Langsung ke konten utama

Sinau IKM MGMP IPS

 





Menurut BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan, pengertian kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya.

Aksi asik hari ini di penghujung bulan Mei 2022, sekitar 83 bapak ibu guru IPS kota Malang baik di sekolah negeri ataupun swasta bersama sinau IKM bertempat di SMPN 12 Malang , yang saat ini sangat ramai diperbincangkan dan yang akan di laksanakan pada tahun ajaran baru 2022-2023. bersama sinau Kurikulum Merdeka. Pengurus MGMP IPS kota malang memfasilitasi aksi ini. 

Dari wakil koordinator MGMP IPS pak Sodiq, Ucapakan terima kasih atas di beri kesempatan tempat utk pelaksanaan IKM IPS di SMPN 12 Malang. Sekaligus  membuka Kegiatan IKM dengan mode in on in.

MGMP IPS Mengundang dua narasumber dari pengawas dan guru pengajar praktik, setelah mengikuti kegiatan hari ini diharapkan dan wajib ada produk yang dihasilkan penyusunan tujuan pembelajaran, modul ajar yang akan bapak Ibu guru gunakan dalam menghadapi tahun ajaran baru di kelas 7.intinya hari ini semua guru IPS kota Malang dalam wadah  MGMP IPS mengupdate ilmu IKM. 

Dari narasumber pertama menyampaikan, tanamkan  apa bapak ibu guru semua melakukan dengan ikhlas kalau pekerjaan kita lakukan dengan ikhlas tidak menjadi beban bagi kita itu akan menjanjikan kita itu semakin sehat. ada 3 opsi bisa melaksanakan kurikulum 2013, melaksanakan kurikulum darurat, melaksanakan kurikulum merdeka

3 opsi Kurikulum , Mandiri belajar bisa menggunakan kurikulum 2013 ( prinsipnya menggunakan kurikulum merdeka), Mandiri berubah bisa menggunakan ATP, modul ajar disesuaikan kondisi sekolah dan mandiri berbagi 

Dalam ATP disusun bersama guru kelas  789 konten apa yg dipelajari di Fase D, baru menentukan tujuan pembelajaran, dipetakan mana yg diajarkan di kelas 7,8,9 dalam fase D. Konseb kurikulum merdeka adalah Profil pelajar Pancasila,menjadi arah tujuan pendidikan nasional, pahami visi misi program sekolah . Sasaran di SKL meluluskan murid yg profil pelajar Pancasila.

Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan.

Aksi selanjutnya di pandu narasumber kedua memberikan pendampingan penyusunan modul ajar, semua peserta di bagi 14 kelompok dan mengerjakan modul ajar sesuai dengan tugas yang dibagi panitia. Alhamdulillah hari ini belajar bermakna berkelanjutan On selama 6 hari berikutnya tanggal 7 Juni 2022 IN 2 presentasi hasil modul ajar masing-masing kelompok.


SW_ 31-5-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...