Langsung ke konten utama

Aksi Literasi Menanam

 






Minggu, 12-6-2022 aksi asik literasi di TL dengan tema literasi menanam. Ada 15 anak yang hadir hari ini,di awali ice breaking dipandu budhe Yanti untuk membangun semangat anak-anak TL agar aksi hari ini lebih bersemangat. Dengan ice breaking literasi tanam.

Teksnya; diucapkan bersamaan dengan gerakan  layaknya bertanam, anak TL menanam, Daun-daun, menanam nanam nanam, tumbuh tumbuh, subur subur. Semua gerak dan ucapan dilakukan semua anak TL dengan gembira.


Lanjut dipandu budhe Yanti, anak anak TL mencari kelompok 2 sampai 3 anak. Untuk praktek menanam daun janda bolong Krn tanaman ini sudah lebat di teras TL sehingga perlu di kembangbiakan. Oleh -oleh bibit daun janda bolong ini juga di sukai oleh tamu literasi waktu kegiatan literasi , sehingga pas bila tanaman daun  janda bolong ini dikembangkan biayakan. 


Setiap kelompok mengambil wadah sebagai media menanam  dan tanah bercampur pupuk juga sudah disipkan,semua anak memperhatikan arah budhe Yanti dan segera mencobanya.

Hasil tanaman anak anak hari ini sangat rapih, sehingga ada dua kelompok yang mendapatkan Snack tambahan untuk anak TL tersebut, "aku senang literasi tanam hari ini karena aku bisa merasahkan sendiri bagaimana cara menanam itu,Karena selama ini aku hanya melihat ibuku menanam, kata Adil anak TL yang aktif hadir.

Ternyata muda ya menanam tanaman ini dan cepat juga, tapi maaf  aku menanamnya terbalik akarnya  ku letakkan diatas, dengan senyum lebar Reza menyampaikan", diikuti semua anak TL tertawa.  

Akhir kegiatan ditutup dengan doa serta crew TL membagi jajanan Pawon untuk semua anak TL lanjut di tutup dengan ice breaking akhir anak TL menanam.

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan asik dan menyenangkan, semoga aksi asik kedepan akan bermakna bagai anak anak TL dan kegiatan ini akan berjalan berkelanjutan.


SW_12-6-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si