Langsung ke konten utama

Beraksi BIGBOOK literasi

 


Aksi asik crew TL kali ini lokakarya Bigbook bersama ibu-ibu dan remaja komunitas peduli literasi Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang kota Malang yang bertempat di Galeri teras literasi.

Aksi asik ini dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2023  dan crew TL bertugas  sebagai fasilitator,  dokumentasi dan  pendamping fasilitator.

Aksi asik Lokakarya Bigbook ini dimulai dari pukul 09.10 - 10.10, dengan waktu yang tak begitu lama untuk beraksi asik. Adapun  tujuan dari aksi asik ini adalah untuk menambah keterampilan ibu-ibu dan remaja komunitas peduli literasi untuk membuat media pembelajaran untuk anak dan saudaranya 

Alhamdulillah aksi asik pada hari ini berjalan lancar dan kondusif, ibu-ibu dan remaja komunitas peduli literasi begitu antusias saat mengikuti aksi ini. 

Alat dan bahan yang diperlukan : 

1.Kertas karton putih 14 lembar

2 Spidol warna warni

5 Spidol papan tulis hitam

6. Penggaris dan lem

Tema  Bigbook pada aksi asik hari ini  adalah 4 sehat 5 sempurna, dalam aksi hari ini peserta yang datang  dibagi beberapa tim dalam satu tim beranggotakan dua orang

Tiap tim dibagikan peralatan dan materi yang berbeda dan tiap tim  dibebaskan untuk membuat bigbook sesuai dengan kreativitas dari masing masing tim.

Setelah semua tim menyelesaikan satu karya, crew TL menilai hasil karya tim dan dipilih dua karya  yang terbaik untuk dikasih reward dan dibawah pulang, aksi asik  diakhiri dengan berdoa.

Dari aksi asik  ini,ibu-ibu dan remaja komunitas peduli literasi  menjadi tau apa itu Bigbook. Bigbook sendiri adalah buku bacaan yang memiliki ukuran, tulisan dan gambar yang besar. Untuk ukuran big book harus mempertimbangkan segi keterbacaan oleh seluruh pembaca.

Semoga aksi asik yang sederhana ini bermanfaat bersama, aksi asik ini adalah salah satu program dari  Taman Bacaan Masyarakat Teras Literasi dalam pengguatan literasi di masyarakat.

Terus ada semangat membara dalam bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.

SW 5-5-2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...