Langsung ke konten utama

Aksi Koordinasi kolaborasi


 Minggu pagi ini crew Teras Literasi dan mahasiswa magang studi independen bersertifikat (MSIB) salah satu program kampus merdeka Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi berkunjung ke ketua RT 4 RW 5 dan RT 2 RW 9, berbincang adanya kolaborasi aksi literasi dimasyarakat khusus literasi bagi anak anak warga sekitar.

Pentingnya kemampuan literasi anak usia dini maupun anak  sekolah dasar akan memberikan informasi terkait kesulitan membaca dan menulis.Salah satu factor utama yang penting dalam pembelajaran literasi untuk anak belajar membaca juga siswa SD kelas awal adalah penggunaan sumber belajar yang menarik.

Aksi literasi untuk anak atau Literasi dini adalah kemampuan anak usia dini untuk membaca, menulis dan berhitung. Literasi anak usia dini berkembang dan diperoleh di rumah maupun lingkungan sosialnya. Pentingnya literasi di era digital bagi anak usia dini menuntut perhatian serius. 

Dari situlah crew Teras Literasi dan  delapan mahasiswa MSIB berniat melakukan aksi di masing masing RW 5 dan 9 kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang kota Malang ini. Bersama membangun percakapan untuk mengaksikan aksi literasi.

Aksi Literasi bersama ini dapat menjadi sarana bagi anak anak sekitar dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah yang nantinya  memiliki manfaat juga  untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan meningkatkan kreativitas anak anak  dalam berpikir. Sudah pasti diharapakan melalui aksi nanti pola membaca anak  dapat menyerap pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan bulan Oktober dan Nopember pas momen bulan bahasa pada hari Minggu, sesuai dengan jadwal kegiatan rutin di taman  masyarakat Teras Literasi.

Semoga aksi literasi bersama nanti bisa menguatkan literasi anak anak usia dini di dua RW tersebut sehingga Pengembangan budaya literasi anak sejak dini mempunyai dampak yang besar dalam kehidupan selanjutnya, mendorong anak mampu bersaing secara global.

Tetap melebihi semangat bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan, merdeka belajar merdeka mengajar



SW_25-9-2022





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...