Langsung ke konten utama

TL terpilih TBM rama anak

 



Selasa 26-7-2022 taman bacaan masyarakat Teras Literasi mendapat undangan dari Dinas Perpustakaan Daerah kota Malang dalam kegiatan Supervisi Pengembangan dan Penguatan Pusat Informasi sahabat anak PISA Dalam Rangkah standarisasi PISA di kota Malang.

Kegiatan hari ini dihadiri oleh PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA 

Pemerintah kota Malang Dinas sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana.

Serta Forum anak kota Malang dan beberapa Taman bacaan masyarakat. 

Pada hari ini bertemu dalam kegiatan supervisi pengembangan dan penguatan Pusat informasi sahabat anak bisa dalam rangka standarisasi bisa di kota Malang Tahun 2022 ini sebagai bagian dari rangkaian komitmen pemerintah Kota Malang dalam mendukung program pemenuhan hak anak dari perlindungan khusus anak sehingga anak merasa aman dan nyaman tinggal di lingkungan mereka dan menjadikan kota Malang sebagai kota yang layak anak.

Sesuai pasal 21 undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak mengamanatkan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah untuk menjaga terwujudnya pemenuhan salah satu indikator pemenuhan hak anak dalam kelas dan kebebasan yaitu ketersediaan fasilitas informasi layanan inilah melalui pemberian akses informasi yang layak bagi anak.

Yang  tersedianya informasi layanan atau pusat informasi sahabat anak PISA saat ini  sudah ada,mulai dari tingkat kota kecamatan dan kelurahan  antara lain satu website wakola website layanan anak, website di masing masing daerah kota claster, dll. Ini akan membantu  menjamin terwujudnya kesejahteraan anak melalui terpenuhinya kebutuhan dasar anak. 

Fasilitas ini juga tersedia di Perpustakaan kota Malang pada Perkembangan Layanan ILA/PISA dimana ketika anak-anak masuk ke perpustakaan itu langsung terlihat  ada tempat bermain  ketika masuk di dalam ruangan itu anak-anak tidak serta-merta langsung bermain tetapi harus membaca dan pinjam buku terlebih dahulu, untuk membaca ada  meja buku ini kan ada stroke bukti peminjaman struktur bukti peminjaman inilah yang bisa digunakan untuk bermain sepuasnya di ruang baca ramah .

Pembagian koleksi anak

Usia 1-3 kartu gambar

3-5 buku bergambar

5-7 buku cerita pendek

7-9 membantu pelajaran

9-12 buku tekstual singkat

12-14 buku Genre

14-17 buku persiapan PT

18 keatas buku umum

Diadakan pemetaan ruang 1 utk kanak kanak awal dan kanak kanak akhir; ruang remaja awal dan remaja akhir.

Pada saat ini kondisi setelah ILA / PISA ada  SDM Pengelola PISA yang sudah  tersertifikasi, pada PAK 2022 ini pengadaan Praygound di Perpustakaan kota Malang yang menjalin kerjasama dengan Dinas terkait yaitu DINSOS P3AP2KP.

Kabar mengejutkan bagi crew  lokasi TBM sudah ditetapkan oleh Kementerian  KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA sebagai TBM yang ramah anak. TBM TL didaftar sebagai lembaga yg distandarisasi layak anak dari kota Malang, ada 2 lembaga dari kota Malang perpust Kota dan Tbm Teras Literasi. 

Dari informasi tersebut TBM TERAS LITERASI akan diVerifikasi standarisasi PISA waktu  bulan Juli sd  17 Agustus 2022, apa yang harus di siapkan dan diupload di sistem di standartlisasi PISA antar lain ,tentang ;

kebijakan

Program

Pengelolaan

Sumber Daya manusia

Sarana prasarana lingkungan

Monitor dan evaluasi


Dokumen yang disiapkan antara lain;  berupa dokumentasi dan laporannya 

Ada diskusi dengan perangkat daerah tenyang pelayan anak berupa foto dan laporan.

Admin pinjam buku, data buku ada foto dan buku peminjaman buku

Koordinasi antar TBM 

Program TBM ditulis laporan , diupload di foto

Menerima layanan permintaan buku buku sesuai permintaan anak,

Tersedianya permainan tradisional ( ada buku saran)

Foto sesuai pelayanan anak tentang buku buku yg tersedia  dan di baca

Rak baca disesuaikan kebutuhan buku  usia anak anak

Foto Sosialisasi  kegiatan TBM

Foto Kegiatan peningkatan literasi

Foto memakai media digital utk literasi

Foto kegiatan layanan bersama 

Foto SOP pelayanan

Ada SOP tertulis dan media 

SOP pelayanan di TL misal ( kesehatan cek suhu memakai handsanitesir, absensi mandiri, kitir literasi)

Sering mengupload kegiatan di Mensos

Informasi juga bahwa pengelolaan TBM tidak harus ASN

Foto ruang pelayanan,ruang produksi,ruang sekretariat,ruang baca,ruang kreativitas dan multimedia

Ada ruang sanitasi,sarana prasarana ramah bagi penyandang disabilitas, kawasan larangan merokok

Yanag sangat penting adanya Kerjasama ada diperangkat desa/kota

Alhamdulillah karena kegiatan yang sudah diadakan rutin di TL semoga dokumen dokumen yang diperlukan tersedia dan siap di upload.

Bismillah tetap melebihi semangat semoga persiapan TBM TERAS LITERASI Lancar sukses sehingga bisa menginspirasi masyarakat luas.


SW_26-7-2022










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si