Langsung ke konten utama

Aksi P2BB dan Kelasuka literasi


Aksi asik Crew TL di TK Al Iksan Lesanpuro, kegiatan hari ini diawali  Crew TL dengan menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk berkegiatan.

Aksi asik yang dilakukan hari  ini adalah merupakan program lanjuttan dari Program Pendampingan Pembuatan Bigbook (P2BB) minggu lalu dengan Tema " Bigbook “Diriku” dan “Keluargaku”. 

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam aksi asik P2BB ini adalah: Kertas Karton warna putih, Gunting, Double tip, Spidol, Materi bigbook.

Dengan cara pembuatannya sebagai berikut : Disiapkan kertas karton putih, susun materi diatas kertas dan ditempelkan, diberikanlah keterangan sesuai dengan gambar yang di tempel dan dilakukan sampai selesai.

Aksi asik ini diikuti oleh semua guru TK Al Ikhsan, untuk semua siswa beraksi asik kelasuka.

Untuk kelasuka sendiri dimulai  pukul 08.00 WIB dan diawali dengan perkenalan lalu ice breaking untuk mengembalikan focus anak. Dilanjut dengan menjelaskan aksi asik apa yang akan dilakukan.

Kegiatan dilanjut dengan mewarnai dan mengenalkan Bahasa Inggris dari buah-buahan yang mereka warnai, secara tebak-tebakan. 

Alhamdulillah aksi asik hari ini tak ada tantangan yang berarti, hanya bagaimana cara mengkondisikn anak yang belum fokus dengan memberikan arahan serta motivasi dan sedikit rayuan akan diberikan istirahat lebih cepat kalau bisa konduksif.

Pada akhirnya aksi asik hari ini bisa berjalan dengan lancar  sesuai rencana.

Perubahan yang terjadi.

Crew TL selalu bisa memecahkan masalah walaupun sekecil apapun untuk memaksimalkan setiap program yang dilaksana.

Sedangkan untuk aksi asik P2BB perubahan hari ini yaitu  guru lebih mandiri dalam mengerjakan sampai terselesainya Bigbook. 

Bigbook  sebagai media pembelajaran bagi siswa, harapan yang diiginkan adalah semua siswa akan senang dan bahagia dalam proses pembelajaran.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.



SW_26-5-2023






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...