Langsung ke konten utama

IPS dengan sketsa gambar




Asiknya sketsa gambar aksi penguatan pendalaman materi perubahan sosial dalam dampak globalisasi

Ada yang beda Aksi asik media yang digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IX hari ini, awal terlihat kondisi kelas yang biasanya seru dengan pola tingkah murid, hari ini terlihat tenang namun belum terlihat semangat untuk dimulai pembelajaran IPS. Ada sekitar 8 murid yang tidak hadir karena keterangan sakit. Sehingga berpengaruh pada kondisi di kelas.

Guru Suyati melempar ide apa yang asik dalam pembelajaran hari ini agar kita bersama bisa bergembira dan bahagia. Kesepakatan media yang dibuat dengan mengambar sketsa percakapan permasalahan dalam perubahan sosial pengaruh globalisasi saat ini. Masalah yang dialami sendiri murid dan sekitarnya.

Bahan perlengkapan yang seadanya bisa digunakan, pensil,bolpen dan media lembaran kertas HVS yang dibagikan guru Suyati, terlihat semua murid memulai aksinya. Dengan informasi singkat yang disampaikan bahwa di  lembaran kertas dibagi menjadi empat bagian dengan melipat menjadi dua sama sisi lalu dilipat lagi dua sama sisi. Masing-masing bagian di goreskan sketsa dilengkapi  percakapan pada masing-masing nagian sesuai dengan tema , bahasa yang digunakan pun bahasa anak muda ( bahasa kekinian ).

Media yang menarik ini mereka buat bersama dengan goresan ide yang berbeda, terlihat murid yang mahir dalam menggambar akan sesuai hasilnya dan murid yang belum mahir juga tampak keaktifannya,goresan sketsa nya mengalir saja. Membangun menguatkan rasa percaya diri murid hari ini terlihat dengan aksi asiknya semua murid dengan asiknya menggores sketsa gambarnya.

Hampir satu pertemuan pembelajaran semua murid menyelesaikannya, kesepakatan media yang digunakan hari ini ternyata tepat dan manfaat dalam pendalaman materi pelajaran IPS bersama guru Suyati.

Teruslah bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan, merdeka belajar merdeka mengajar

SW 14-9-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si