Langsung ke konten utama

Aksi Klasifikasi buku bacaan anak

 



Klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokan buku beradasarkan kelas-kelas sesuai dengan DDC (Dewey Decimal Classification). Ada 2 cara untuk menentukan nomor klasifikasi buku yaitu menggunakan buku DDC (4 volume) dan menggunakan e-DDC. penjelasan diatas adalah tentang apa itu mengklasifikasi buku bacaan yang ada di perpustakaan?

Hari ini Minggu 14-8-2022 kegiatan aksi asik literasi di taman bacaan masyarakat Teras Literasi kota Malang mengklasifikasikan buku bacaan yang ada dirak ecobrik di perpustakaan IQRO. Manfaat mengklasifikasi buku bacaan di perpustakaan IQRO, adalah  memudahkan pemustaka( anak anak khususnya ) mencari buku bacaan yang mereka suka sesuaikan dengan buku yang pas untuk seusia mereka, mudah mencari buku bacaan tersebut diletakan di rak bagian mana. Klasifikasi juga digunakan untuk memanggil nomor di komputer. Prinsipnya memudahkan pemustaka atau pengunjung mencari buku.

Koleksi perpustakaan harus dikelola dengan baik. Khususnya dalam hal penyajian sangat perlu diperhatikan dengan baik bagaimana menata serta mengelompokkan koleksi perpustakaan. Hal ini untuk mempermudah bagi pengguna perpustakaan agar dapat mencari atau menemukan informasi apa yang dicari.

Aksi crew  Teras Literasi dalam Cara Klasifikasi Buku dengan Mudah,

- menentukan subjek dengan menelaah buku terlebih dahulu.

- membuat3 huruf di depan nama / ambil 3 huruf awal nama penulis.

- membuat1 huruf judul buku yang ada diawal judul.

Lanjut aksi hari ini ke lima anak TL memisahkan mana mana buku bacaan anak sesuai kelayakan  baca ( anak yang belum sekolah hingga sekolah TK ), dan anak SD ( kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD ). Aksi ini salah satu mengenalkan anak anak TL pendataan administrasi perpustakaan IQRO TL, mereka tidak hanya mengkonsumsi buku bacaan di perpustakaan IQRO saja melainkan juga merasa memiliki dengan mengetahui langsung bagaimana keadministrasian buku buku di perpustakaan IQRO ini.

Aksi hari ini  memberi pemahaman pada anak anak bahwa, Sebuah buku bacaan tidak hanya dapat memperluas wawasan. Buku bacaan dapat menjadi salah satu sumber edukasi, inspirasi, dan rekreasi bagi anak. Penting untuk menanankam pemahaman bahwa tidak semua buku yang berlabel “bacaan anak” itu sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Oleh karena itu, crew tanam bacaan masyarakat Teras Literasi perlu menyeleksi buku bacaan yang akan dibaca oleh anak. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mengetahui apakah buku yang diberikan layak bagi anak.


SW_14-7-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...

Tamu Literasi

  Foto 1. Budhe Yanti menjelaskan langkah-langkah meresume Foto 2. Meresume apa yang dibaca dan mengirimkannya ke WhatsApp Hari ini Sabtu 2 Oktober 2021 crew Teras Literasi berkegiatan di kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Lidah Kulon RT. 05 RW. 01 Kecamatan Lakarsantri, setelah hampir enam bulan tidak berkegiatan tamu literasi.  Progam tamu literasi di RT 05 RW 01 kelurahan Lidah kulon kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya ini adalah acara rutin setiap tiga bulan sekali dengan agenda kegiatan utamanya adalah pendampingan literasi di warga setempat. Namun karena kondisi pandemic ini kegiatan tertunda baru bisa dilaksanakan hari sabtu 2 Oktober 2021.  Kegiatan Tamu Literasi ini sendiri dilaksanakan dirumah ketua RT dan diikuti oleh warga setempat mulai anak berumur sepuluh sampai remaja yang berumur sembilan belas tahun dengan tetap melaksanakan prokes.  Terlihat  antusias anak anak mengikuti kegiatan ini,  dalam  kegiatan ini   anak anak menda...