Minggu pagi ini crew Teras Literasi dan mahasiswa magang studi independen bersertifikat (MSIB) salah satu program kampus merdeka Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi berkunjung ke ketua RT 4 RW 5 dan RT 2 RW 9, berbincang adanya kolaborasi aksi literasi dimasyarakat khusus literasi bagi anak anak warga sekitar.
Pentingnya kemampuan literasi anak usia dini maupun anak sekolah dasar akan memberikan informasi terkait kesulitan membaca dan menulis.Salah satu factor utama yang penting dalam pembelajaran literasi untuk anak belajar membaca juga siswa SD kelas awal adalah penggunaan sumber belajar yang menarik.
Aksi literasi untuk anak atau Literasi dini adalah kemampuan anak usia dini untuk membaca, menulis dan berhitung. Literasi anak usia dini berkembang dan diperoleh di rumah maupun lingkungan sosialnya. Pentingnya literasi di era digital bagi anak usia dini menuntut perhatian serius.
Dari situlah crew Teras Literasi dan delapan mahasiswa MSIB berniat melakukan aksi di masing masing RW 5 dan 9 kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang kota Malang ini. Bersama membangun percakapan untuk mengaksikan aksi literasi.
Aksi Literasi bersama ini dapat menjadi sarana bagi anak anak sekitar dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah yang nantinya memiliki manfaat juga untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan meningkatkan kreativitas anak anak dalam berpikir. Sudah pasti diharapakan melalui aksi nanti pola membaca anak dapat menyerap pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya.
Kegiatan ini akan dilaksanakan bulan Oktober dan Nopember pas momen bulan bahasa pada hari Minggu, sesuai dengan jadwal kegiatan rutin di taman masyarakat Teras Literasi.
Semoga aksi literasi bersama nanti bisa menguatkan literasi anak anak usia dini di dua RW tersebut sehingga Pengembangan budaya literasi anak sejak dini mempunyai dampak yang besar dalam kehidupan selanjutnya, mendorong anak mampu bersaing secara global.
Tetap melebihi semangat bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan, merdeka belajar merdeka mengajar
SW_25-9-2022
Komentar
Posting Komentar