Langsung ke konten utama

KELASUKA BAHASA ARAB DI SDN MADYOPURO 6

 

Selasa,11 April 2023

Kolaborasi literasi Teras Literasi dan SDN MADYOPURO 6 Kota Malang dalam aksi asik kelasuka Bahasa Arab.

Kegiatan hari ini diawali dengan berdoa bersama lalu menuliskan pegon angka di papan kepada siswa-siswi di kelas 1, SDN Madyopuro 6.

Aksi yang dilakukan hari ini adalah aksi menghafal pegon angka 1 – 10 lalu siswa dan siswi kelas 1 membaca bersama dan menghafalkan setelah itu mempraktekkan menghafal kembali di depan teman – teman nya, di tengah menghafal pegon angka,  siswa dan siswi di minta menjawab tebak angka yang telah di tuliskan di papan tulis, setelah kegiatan menghafal pegon huruf,  semua siswa lanjut menghafal surat yang ada di dalam al-quran dan menghafal solawat nabi yang dibacakan bersama sama.

Tantangan dalam aksi ini adalah dalam hal anak – anak yang belum menghafal surat – surat pendek sehingga tertinggl dengan teman – temanya yang sudah hafal 

Pada akhirnya kegiatan hari ini bisa berjalan dengan baik dan semua siswa sudah hafal angka dalam Bahasa arab dan surat – surat pendek dan juga Solawat Nabi 

Perubahan yang terjadi adalah semua siswa menjadi semangat dalam menghafal Bahasa arab

Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat  anak usia dini pada kelas satu SD ini  bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Arab kepada anak melalui kegiatan pembelajaran yang mayoritas masih didominasi oleh kegiatan bermain, bercerita, dan bernyanyi.

Pada aksi hari ini TL melakukan upaya pembelajaran bahasa Arab adalah suatu upaya anak terhadap temannya dalam interaksi belajar bahasa Arab agar semua anak  dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien.

Semoga aksi asik ini manfaat bersama dalam aksi merdeka belajar merdeka mengajar, terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan




SW_11+4-2023




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...