Langsung ke konten utama

Pesawatku Mencari BESTE



 Suasana pembelajaran IPS di kelas IX di siang ini tak begitu bergairah , jam pelajaran di pertengahan menjelang waktu istirahat sangat mempengaruhi, hampir semua murid sibuk dengan sendirinya ngobrol dengan suara yang bisa terdengar hingga meja guru hingga beberapa murid ijin kebelakang untuk sesuatu.

Apa yang bisa dilakukan bila kondisi kelas seperti ini, guru memberi ice breaking pun tak begitu membantu membangkitkan semangat mereka, apalagi bila dimulai menyampaikan materi bab 1 sub tema Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya.

Ya, ini harus di beri amunisi yang bisa menembak membangkitkan gairah belajar pada siang ini, guru tak kecil ide membuat aksi yang asik dengan jurus sahabat pesawat. Media yang dianggap tepat untuk membangun motivasi pembelajaran IPS hari ini.

Setiap murid diberi lembaran limbah kertas yang tak terpakai, " ulangankah Bu?" Celetuk salah satu murid. " tidak hari ini kita buat pembelajaran bergembira, Hari ini kita semua bermain pesawat, bagaimana mau ???? " Asik.... yaa tentu mau Bu,apalagi diterbangkan bersama". Laaa...kan pas dengan kemauan semua murid, tanpa di komando semua murid langsung bergerak membuat pesawat. Suasana bahagia yang ada.


Interaksi semua murid tampak, ada murid putri yang belum begitu ahli membuat pesawat kertas, murid lain siap membantu,kerjasama antar murid terbangun. 

Aksi berikutnya di bagi kelompok sahabat sebangku, teman satu membuat soal dan teman sebelah menulis jawabannya dari soal yang dibuat. Adanya interaksi dengan teman sebangku membahas ke layanan soal dan jawaban yang berdua selesaikan.

Bersama semua murid menuju ke Bandara Relicmandaya lapangan olahraga, mereka berkelompok sang pembuat soal berkumpul dan sang pembuat jawaban berkumpul, dengan hitungan 123 semua pesawat diterbangakan arah berlawanan. 

Segera setiap murid mencari soal dan jawaban lalu beraksi mencocokkan soal dan jawabnya. Yang sudah pas cocok langsung ditulis di buku tugas IPS dan guru melakukan penilaian.

Ada tiga assessment yang diperoleh guru Suyati, yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning). Pembelajaran hari ini bergembira dan bahagia bersama. 

Tetap melebihi semangat merdeka belajar merdeka mengajar


SW24-8-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...

Tamu Literasi

  Foto 1. Budhe Yanti menjelaskan langkah-langkah meresume Foto 2. Meresume apa yang dibaca dan mengirimkannya ke WhatsApp Hari ini Sabtu 2 Oktober 2021 crew Teras Literasi berkegiatan di kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Lidah Kulon RT. 05 RW. 01 Kecamatan Lakarsantri, setelah hampir enam bulan tidak berkegiatan tamu literasi.  Progam tamu literasi di RT 05 RW 01 kelurahan Lidah kulon kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya ini adalah acara rutin setiap tiga bulan sekali dengan agenda kegiatan utamanya adalah pendampingan literasi di warga setempat. Namun karena kondisi pandemic ini kegiatan tertunda baru bisa dilaksanakan hari sabtu 2 Oktober 2021.  Kegiatan Tamu Literasi ini sendiri dilaksanakan dirumah ketua RT dan diikuti oleh warga setempat mulai anak berumur sepuluh sampai remaja yang berumur sembilan belas tahun dengan tetap melaksanakan prokes.  Terlihat  antusias anak anak mengikuti kegiatan ini,  dalam  kegiatan ini   anak anak menda...