Langsung ke konten utama

Best Pratice 101 Goresan Ketuntasan IPS

Kegiatan MGMP IPS kota Malang di Aula SMPN 6 kota Malang 9-11-2022

 


Aksi menulis praktik baik adalah bukti dari laporan praktik pembelajaran yang dilakukan guru Suyati, Kali ini 101 goresan indah ketuntasan IPS judul tulisannya. Aksi praktik baik ini sudah dilakuan bersama murid dan hasilnya jelas adq perubahan baik dalam proses pembelajaran.

Dengan mengalami kondisi  yang kurang semangat untuk dilaksanakan pembelajaran di kelas saat itu, guru Suyati mempunyai langkah jitu membuat kesepakatan kelas bersama muridnya, dengan media apa agar  pembelajaran hari ini terasa asik menyenangkan dan bermakna,kalimat kesepakatan pembelajaran yang disampaikan kepada semua murid.

Sebagian besar murid mengusulkan membuat media dialog pembelajaran hasilnya bisa di konversikan ke tugas mata pelajaran bahasa Indonesia. Lanjut aksi dimulai semua murid siap melaksanakan.

Setiap murid menggores tintanya di buku tugas IPS, dengan arahan pendampingan guru Suyati mereka lebih paham dalam aksinya.

Langkah awal semua murid membaca berantai materi dan konsentrasi pada tujuan membaca berantai murid mencari konten apa yang belum dipahami yang akan dibuat dialog pembelajaran.

Bersama teman sejawat praktek dialog konten pembelajaran, murid satu bertanya dan murid ke dua menjawab, terasa asik dan lebih memahami materi yang bersama laksanakan.

Ternyata benar media ini sangat nyaman dan mudah membantu pemahaman murid pada konten materi yang dipelajari saat itu.


Inilah yang disampaikan guru Suyati dalam presentasi Best Pratice nya dengan judul "101 goresan ketuntasan indah IPS".

Guru Suyati mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari guru guru IPS kota Malang.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan,dalan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_9-11-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...