Langsung ke konten utama

Sinau IKM MGMP IPS

 





Menurut BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan, pengertian kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya.

Aksi asik hari ini di penghujung bulan Mei 2022, sekitar 83 bapak ibu guru IPS kota Malang baik di sekolah negeri ataupun swasta bersama sinau IKM bertempat di SMPN 12 Malang , yang saat ini sangat ramai diperbincangkan dan yang akan di laksanakan pada tahun ajaran baru 2022-2023. bersama sinau Kurikulum Merdeka. Pengurus MGMP IPS kota malang memfasilitasi aksi ini. 

Dari wakil koordinator MGMP IPS pak Sodiq, Ucapakan terima kasih atas di beri kesempatan tempat utk pelaksanaan IKM IPS di SMPN 12 Malang. Sekaligus  membuka Kegiatan IKM dengan mode in on in.

MGMP IPS Mengundang dua narasumber dari pengawas dan guru pengajar praktik, setelah mengikuti kegiatan hari ini diharapkan dan wajib ada produk yang dihasilkan penyusunan tujuan pembelajaran, modul ajar yang akan bapak Ibu guru gunakan dalam menghadapi tahun ajaran baru di kelas 7.intinya hari ini semua guru IPS kota Malang dalam wadah  MGMP IPS mengupdate ilmu IKM. 

Dari narasumber pertama menyampaikan, tanamkan  apa bapak ibu guru semua melakukan dengan ikhlas kalau pekerjaan kita lakukan dengan ikhlas tidak menjadi beban bagi kita itu akan menjanjikan kita itu semakin sehat. ada 3 opsi bisa melaksanakan kurikulum 2013, melaksanakan kurikulum darurat, melaksanakan kurikulum merdeka

3 opsi Kurikulum , Mandiri belajar bisa menggunakan kurikulum 2013 ( prinsipnya menggunakan kurikulum merdeka), Mandiri berubah bisa menggunakan ATP, modul ajar disesuaikan kondisi sekolah dan mandiri berbagi 

Dalam ATP disusun bersama guru kelas  789 konten apa yg dipelajari di Fase D, baru menentukan tujuan pembelajaran, dipetakan mana yg diajarkan di kelas 7,8,9 dalam fase D. Konseb kurikulum merdeka adalah Profil pelajar Pancasila,menjadi arah tujuan pendidikan nasional, pahami visi misi program sekolah . Sasaran di SKL meluluskan murid yg profil pelajar Pancasila.

Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan.

Aksi selanjutnya di pandu narasumber kedua memberikan pendampingan penyusunan modul ajar, semua peserta di bagi 14 kelompok dan mengerjakan modul ajar sesuai dengan tugas yang dibagi panitia. Alhamdulillah hari ini belajar bermakna berkelanjutan On selama 6 hari berikutnya tanggal 7 Juni 2022 IN 2 presentasi hasil modul ajar masing-masing kelompok.


SW_ 31-5-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si