Langsung ke konten utama

Aksi Sepakat dalam Pembelajaran IPS



Aksi Pembelajaran menyenangkan akan dimulai

Dua tahun lebih dunia pendidikan (formal) tersandera oleh  pandemi Covid-19. Masih tingginya angka penyebaran virus, mengakibatkan sekolah tetap menjadi satu-satunya fasilitas publik yang belum bisa dibuka secara luas.

Semua pihak tentu berharap agar pandemi ini segera berakhir. Pembelajaran dinanti-nanti bisa kembali normal seperti sediakala. 
 Saat ini awal pembelajaran baru tahun pelajaran 2022-2023 di buka kembali dengan pembelajaran tatap muka 100%, rasa syukur bagi orang tua ,siswa dan guru. Aksi pembelajaran yang menyenangkan di mulai.

Kita pahami bersama bahwa sebagai sebuah proses, pembelajaran dibangun oleh beragam interaksi siswa dalam belajar dan mendapatkan pengajaran dari gurunya. Sedangkan sebagai sistem, pembelajaran bukan hanya mensyaratkan terpenuhinya entitas yang terbangun dari beragam unsur atau elemen. untuk mencapai tujuannya, pembelajaran juga harus menghadirkan serangkaian interaksi yang terukur, teratur, dan terkoordinasi dari beragam unsur tadi. Lagi-lagi hal ini menguatkan bahwa pembelajaran memang membutuhkan ekosistem yang bisa mendorongnya untuk tetap tumbuh dalam situasi dan waktu apapun.

Aksi asik pada pembelajaran IPS hari ini adalah bersama menyusun  dari saran masukan  siswa dan guru, menyepakati hasil keputusan tertulis dan diketahui orang tua kesepakti siswa dan guru. 'aksi asik sepakat belajar IPS ' nama yang pas dari kesepakatan kelas dalam pembelajaran.

Tertulis rapih dihalaman pertama dibuku tulis IPS, tertulis  sederhana dan mudah dimengerti, semoga aksi asik sepakat belajar IPS ini bertujuan sebagai peraturan di kelas pada mata pelajaran IPS yang harus dipatuhi siswa, namun tentang bagaimana membangun rasa tanggung jawab. Adapun kesepakatan kelas dibuat dengan keterlibatan aktif antara guru dan semua siswa pada mata pelajaran IPS .

SW 26-7-2022


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si