Langsung ke konten utama

Aksi Sepakat dalam Pembelajaran IPS



Aksi Pembelajaran menyenangkan akan dimulai

Dua tahun lebih dunia pendidikan (formal) tersandera oleh  pandemi Covid-19. Masih tingginya angka penyebaran virus, mengakibatkan sekolah tetap menjadi satu-satunya fasilitas publik yang belum bisa dibuka secara luas.

Semua pihak tentu berharap agar pandemi ini segera berakhir. Pembelajaran dinanti-nanti bisa kembali normal seperti sediakala. 
 Saat ini awal pembelajaran baru tahun pelajaran 2022-2023 di buka kembali dengan pembelajaran tatap muka 100%, rasa syukur bagi orang tua ,siswa dan guru. Aksi pembelajaran yang menyenangkan di mulai.

Kita pahami bersama bahwa sebagai sebuah proses, pembelajaran dibangun oleh beragam interaksi siswa dalam belajar dan mendapatkan pengajaran dari gurunya. Sedangkan sebagai sistem, pembelajaran bukan hanya mensyaratkan terpenuhinya entitas yang terbangun dari beragam unsur atau elemen. untuk mencapai tujuannya, pembelajaran juga harus menghadirkan serangkaian interaksi yang terukur, teratur, dan terkoordinasi dari beragam unsur tadi. Lagi-lagi hal ini menguatkan bahwa pembelajaran memang membutuhkan ekosistem yang bisa mendorongnya untuk tetap tumbuh dalam situasi dan waktu apapun.

Aksi asik pada pembelajaran IPS hari ini adalah bersama menyusun  dari saran masukan  siswa dan guru, menyepakati hasil keputusan tertulis dan diketahui orang tua kesepakti siswa dan guru. 'aksi asik sepakat belajar IPS ' nama yang pas dari kesepakatan kelas dalam pembelajaran.

Tertulis rapih dihalaman pertama dibuku tulis IPS, tertulis  sederhana dan mudah dimengerti, semoga aksi asik sepakat belajar IPS ini bertujuan sebagai peraturan di kelas pada mata pelajaran IPS yang harus dipatuhi siswa, namun tentang bagaimana membangun rasa tanggung jawab. Adapun kesepakatan kelas dibuat dengan keterlibatan aktif antara guru dan semua siswa pada mata pelajaran IPS .

SW 26-7-2022


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...