Langsung ke konten utama

Ada Aksi Sejuta Pohon

 



Aksi literasi selalu ada saja ditaman bacaan masyarakat Teras Literasi, awal dengan mendengarkan jawaban anak anak dikala crew TL bertanya, bagaimana reaksi anak anak  bila ada pohon yang tumbang karena angin?. Jawaban yang tak nyaman didengar, dibiarkan saja dam dipinggir kan bila mengganggu perjalanan.

 Tantangan bagi crew TL mendengar pendapat anak anak TL dengan polosnya. Apakah dengan  demikian anak anak bisa diajak melestarikan pepohonan? Pertanyaan yang tidak harus dijawab namun di mulai dengan mengajak anak anak menanam pohon sebagai aksi nyata dimulainya anak ikut melestarikan pepohonan.

Berkolaborasi dengan warga yang bernama ibu Tri dari Dinas Kesehatan kota Malang, hari ini anak anak TL mendengarkan himbau ibu Tri bahwa pepohonan disekitar kita harus dijaga dan diperhatikan  perawatannya.

Bersamaan bulan Januari ada event hari sejuta pohon kali ini semua anak anak praktek menanam pohon didampingi  crew TL bpk RT dan tokoh masyarakat kelurahan Lesanpuro kota Malang, tujuan aksi hari ini bagi anak, memberi informasi  menjaga kelestarian lingkungan, membuat tanaman subur, melatih kesabaran pada diri masing-masing anak anak. Merawat tanaman juga dapat membantu tanaman untuk menghasilkan oksigen dan memberikan udara segar.

Ada lagu yg motivasi terkait hari sejuta pohon yang dinyanyikan anak anak TL bersama Bu Tri

Ayo kawan kita bersama

Menyelamatkan lingkungan kita 

Menanam pohon

Memilah sampah

Jangan lupakan kebersihan


Ayo..ayo..slamatkan lingkungan

Menanam pohon tuk kehidupan

Ayo..ayo...slamatkan bumi

Membuang sampah tak sembarangan 

Semoga aksi hari ini manfaat bersama ,terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar


SW_15-1-2023









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...