Langsung ke konten utama

Keyakinan kelas mapel IPS

 


Aksi pembelajaran hari ini menyusun keyakinan kelas mata pelajaran IPS, banyak pertanyaan dari murid apa itu keyakinan kelas? Wajar semua murid selama ini  kenal dengan kesepakatan kelas.

Katanya ini koq aneh ya Bu, ada kata keyakinan?

Kata keyakinan itu harus ada Ikhlas keyakinan kelas merupakan metode untuk menimbulkan kembali disiplin positif yang didasari motivasi dari dalam diri, 

Pada praktek dijumpai masih ada murid yang masih diingatkan untuk melakukan tindakan kebaikan atau kedisiplinan.

Perbedaan keyakinan dengan peraturan kelas, keyakinan kelas bersifat abstrak dari pada peraturan yang berisi rinci dan kongkrit, keyakinan kelas ini berupa pertanyaan-pertanyaan universal, untuk pertyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif.

Hari ini awal pembelajaran matapelajaran IPS guru Suyati bersama murid kelas IX menyusun keyakinan kelas, pertama guru suyati meminta semua murid untuk menuliskan apa saja aturan yang perlu disepakati bersama dalam pembelajaran IPS, Kedua semua usulan murid ditulis dipapan tulis, Ketiga kalimat - kalimat yang sudah yang sudah disepakati menjadi keyakinan kelas pembelajaran IPS dikelas IX dan diubah menjadi kalimat positif.

Kini aksi asik keyakinan kelas dalam pembelajaran IPS dilaksanakan dengan senang dan bahagia,sehingga pembelajaran IPS menjadi aksi asik bersama.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar,

Salam dan bahagia


SW_31-7-203



Pertama, guru meminta semua murid di kelas untuk menuliskan apa saja aturan yang perlu disepakati bersama di kelas. Kedua, semua usulan dari murid ditulis pada papan tulis. Ketiga, kalimat-kalimat yang sudah disepakati menjadi keyakinan kelas diubah menjadi kalimat positif.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...