Langsung ke konten utama

Klasifikasi buku di perpustakaan Iqro

Aksi hari ini diawali pada Pagi hari dengan Crew TL datang ke TBM Teras Literasi diruang perpust IQRA dengan membawa laptop dan perlengkapan untuk mendata buku.

Aksi yang dilaksanakan hari ini adalah Crew TL melaksanakan pendataan buku yang belum terdata di antaranya yaitu buku donasi yang didapat dari Dosen Universitas Brawijaya, beliau pemerhati literasi.

Buku mata kuliah ekonomi dan  buku cerita, ada juga  majalah. Crew TL mendata dengan menggunakan aplikasi sederhana Spreadsheet dan juga melabel buku yang masih belum ada labelnya serta juga menyusun buku sesuai dengan rak label yang ada di TBM Teras Literasi 

Tujuan aksi pendataan buku ini untuk mengadministrasikan buku buku di perpustakaan Iqro sehingga memperoleh data dan informasi yang akurat mengenai jumlah buku di perpustakaan terutama jenis bukunya.

Tantangan yang temui hari ini adalah mendata ulang jenis buku karena data awal jenis buku ada di laptop awal yg saat ini rusak. Sehingga crew TL berbagi tugas, ada yang mendata ,ada yang mengklasifikasikan terlebih dahulu.

Meski terdapat beberapa tantangan namun akhirnya crew TL bisa menyelesaikan kegiatan ini dengan baik dan bisa mendata buku dengan lancar dan merapikan buku sesuai dengan rak  labelnya

Perubahan yang terjadi adalah buku yang ada di TBM Teras Literasi menjadi terdata dan tersusun rapi.

Terus semangat bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.

Semoga perpustakaan Iqro di TL ini bisa manfaat bagi masyarakat sekitar dalam aksi Penguatan literasi di masyarakat.


SW_18-4-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si