Langsung ke konten utama

Social fair and Sains fair di TK Al - ihsan

 Social fair and Sains fair di TK Al - Ikhsan 

Rabu 12 April 2023 crew TL berkegiatan kolaborasi literasi di TL Al Ihsan sekitar 1 km perjalan dari TL,  Kegiatan di awali dengan pembukaan dari kedua kelas yang di gabungkan dari Tk A dan Tk B dan di buka dengan salam tepuk semangat dari Crew TL 

Aksi yang di lakukan yaitu menanyangkan video pembelajaran tentang banjir dan longsor setelah menanyangkan video anak – anak menceritakan Kembali isi dari video yang telah diliht Bersama dan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang telah di berikan oleh Crew TL,

 Setelah itu anak – anak menyaksikan praktek peragaan bagaimana terjadinya longsor dan banjir dengan dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan oleh crew TL.

Tujuan mengenalkan mitigasi bencana bagi anak anak, mitigasi bencana sangat dianjurkan untuk pembelajaran anak usia dini agar anak-anak tidak takut atau panik, tetapi mereka belajar untuk tenang dan mengikuti instruksi penyelamatan diri. Anak-anak perlu dikenalkan faktor- faktor penyebab terjadinya bencana.

Aksi ini memerlukan bahan-bahan alat peraga banjir yang digunakan ialah :

Nampan

Tanah 

Botol air mineral besar

Gambar rumah-rumahan

Sampah 

Bahan-bahan alat peraga longsor yang digunakan ialah :

Nampan

Tanah 

Botol air mineral besar

Rumput liar

Mengapa aksi hari ini dilakukan? Sebagai   penerapan pendidikan mitigasi bencana disekolah perlu dilakukan sejak dini, agar memberikan pendalaman pengetahuan dan kesiapsiagaan, sehingga siswa mampu bertindak pada saat sebelum dan sesudah terjadinya bencana. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi.

Tantangan dalam aksi ini adalah ketika kedua kelas melaksanakan pembelajaran secara terpisah ada beberapa siswa yang ingin tahu di pembelajaran di kelas sampingnya sehingga mengganggu anak kelas yang sedang mengikuti pembelajaran 

Pada akhirnya kegiatan hari ini bisa berjalan dengan baik dan di akhiri dengan games dan juga berdoa bersama

Perubahan yang terjadi adalah semua siswa menjadi tahu bagaimana cara mencegah longsor dan banjir dan anak – anak menjadi semangat dalam melaksanakan pembelajaran


Harapan taman bacaan masyarakat Teras Literasi kegiatan kolaborasi literasi di lembaga pendidik ini bisa berkelanjutan dan manfaat untuk semua




SW_12-4-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...