Langsung ke konten utama

KELASUKA BAHASA ARAB DI SDN MADYOPURO 6

 

Selasa,11 April 2023

Kolaborasi literasi Teras Literasi dan SDN MADYOPURO 6 Kota Malang dalam aksi asik kelasuka Bahasa Arab.

Kegiatan hari ini diawali dengan berdoa bersama lalu menuliskan pegon angka di papan kepada siswa-siswi di kelas 1, SDN Madyopuro 6.

Aksi yang dilakukan hari ini adalah aksi menghafal pegon angka 1 – 10 lalu siswa dan siswi kelas 1 membaca bersama dan menghafalkan setelah itu mempraktekkan menghafal kembali di depan teman – teman nya, di tengah menghafal pegon angka,  siswa dan siswi di minta menjawab tebak angka yang telah di tuliskan di papan tulis, setelah kegiatan menghafal pegon huruf,  semua siswa lanjut menghafal surat yang ada di dalam al-quran dan menghafal solawat nabi yang dibacakan bersama sama.

Tantangan dalam aksi ini adalah dalam hal anak – anak yang belum menghafal surat – surat pendek sehingga tertinggl dengan teman – temanya yang sudah hafal 

Pada akhirnya kegiatan hari ini bisa berjalan dengan baik dan semua siswa sudah hafal angka dalam Bahasa arab dan surat – surat pendek dan juga Solawat Nabi 

Perubahan yang terjadi adalah semua siswa menjadi semangat dalam menghafal Bahasa arab

Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat  anak usia dini pada kelas satu SD ini  bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Arab kepada anak melalui kegiatan pembelajaran yang mayoritas masih didominasi oleh kegiatan bermain, bercerita, dan bernyanyi.

Pada aksi hari ini TL melakukan upaya pembelajaran bahasa Arab adalah suatu upaya anak terhadap temannya dalam interaksi belajar bahasa Arab agar semua anak  dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien.

Semoga aksi asik ini manfaat bersama dalam aksi merdeka belajar merdeka mengajar, terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan




SW_11+4-2023




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si