Langsung ke konten utama

Read aloud dan Kelasuka Bahasa Jawa




READ ALOUD’ TK AL IKHISAN DAN ‘KELASUKA BAHASA JAWA’ SMP KARTIKA MALANG

MMalang, 29 Maret 2023 hari Rabu crew TL beraksi asik di TK Akhisan dan SMPN KartikaIV-8.

Satu Minggu lalau crew TL melakukan silaturahmi literasi dan hasilnya TL diberikan kesempatan bisa berkolaborasi literasi hari ini.

Crew TL berkoordinasi untuk membagi tugas dan menyiapkan perlengkapan dan berkas yang akan dibawa ke TK Al Ihsan dan SMP Kartika IV-8 seperti Berita acara, absen, kitir, buku bacaan, dan materi Kelasuka.

Aksi crew TL  terbagi menjadi dua tim, tim pertama terdiri dari tiga crew kak Yayang, kak Gina, dan kak Eca yang bertugas ke TK Al Ikhsan untuk mengisi kegiatan Read Aloud. Tim dua terdiri dari kak Eral, kak Jalu, dan kak Elisa yang bertugas ke SMP Kartika untuk mengisi kegiatan Kelasuka disana. 

Di TK Al Ikhsan,  kak Yayang bertugas sebagai fasilitator Read aloud, kak Regina sebagai notulis, dan kak Eca sebagai dokumentasi. Peserta sebanyak  21 anak dengan didampingi oleh dua orang guru yaitu bu Ila dan bu Sinta. kegiatan berlangsung selama satu jam mulai pukul 08.00 win sampai dengan pukul 09.00 wib. Buku yang dibacakan berjudul “Gara gara si Piko” semua anak sangat antusias mendengarkan cerita. Setelah itu, semua anak diajak untuk mengingat kembali apa cerita dari buku yang sudah diceritakan tadi dan diberi kesempatan anak anak yang mau bercerita ulang isi bacaan tadi dengan bahasa mereka sendiri. 

Dengan aksi asik read aloud ini akan melatih ketrampilan mendengarkan.

Mendengarkan bisa menjadi tahap awal pengalaman literasi anak sebelum ia bisa membaca sendiri. 

Tak sekadar mengenali suara, mendengarkan merupakan keterampilan yang melibatkan perhatian dan pemahaman yang harus dimiliki anak sebelum mereka dapat membaca sendiri. Kegiatan ini bisa melatih fokus atau perhatian dan juga nalar anak sejak dini. 

Lanjut aksi  crew TL di SMP Kartika VI_8,  kak Elisa bertugas sebagai Fasilitator kegiatan Kelasuka, kak Jalu sebagai dokumentasi dan kak Eral sebagai Notulis. kegiatan berlangsung selama satu jam. Kegiatan kelasuka yang dilaksanakan di SMP Kartika IV-8 yaitu Kelasuka bahasa jawa,  dengan  kelasuka bahasa Jawa.

 Pengenalan Bahasa Jawa pada anak   perlu dilakukan guna melestarikan budaya Jawa. Di dalam Bahasa Jawa terkandung nilai moral, nilai karakter yang berkaitan dengan sopan santun dan unggah ungguh dalam berkomunikasi dengan orang lain. 

Aksi ini menggunakan media flashcard dari kertas HVS yang berisi angka-angka dan diberisi kata-kata dalam bahasa jawa. Kegiatan kelasuka ini juga diisi dengan belajar bernyanyi bahasa jawa bersama sama.

Crew TL menyiapkan alat dan bahannya yaitu gunting, kertas HVS dan Spidol, kertas HVS digunting  menjadi 4 bagian lalu masing masing kertas di tulis angka angka dan dituliskan penyebutannya dalam bahasa jawa

Tantangan saat di TK Al Ikhsan yaitu mengatasi  anak anak  yang sangat aktif dan mood yang mudah berubah sehingga membutuhkan energi yang lebih untu mengatasinya. 

Sedangkan di SMP Kartika IV-8 tidak ada tantangan yang dihadapi karena semua murid yang penurut dan antusias.

Aksi crew TL mengatasi tantangan di TK Al ihsan adalah dengan mengalihkan perhatian mereka kembali dengan cara ice breaking.

Aksi ini akan berkelanjutan baik di TK Al Ikhsan dan di WMP KARTIKA IV-8 semoga aksi asik Taman Bacaan Masyarakat Teras Literasi ini bisa manfaat bersama.

Bersama bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.

SW_29-3-2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...