Langsung ke konten utama

Bersama Budhe Yanti menulis Jajan


 

Aksi Minggu pagi,4-9-2022 di taman bacaan masyarakat Teras Literasi beraksi menulis cerpen dari jajanan, aksi ini dikemas crew TL sebagai pelatihan menulis untuk anak anak. yang dipandu budhe Yanti.

Sekitar 30 anak yang mengikuti kegiatan ini, awal kegiatan semua anak anak diberi jajanan/ snack, dan intruksinya jajanan itu tidak boleh dibuka bahkan dinikmati. Karena hari ini kita akan menulis cerita tentang jajanan masing-masing.info dari budhe Yanti.

"Waaa bagaimana budhe,menulis jajanan, bingung aku,kata salah satu anak TL sambil memandangi jajan yang diberikan.

"Baik,sabar ya .,budhe akan menjelaskan, begini sekarang  silakan ambil kitir cerita, berikutnya silakan tulis judul jaja masing-masing, tulis warna kemasan jajan,bentuk jajan dengan merasakan rabahannya,imajinasi dibangun tentang rasa,jumlah jajan didalam bungkusnya. 

Serta komposisi bahan pembuatannya dilihat di keterangan pada kemasan jajan masing-masing. Semua anak akan beda penafsiran cerita tentang jajan yang didapat.

"Aksi unik ini, menulis dari jajan yang belum aku nikmati, kata anak TL. " Kalau rasa ya belum tahu budhe,kan ngak boleh dibuka? Tapi tak tulis saja rasa manis karenakan ini permen coklat. "Silakan tulis bebas menurut penafsiran anak-anak".

Benar aksi ini memang unik, metode menulis dari apa yang didapat diamati langsung oleh anak anak. anak anak  hebat semua paham maksud tujuan menulis hari ini. Dari sebuah benda bisa membangkitkan ide yang dituangkan sebuah tulisan.

Melatih anak anak menulis cerita ternyata mudah,bagaimana ide kita menggiring membuat tulisan cerita. Semoga aksi asik menulis ini menginspirasi. Dan tentunya anak anak akan semangat untuk menulis cerita sehingga karya buku antologi anak anak Teras Literasi siap di susun.


SW_4-9-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...