Langsung ke konten utama

Aksi Bersama TL_ KGBN



Aksi bersama di TL_KGBN Malang Raya_Kota Batu

 Minggu 16-7-2022 taman bacaan masyarakat Teras Literasi menerima kunjungan dari komunitas guru belajar Nusantara wilayah Malang Raya dan Kota Batu. Hari ini bersama berkoordinasi tentang persiapan temu pendidik Nusantara (TPN) yang diadakan secara luring di kota Batu tanggal 6 sampai dengan 7 Agustus 2022. 

Diskusi dan saling berpendapat tentang jalannya kegiatan diawali dari laporan masing-masing koordinator panitia mulai sie acara hingga sie kerjasama. Semua saran masukan didiskusikan bersama dan menghasilkan kesepakatan proses teknik kegiatannya. Semoga aksi asik bersama ini terlaksana dengan lancar dan sukses.

Oiya apa TPN itu?
Temu Pendidik Nusantara (TPN) merupakan konferensi tahunan sejak 2014 yang mempertemukan guru, kepala sekolah dan wakilnya, pengurus yayasan, pengawas sekolah, aktivis pendidikan serta pemangku kepentingan ekosistem pendidikan lainnya dalam skala nasional dan internasional.

TPN bukan sekadar sarana belajar, tapi juga bersama menghasilkan dampak sebesar-besarnya pada murid untuk perubahan pendidikan Indonesia, di TPN bukan hanya bicara teori, tapi juga praktik baik yang telah terbukti sesuai konteks kelas, sekolah/madrasah dan daerah dengan topik yang relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Tentunya praktik baik yang sudah dilakukan oleh guru/kepala sekolah dan wakilnya, pengurus yayasan, pengawas sekolah, aktivis pendidikan.

Apa yang dilaksanakan aksi di taman bacaan masyarakat Teras Literasi hari ini membuktikan adanya proses sebagai guru dan belajar adalah dua peristiwa yang tidak boleh dipisahkan. Maka KGBN Malang Raya dan Kota Batu bergerak bersama agar semakin banyak guru yang belajar demi murid Indonesia yang merdeka belajar. Mari Bergerak bersama dalam aksi merdeka belajar!


SW_17-7-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si