Langsung ke konten utama

Dua jam Supervisi Pembelajaran

 


Hari ini guru Suyati beraksi dalam supervisi pembelajaran bersama kepala sekolah SMPN 27 Malang. Kelas IX B sebagai objek Pembelajarannya.

Tiada persiapan karena sudah menjadi kebiasaan guru Suyati mempersiapkan setiap kali pembelajaran bersama murid muridnya.

Proses pembelajaran berlangsung ice breaking pertumbuhan anak bebek bahasa Jawa Meri menjadi induk bebek dengan menggiramakan suara induk bebek dan anak bebek membuat aksi awal pembelajaran semakin meriah, mulai aprespsi,kegiatan inti hingga penutup runtut dilakukan guru Suyati. Tak ada yang terlewat karena memang sudah dilaksanakan guru Suyati setiap aksi pembelajarannya.

Kesepakatan kelas dalam pemahaman materi menggunakan media pembelajaran pesawat sahabatku.  Bahan limbah kertas sudah disiapkan, dengan panduan guru Suyati semua murid kelas IX B beraksi.

Kepala sekolah sebagai supervisor mengikuti mengamati setiap aksi pembelajaran guru Suyati. Penjelasan awal aksi nyata dengan media pembelajaran pesawat sahabatku. Keaktifan  murid tampak dalam aksi membaca nyaring sebagai penguatan literasi dasar baca tulis juga dilaksanakan. Pembelajaran hari ini bermakna.

Refleksi murid sebagai akhir pembelajaran hari ini, sangat senang menyenangkan dan meminta diulang pembelajaran dengan media pesawat sahabatku kesan dari murid.

Aksi literasi membaca materi kelanjutan adalah tugas yang disampaikan guru Suyati sebagai modal pertemuan berikutnya.

Pembelajaran yang menggerakkan murid dan membuat hati murid senang, kesan dari supervisor. Gali pertanyaan pematik lebih banyak saran dari  supervisor.

Terus belajar bergerak berdampak bermakna berkelanjutan dalam aksi merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_15-11-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...