Langsung ke konten utama

Keyakinan kelas mapel IPS

 


Aksi pembelajaran hari ini menyusun keyakinan kelas mata pelajaran IPS, banyak pertanyaan dari murid apa itu keyakinan kelas? Wajar semua murid selama ini  kenal dengan kesepakatan kelas.

Katanya ini koq aneh ya Bu, ada kata keyakinan?

Kata keyakinan itu harus ada Ikhlas keyakinan kelas merupakan metode untuk menimbulkan kembali disiplin positif yang didasari motivasi dari dalam diri, 

Pada praktek dijumpai masih ada murid yang masih diingatkan untuk melakukan tindakan kebaikan atau kedisiplinan.

Perbedaan keyakinan dengan peraturan kelas, keyakinan kelas bersifat abstrak dari pada peraturan yang berisi rinci dan kongkrit, keyakinan kelas ini berupa pertanyaan-pertanyaan universal, untuk pertyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif.

Hari ini awal pembelajaran matapelajaran IPS guru Suyati bersama murid kelas IX menyusun keyakinan kelas, pertama guru suyati meminta semua murid untuk menuliskan apa saja aturan yang perlu disepakati bersama dalam pembelajaran IPS, Kedua semua usulan murid ditulis dipapan tulis, Ketiga kalimat - kalimat yang sudah yang sudah disepakati menjadi keyakinan kelas pembelajaran IPS dikelas IX dan diubah menjadi kalimat positif.

Kini aksi asik keyakinan kelas dalam pembelajaran IPS dilaksanakan dengan senang dan bahagia,sehingga pembelajaran IPS menjadi aksi asik bersama.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar,

Salam dan bahagia


SW_31-7-203



Pertama, guru meminta semua murid di kelas untuk menuliskan apa saja aturan yang perlu disepakati bersama di kelas. Kedua, semua usulan dari murid ditulis pada papan tulis. Ketiga, kalimat-kalimat yang sudah disepakati menjadi keyakinan kelas diubah menjadi kalimat positif.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si