Langsung ke konten utama

Bincang santai TL dan RBA

 

Bincang santai TL dan RBA

Kegiatan crew Taman baca teras literasi hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 menghadiri undangan Taman baca RBA yang berada di Lowokwaru.

Dalam acara diskusi bersama kolaborator Mahasiswa magang MSIB.

Isi diskusi antar lain, Pihak-pihak yang Terlibat dalam kegiatan antara lain;

1. Tim MSIB Kemdikbudristek

 merupakan tim khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi yang menjadi pengampu utama pelaksanaan program MSIB

2. Ruang Belajar Aqil

Ruang Belajar Aqil merupakan mitra Tim MSIB Kemdikbudristek dalam pengelolaan program di lapangan 

3.Kolaborator Ruang Belajar Aqil

Kolaborator Ruang Belajar Agil merupakan mitra Ruang Delajar Agiil di masyarakat yang sekaligus mendamping peserta berkegiatan di wilayah layanan  Kolaborator. Ada 8 kolaborator salah satunya Tbm Teras Literasi 

4. Mahasiswa Peserta MBKM

Mahasiswa peserta MBKM merupakan mahasiswa dari berbagaj perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar sebagai peserta di Ruang Belajar Agil dan telah lolos seleksi.

Sedangkan Peran-peran Kolaborator antara lain ;

1. Memberikan rekomendasi pondokan yang dekat dengan lokasi kolaborator

2. Pendampingan & Pengawasan

Mendampingi dan mengawasi peserta magang yang berkegiatan) bersama kolaborator

3. Memberikan Informasi informasi terkait yang mendukung keberlangsungan kegiatan di lokasi kolaborator

4. Melakukan koordinasi dengan pengelola Ruang Belajar Aqil terkait dengan penyelenggaraan magang

5. Melakukan evaluasi berkala dengan pengelola Ruang Belajar Aqil perihal pelaksanaan program setidaknya sekali dalam satu bulan.

Kegiatan ini akan berlangsung empat bulan, dimulai awal Maret hingga berakhir di bulan Juni.

Tbm Teras Literasi siap berkolaborasi dalam aksi asik literasi di masyarakat dan di lembaga sekolah sebagai sebagai situs TL.

Sudah kedua kalinya Tbm Teras Literasi dipercaya dalam aksi ini, semoga kegiatan ini penuh manfaat dan manfaat untuk semua.

Terus ada semangat membara  bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam aksi merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_11-2-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...