiasi. Lagu dan tari ditontonkan.


Teruslah bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.


SW 25-8-2023








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...