Langsung ke konten utama

Numerasi menghitung warna mobil

 

Apa itu literasi numerasi !

Secara sederhana numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat disekitar kita.

Sedangkan literasi itu sendiri adalah literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sehingga literasi numerasi adalah kemampuan dan pemahaman sesuatu hal terkait informasi  kuantitatif dan kwalitatif  yang ada disekitar kita.

Aksi inilah yang sudah diaksikan anak anak teras literasi dalam menguatkan literasi numerasinya dengan aksi pratik sederhana namun yang bisa terekam maknanya hingga nanti. Pratik menghitung daun singkong dan mengamati pertumbuhannya setiap Minggu di Tegal Literasi, juga saat perjalanan hari ini Sinau literasi di perpustakaan kota Malang,mereka menghitung mobil warna putih dan hitam yang melintasi ditemui dijalan. Aksi sederhana dan lucu ini yang bisa dilakukan dan pratik nyata yang ditemui disekitar anak anak. Sangat membantu untuk menguatkan literasi numerasi.

Seru dan gembira terpancar di


Wajah anak-anak ini saat mereka bersuara dengan keras saling saut menyaut, pandangan yang sangat awas jeli tertuju pada mobil mobil yang melintas. Tertanam juga sikap tanggung jawab pada masing masing kelompok, karena anak anak putri bertugas menghitung mobil warna putih dan anak anak laki-laki menghitung mobil warna hitam, sikap kerjasama gotong royong membagi tugas masing-masing anak, ada yang menyimpan jumlah hitungannya agar tidak hilang atau lupa, ada yang kebagian sebagai pemandu ,ada yang bersuara menghitung. Seru asyik asik literasi numerasi hari ini.

Semoga aksi sederhana ini salah satu aksi  yang mereka suka dan bisa membangun kekuatan literasi numerasi anak anak. Semoga aksi ini membawa manfaat bersama dan bisa menginspirasi.


SW_24-7-2022



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si