Langsung ke konten utama

Aksi tanam di polibag dan hidroponik


 Aksi hari Sabtu dan Minggu tanggal 18,19 Maret 2023 di taman bacaan masyarakat Teras Literasi tema literasi menanam.

Berbagai aksi literasi sudah dilaksanakan di TL, dua hari ini akan menggali lagi aksi tanam bersama anak anak sekitar TL.

Sabtu pagi media tanam yang digunakan polibag dengan menanam biji cabe, aksi ini dilakukan anak anak TL dampingi mahasiswa magang MSIB #4.


Semua anak di beri arahan cara bertanam dengan media polibag, polibag dan biji cabe disiapkan  juga media hidroponik dengan biji sayuran. Aksi ini dimulai per anak mempraktekan bertanamnya. Semua anak terlibat dalam praktek hari ini. Merekapun senang, " aku bisa menanam kalau sudah tumbuh aku bisa panen,ya budhe,kata Imel salah satu anak TL".

Tanaman media polibag diletakan di area Rooftop Pawon literasi, sedangkan hidroponik ada di teras Tbm Teras Literasi.

Aksi hari ini bertujuan Mengajak anak bertanam bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih daya tahan tubuh anak semakin kuat. 

Berkebun bertanam ini termasuk aktivitas fisik yang sangat baik untuk mengasah kemampuan motorik anak. Saat berkebun, anak banyak terlibat dalam kegiatan yang melibatkan otot dan koordinasi tubuhnya.

Tanaman yang ditanam ini  terus dipelihara dengan baik oleh crew TL dan anak -anak  sehingga dapat memberikan manfaat untuk pelestarian lingkungan dan kehidupan manusia.  Dengan diajarkannya teknik bertanam hari ini dengan media polibag dan hidroponik anak-anak tidak lagi beralasan untuk tidak mencintai tanaman atau tidak menanam, bahkan lebih menghargai makanan.

Bertanam sayur dengan cara hidroponik juga bermanfaat untuk lingkungan. Selain terlihat lebih asri, sayur-sayuran ini juga bisa memproduksi oksigen,Teras Literasi pun terasa lebih sejuk, diharapkan di rumah masing-masing anak bisa mempraktekan bersama orang tuanya.

Semoga aksi hari ini menambah manfaat bersama, aksi literasi berlanjutan akan berdampak bermakna bagi anak-anak.

Terimakasih pada mahasiswa magang MSIB #4 yang selalu mendampingi aksi literasi tanam hari ini. Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.



SW_19-3-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...