Langsung ke konten utama

Aksi Literasi Menanam

 






Minggu, 12-6-2022 aksi asik literasi di TL dengan tema literasi menanam. Ada 15 anak yang hadir hari ini,di awali ice breaking dipandu budhe Yanti untuk membangun semangat anak-anak TL agar aksi hari ini lebih bersemangat. Dengan ice breaking literasi tanam.

Teksnya; diucapkan bersamaan dengan gerakan  layaknya bertanam, anak TL menanam, Daun-daun, menanam nanam nanam, tumbuh tumbuh, subur subur. Semua gerak dan ucapan dilakukan semua anak TL dengan gembira.


Lanjut dipandu budhe Yanti, anak anak TL mencari kelompok 2 sampai 3 anak. Untuk praktek menanam daun janda bolong Krn tanaman ini sudah lebat di teras TL sehingga perlu di kembangbiakan. Oleh -oleh bibit daun janda bolong ini juga di sukai oleh tamu literasi waktu kegiatan literasi , sehingga pas bila tanaman daun  janda bolong ini dikembangkan biayakan. 


Setiap kelompok mengambil wadah sebagai media menanam  dan tanah bercampur pupuk juga sudah disipkan,semua anak memperhatikan arah budhe Yanti dan segera mencobanya.

Hasil tanaman anak anak hari ini sangat rapih, sehingga ada dua kelompok yang mendapatkan Snack tambahan untuk anak TL tersebut, "aku senang literasi tanam hari ini karena aku bisa merasahkan sendiri bagaimana cara menanam itu,Karena selama ini aku hanya melihat ibuku menanam, kata Adil anak TL yang aktif hadir.

Ternyata muda ya menanam tanaman ini dan cepat juga, tapi maaf  aku menanamnya terbalik akarnya  ku letakkan diatas, dengan senyum lebar Reza menyampaikan", diikuti semua anak TL tertawa.  

Akhir kegiatan ditutup dengan doa serta crew TL membagi jajanan Pawon untuk semua anak TL lanjut di tutup dengan ice breaking akhir anak TL menanam.

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan asik dan menyenangkan, semoga aksi asik kedepan akan bermakna bagai anak anak TL dan kegiatan ini akan berjalan berkelanjutan.


SW_12-6-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...