Langsung ke konten utama

Asiknya Pembelajaran IPS dengan Lirik lagu

 





Pembelajaran IPS di kelas IX pada materi pembelajaran perubahan sosial dan globalisasi Guru suyati membangun percakapan bersama semua muridnya, bertanya dan berdiskusi dengan media pembelajaran apa yang murid murid IX bisa memahami materi hari ini?. Sebagian besar menjawab media yang asik Bu, sehingga kita tidak mengantuk dan malas".

Berbagai kreatifitas guru digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang tidak terlalu rumit sehingga dapat dipahami dan menarik bagi semua muridnya.

Guru Suyati meminta semua murid mencari lagu-lagu tradisional tersebut. Setelah mereka menemukannya, mereka menyanyikan dan menikmati lirik lagu-lagu tersebut disesuaikan atau diubah dengan materi pembelajaran hari ini dengan gembira.

Pilihan pada mengubah llirik lagu Tradisional yang murid pilih sendiri disesuaikan dengan materi pembelajaran IPS hari ini.Ya tentunya guru memberi kebebasan pada murid untuk berpendapat tentang kenyamanan mereka dalam pembelajaran ini.

Dengan lirik lagu yang disusun murid akan memberikan informasi kepada semua murid karena banyak hal yang bisa diceritakan dalam lirik lagu. Lirik lagu juga berfungsi sebagai sarana edukasi,pas bila di coba sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Langkah selanjutnya murid mengirimkan melalui WAG lirik yang diubah dan rekaman suara lagu mereka, Guru Suyati memberikan asesmen pengetahuan dan ketrampilan.

Dengan aksi asik itu, mereka tampak bersemangat dalam pembelajaran hari ini,

Guru Suyati menyuruh semua murid memberikan pendapat mereka. Guru Suyati meminta semua murid menuliskan pendapat mereka dalam bahasa Inggris. Hal ini mendorong mereka untuk menuliskan pendapat, ungkapan perasaan mereka.Dengan demikian, selain belajar IPS semua murid belajar mata pelajaran Bahasa Inggris,

Hal ini menjadi tantangan untuk merancang dan menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar murid dan guru siap memanfaatkan media internet dalam menyongsong era 5.0 yang banyak memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Mari bersama melebihi semangat belajar bersemangat merdeka belajar merdeka mengajar 


SW 2-9-2022




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si