Langsung ke konten utama

Ubah lirik lagu

 


Aksi literasi minggu tanggal 5 februari 2023 di RPL Rooftop Pawon Literasi. 

Awal aksi mana suka bermain dakon dan bermain plosotan juga ayunan fasilitas literasi di RPL.

Tak lupa menulis kehadiran dan menulis kitir cerita apa yang dilihat dirasa didengar anak anak TL hari ini. Sudah menjadi kebiasaan dan pembiasaan semua anak anak TL.

Ayo kawan kita membaca

Membaca buku mana yang ku suka

Ada cerita

Ada masakan

Juga komik bergambar

Ayo ayo 

Ayo kita membaca

Membaca untuk penge - tahuan 


Ayo kawan kita ke TL

Untuk bergiat apa saja

Ada membaca

Ada menulis

Ada mewarna

Juga ada menanam


Ayo...ayo...

ayo kita bergerak

Terus belajar ntuk masa depan


Itu aksi ubah lirik lagu dalam aksi literasi pagi ini. Ada Ice breaking bermain dan game edukasi.

Aksi ini dipandu budhe Yanti dan pakdhe Eko. Aksi literasi pagi ini juga tak lupa baca buku mana suka yang dipilih anak anak TL di kios Moco .

Buku cerita bergambar hingga komik bersambung siap dinikmati semua anak. Lanjut aksi menulis cerita tema kalimat kunci isi bacaan buku cerita yang dibaca.

Masing masing anak bergiliran bercerita ulang isi ceritanya. Tanpa malu dan ragu setiap anak menceritakannya dan siap kakak Inay memvidionya.


Sebelum kegiatan diakhiri, refleksi aksi, kegiatan hari ini menyenangkan dan gembira ," hilangkan stres kata salah satu anak". Apalagi didukung suasana mendung angin semilir di Rooftop Pawon Literasi. 

Minggu depan kesepakatan sudah dibuat aksi bakar sosis dan senam gembira diaksikan.

Aksi di TL apapun, disusun bersama sehingga tak ada paksaan dan aksi literasi dilaksanakan dengan gembira.

Semoga apa apa yang sudah diaksikan di TL manfaat utk bersama ,tetap ada semangat membara dalam aksi literasi apapun. Merdeka belajar merdeka mengajar terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan.


SW5-2-2023

.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...