Langsung ke konten utama

Pesawatku Mencari BESTE



 Suasana pembelajaran IPS di kelas IX di siang ini tak begitu bergairah , jam pelajaran di pertengahan menjelang waktu istirahat sangat mempengaruhi, hampir semua murid sibuk dengan sendirinya ngobrol dengan suara yang bisa terdengar hingga meja guru hingga beberapa murid ijin kebelakang untuk sesuatu.

Apa yang bisa dilakukan bila kondisi kelas seperti ini, guru memberi ice breaking pun tak begitu membantu membangkitkan semangat mereka, apalagi bila dimulai menyampaikan materi bab 1 sub tema Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya.

Ya, ini harus di beri amunisi yang bisa menembak membangkitkan gairah belajar pada siang ini, guru tak kecil ide membuat aksi yang asik dengan jurus sahabat pesawat. Media yang dianggap tepat untuk membangun motivasi pembelajaran IPS hari ini.

Setiap murid diberi lembaran limbah kertas yang tak terpakai, " ulangankah Bu?" Celetuk salah satu murid. " tidak hari ini kita buat pembelajaran bergembira, Hari ini kita semua bermain pesawat, bagaimana mau ???? " Asik.... yaa tentu mau Bu,apalagi diterbangkan bersama". Laaa...kan pas dengan kemauan semua murid, tanpa di komando semua murid langsung bergerak membuat pesawat. Suasana bahagia yang ada.


Interaksi semua murid tampak, ada murid putri yang belum begitu ahli membuat pesawat kertas, murid lain siap membantu,kerjasama antar murid terbangun. 

Aksi berikutnya di bagi kelompok sahabat sebangku, teman satu membuat soal dan teman sebelah menulis jawabannya dari soal yang dibuat. Adanya interaksi dengan teman sebangku membahas ke layanan soal dan jawaban yang berdua selesaikan.

Bersama semua murid menuju ke Bandara Relicmandaya lapangan olahraga, mereka berkelompok sang pembuat soal berkumpul dan sang pembuat jawaban berkumpul, dengan hitungan 123 semua pesawat diterbangakan arah berlawanan. 

Segera setiap murid mencari soal dan jawaban lalu beraksi mencocokkan soal dan jawabnya. Yang sudah pas cocok langsung ditulis di buku tugas IPS dan guru melakukan penilaian.

Ada tiga assessment yang diperoleh guru Suyati, yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning). Pembelajaran hari ini bergembira dan bahagia bersama. 

Tetap melebihi semangat merdeka belajar merdeka mengajar


SW24-8-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si