Langsung ke konten utama

Nobar di Camp Literasi


Aksi asik Camp literasi hari ini nobar di Rooftop Pawon Literasi semua peserta bersiap bersama nobar film tentang keadaan alam dilautan

Menceritakan seorang anak yang berlibur di pantai,  ingin tahu ikan hiu di laut ,setelah menemukan ikan hiu mala membuat masalah bagi dirinya sendiri karena membuat gara-gara ikan hiu tersebut tidak nyaman 

Dari film tersebut, peserta camp literasi membuat cerita ulang dengan fersi kalimat bebas, mereka menulis di kitir cerita yang sudah disediakan crew TL.

Dari hasil kitir cerita ini membangun aksi menulis cerita bagi peserta dari hasil kitir cerita ini TL akan  membuatkan buku antologi cerita nobar.

"Aku tulis menurut pemahamanku ya budhe, "

"Aku tulis cerita tidak jauh dari alur cerita yang ku tonton ya budhe,"

"Aku ceritakan pokok-pokoknya saja ya budhe,"

"Aku senang dengan menulis cerita ,aku bisa menceritakan ulang pada ibuku,budhe,"

Itu  beberapa peyampaiann peserta menulis kitir cerita nobar hari ini .

Dengan menulis cerita ini terlihat aktivitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga berperan besar untuk  perkembangan anak,  Saat anak mulai belajar menulis, secara bertahap mereka akan belajar bagaimana mengembangkan keterampilan bahasa, imajinasi, kreativitas dan pemecahan masalah.

Kegiatan diakhiri jam 21.00 wib semua peserta bersiap istirahat dan siap melanjutkan aksi camp literasi dihari berikutnya.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW 6 Juli 2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...