Langsung ke konten utama

Nobar di Camp Literasi


Aksi asik Camp literasi hari ini nobar di Rooftop Pawon Literasi semua peserta bersiap bersama nobar film tentang keadaan alam dilautan

Menceritakan seorang anak yang berlibur di pantai,  ingin tahu ikan hiu di laut ,setelah menemukan ikan hiu mala membuat masalah bagi dirinya sendiri karena membuat gara-gara ikan hiu tersebut tidak nyaman 

Dari film tersebut, peserta camp literasi membuat cerita ulang dengan fersi kalimat bebas, mereka menulis di kitir cerita yang sudah disediakan crew TL.

Dari hasil kitir cerita ini membangun aksi menulis cerita bagi peserta dari hasil kitir cerita ini TL akan  membuatkan buku antologi cerita nobar.

"Aku tulis menurut pemahamanku ya budhe, "

"Aku tulis cerita tidak jauh dari alur cerita yang ku tonton ya budhe,"

"Aku ceritakan pokok-pokoknya saja ya budhe,"

"Aku senang dengan menulis cerita ,aku bisa menceritakan ulang pada ibuku,budhe,"

Itu  beberapa peyampaiann peserta menulis kitir cerita nobar hari ini .

Dengan menulis cerita ini terlihat aktivitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga berperan besar untuk  perkembangan anak,  Saat anak mulai belajar menulis, secara bertahap mereka akan belajar bagaimana mengembangkan keterampilan bahasa, imajinasi, kreativitas dan pemecahan masalah.

Kegiatan diakhiri jam 21.00 wib semua peserta bersiap istirahat dan siap melanjutkan aksi camp literasi dihari berikutnya.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW 6 Juli 2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si