Langsung ke konten utama

AKSI READ ALOUD CREW TL _TK SEKAR INDAH

 

Aksi  literasi taman bacaan masyarakat Teras Literasi di hari senin 27 Maret 2023 literasi di sekolah TK Sekar Indah.  Sebelum melaksanakan kegiatan ini crew TL sudah terlebih dahulu silaturahmi literasi ke kepala sekolah TK Sekar Indah dan mendapatkan izin dari beliau untuk berkegiatan di TK Sekar Indah. Untuk mengisi kegiatan pertama crew TL di TK Sekar Indah beraksi asik  untuk mengisi kegiatan Read aloud. Apa itu Read Aloud,  Read aloud atau membacakan nyaring adalah sebuah aktivitas sederhana, dimana guru/orang tua/saudara menyisihkan sedikit waktunya untuk membacakan cerita kepada anak secara rutin dan terus menerus yang berdampak membuat anak biasa mendengar, mau membaca, dan akhirnya bisa membaca

Crew TL  menuju TK Sekar Indah pukul 07.30  wib dan disilahkan untuk berkegiatan pukul 08.00wib.
 Kegiatan berlangsung selama 1 jam dengan membagi  crew TL yang memandu ke tiga  kelas serta ada yang bertugas untuk mendokumentasikan kegiatan.

 

  

Tantangan hari ini anak anak di kelas sangat aktif dan mudah berubah moodnya  sehingga membutuhkan tenaga yang lebih dengan keadaan sedang berpuasa juga. Dengan adanya satu guru pendamping di masing masing kelas membuat  crew TL sangat terbantu untuk mengkondisikan anak anak.

Perubahan anak anak dapat dikondisikan dan keadaan kelas menjadi kondusif kembali. dengan aksi hari ini semua anak memperhatikan melaksanakan aksi literasi  bersama crew TL, sehingga aksi Read aloud dapat  menjadi sarana,  aksi read aloud atau suara nyaring bisa menjadi momen berharga, sekaligus atau ikatan antara anak dan yang membacakan ( crew TL ).  Mari mencoba  melakukan read aloud di sela-sela waktu bermain atau sebelum tidur pada anak-anak kita.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_27-3-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si