Langsung ke konten utama

Adakah Hubungan Literasi Numerasi dengan Ular Tangga Raksasa???







Aksi Asik hari ini Minggu 19-6-2022 di taman bacaan masyarakat Teras Literasi kota Malang dengan literasi numerasi dengan media pembelajaran ular tangga, kerennya ular tangga yang ukurannya tak umum karena menggunakan ukuran lebih besar. Anak-anak menyebutkan ular tangga raksasa, ukuran 2 meter x 4 meter berupa banner.

Aksi ini di lakukan oleh enam anak secara berkelompok ,tiap kelompok ada tiga anak dan memberi nama kelompok Daremaon untuk anak-anak laki-laki serta kelompok melati anggotanya tiga anak perempuan. Awal memulainya semua anak-anak suit menentukan kelompok siapa yang memulai permainan.

Kelompok melati sebagai pemenang suit sehingga memulai awal permainannya sedangkan kelompok Doraemon sebagai pengawasnya. Cara permainan ular tangga adalah;

1. Tiap anak bergantian melempar dadu, ukurannya dadunya pun ukuran besar menyesuaikan ukuran media ular tangga,dadu yang mempunyai mata enam.

2. Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata dadu 3, maka anak harus berjalan 3 kotak pada papan permainan ular tangga tersebut.

3.Jika sudah dijalankan, kotak yang berisi pertanyaan dijawab oleh anak, jika benar anak tersebut mendapat poin.

Apa hubungannya literasi numerasi dengan permainan ular tangga ini, jelas ada 

Kemampuan literasi dalam matematika disebut sebagai numerasi. Numerasi memiliki proses perkembangan yang sepadan dengan kemampuan literasi, dimana anak anak mampu memahami simbol-simbol dan angka untuk memecahkan masalah yang ada di media ular tangga yang mereka mainkan saat ini.

Apa tantangan yang dihadapi ? Tantangan yang seringkali dihadapi dalam mengembangkan literasi numerasi antara lain karena matematika banyak melibatkan keterampilan berpikir yang abstrak, sehingga banyak anak anak yang merasa kesulitan dalam proses peralihan dari proses berpikir konkrit ke abstrak. Itulah mengapa matematika selalu dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami, kala membebani, bahkan menciptakan kecemasan pada sebagian anak-anak. 

Dalam permaian ular tangga ini merupakan permainan yang banyak dikenal khususnya lingkungan anak sekolah dasar. Media ular tangga ini bertujuan agar dapat meningkatkan keaktifan anak, belajar anak yang menyenangkan sehingga hasilnyapun memuaskan. Aksi asik inilah yang bisa dicoba dalam pemahaman anak belajar matematika sehingga literasi numerasi akan mudah di pahami.

Jelas dengan permainan Ular Tangga Literasi Numerasi yang terdiri dari tiga aspek berupa berhitung, relasi numerasi, dan operasi aritmatika, dengan tujuan adanya motivasi belajar anak-anak saat belajar numerasi anak-anak dapat menerapkan konsep numerasi saat menggunakan media ular tangga ini.

Tujuan aksi asik permainan ular'tangga yang dilakukan di taman bacaan masyarakat Teras Literasi ini melatih kesabaran anak dalam menunggu giliran dan mengasah kemampuan dalam bersosialisasi dengan teman-teman. Perkembangan kognisi akan tumbuh dan anak dilatih dapat menyelesaikan permasalahan sederhana. Serta Bermain ular tangga ini juga merupakan permainan yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak karena pada permainan ini anak dapat belajar secara tim, belajar menjadi pemimpin, belajar komunikasi belajar menerima kekalahan dan belajar mengeluarkan pendapat,ini terlihat sekali tiap kelompok dalam permainan ini.

Semoga aksi ini mempunyai manfaat bersama, harapan aksi-asik literasi di Teras Literasi bisa menginspirasi masyarakat luas dalam menguatkan literasi di masyarakat.


SW_19-6-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si