Langsung ke konten utama

IPS dengan sketsa gambar




Asiknya sketsa gambar aksi penguatan pendalaman materi perubahan sosial dalam dampak globalisasi

Ada yang beda Aksi asik media yang digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IX hari ini, awal terlihat kondisi kelas yang biasanya seru dengan pola tingkah murid, hari ini terlihat tenang namun belum terlihat semangat untuk dimulai pembelajaran IPS. Ada sekitar 8 murid yang tidak hadir karena keterangan sakit. Sehingga berpengaruh pada kondisi di kelas.

Guru Suyati melempar ide apa yang asik dalam pembelajaran hari ini agar kita bersama bisa bergembira dan bahagia. Kesepakatan media yang dibuat dengan mengambar sketsa percakapan permasalahan dalam perubahan sosial pengaruh globalisasi saat ini. Masalah yang dialami sendiri murid dan sekitarnya.

Bahan perlengkapan yang seadanya bisa digunakan, pensil,bolpen dan media lembaran kertas HVS yang dibagikan guru Suyati, terlihat semua murid memulai aksinya. Dengan informasi singkat yang disampaikan bahwa di  lembaran kertas dibagi menjadi empat bagian dengan melipat menjadi dua sama sisi lalu dilipat lagi dua sama sisi. Masing-masing bagian di goreskan sketsa dilengkapi  percakapan pada masing-masing nagian sesuai dengan tema , bahasa yang digunakan pun bahasa anak muda ( bahasa kekinian ).

Media yang menarik ini mereka buat bersama dengan goresan ide yang berbeda, terlihat murid yang mahir dalam menggambar akan sesuai hasilnya dan murid yang belum mahir juga tampak keaktifannya,goresan sketsa nya mengalir saja. Membangun menguatkan rasa percaya diri murid hari ini terlihat dengan aksi asiknya semua murid dengan asiknya menggores sketsa gambarnya.

Hampir satu pertemuan pembelajaran semua murid menyelesaikannya, kesepakatan media yang digunakan hari ini ternyata tepat dan manfaat dalam pendalaman materi pelajaran IPS bersama guru Suyati.

Teruslah bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan, merdeka belajar merdeka mengajar

SW 14-9-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...