Langsung ke konten utama

Aksi Klasifikasi buku bacaan anak

 



Klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokan buku beradasarkan kelas-kelas sesuai dengan DDC (Dewey Decimal Classification). Ada 2 cara untuk menentukan nomor klasifikasi buku yaitu menggunakan buku DDC (4 volume) dan menggunakan e-DDC. penjelasan diatas adalah tentang apa itu mengklasifikasi buku bacaan yang ada di perpustakaan?

Hari ini Minggu 14-8-2022 kegiatan aksi asik literasi di taman bacaan masyarakat Teras Literasi kota Malang mengklasifikasikan buku bacaan yang ada dirak ecobrik di perpustakaan IQRO. Manfaat mengklasifikasi buku bacaan di perpustakaan IQRO, adalah  memudahkan pemustaka( anak anak khususnya ) mencari buku bacaan yang mereka suka sesuaikan dengan buku yang pas untuk seusia mereka, mudah mencari buku bacaan tersebut diletakan di rak bagian mana. Klasifikasi juga digunakan untuk memanggil nomor di komputer. Prinsipnya memudahkan pemustaka atau pengunjung mencari buku.

Koleksi perpustakaan harus dikelola dengan baik. Khususnya dalam hal penyajian sangat perlu diperhatikan dengan baik bagaimana menata serta mengelompokkan koleksi perpustakaan. Hal ini untuk mempermudah bagi pengguna perpustakaan agar dapat mencari atau menemukan informasi apa yang dicari.

Aksi crew  Teras Literasi dalam Cara Klasifikasi Buku dengan Mudah,

- menentukan subjek dengan menelaah buku terlebih dahulu.

- membuat3 huruf di depan nama / ambil 3 huruf awal nama penulis.

- membuat1 huruf judul buku yang ada diawal judul.

Lanjut aksi hari ini ke lima anak TL memisahkan mana mana buku bacaan anak sesuai kelayakan  baca ( anak yang belum sekolah hingga sekolah TK ), dan anak SD ( kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD ). Aksi ini salah satu mengenalkan anak anak TL pendataan administrasi perpustakaan IQRO TL, mereka tidak hanya mengkonsumsi buku bacaan di perpustakaan IQRO saja melainkan juga merasa memiliki dengan mengetahui langsung bagaimana keadministrasian buku buku di perpustakaan IQRO ini.

Aksi hari ini  memberi pemahaman pada anak anak bahwa, Sebuah buku bacaan tidak hanya dapat memperluas wawasan. Buku bacaan dapat menjadi salah satu sumber edukasi, inspirasi, dan rekreasi bagi anak. Penting untuk menanankam pemahaman bahwa tidak semua buku yang berlabel “bacaan anak” itu sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Oleh karena itu, crew tanam bacaan masyarakat Teras Literasi perlu menyeleksi buku bacaan yang akan dibaca oleh anak. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mengetahui apakah buku yang diberikan layak bagi anak.


SW_14-7-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si