Langsung ke konten utama

Asiknya Pembelajaran IPS dengan Lirik lagu

 





Pembelajaran IPS di kelas IX pada materi pembelajaran perubahan sosial dan globalisasi Guru suyati membangun percakapan bersama semua muridnya, bertanya dan berdiskusi dengan media pembelajaran apa yang murid murid IX bisa memahami materi hari ini?. Sebagian besar menjawab media yang asik Bu, sehingga kita tidak mengantuk dan malas".

Berbagai kreatifitas guru digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang tidak terlalu rumit sehingga dapat dipahami dan menarik bagi semua muridnya.

Guru Suyati meminta semua murid mencari lagu-lagu tradisional tersebut. Setelah mereka menemukannya, mereka menyanyikan dan menikmati lirik lagu-lagu tersebut disesuaikan atau diubah dengan materi pembelajaran hari ini dengan gembira.

Pilihan pada mengubah llirik lagu Tradisional yang murid pilih sendiri disesuaikan dengan materi pembelajaran IPS hari ini.Ya tentunya guru memberi kebebasan pada murid untuk berpendapat tentang kenyamanan mereka dalam pembelajaran ini.

Dengan lirik lagu yang disusun murid akan memberikan informasi kepada semua murid karena banyak hal yang bisa diceritakan dalam lirik lagu. Lirik lagu juga berfungsi sebagai sarana edukasi,pas bila di coba sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Langkah selanjutnya murid mengirimkan melalui WAG lirik yang diubah dan rekaman suara lagu mereka, Guru Suyati memberikan asesmen pengetahuan dan ketrampilan.

Dengan aksi asik itu, mereka tampak bersemangat dalam pembelajaran hari ini,

Guru Suyati menyuruh semua murid memberikan pendapat mereka. Guru Suyati meminta semua murid menuliskan pendapat mereka dalam bahasa Inggris. Hal ini mendorong mereka untuk menuliskan pendapat, ungkapan perasaan mereka.Dengan demikian, selain belajar IPS semua murid belajar mata pelajaran Bahasa Inggris,

Hal ini menjadi tantangan untuk merancang dan menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar murid dan guru siap memanfaatkan media internet dalam menyongsong era 5.0 yang banyak memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Mari bersama melebihi semangat belajar bersemangat merdeka belajar merdeka mengajar 


SW 2-9-2022




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...