Langsung ke konten utama

Ayo..UH IPS IX Bab IV

 


BAB
: IV

Indonesia dari masa Kemerdekaan hingga masa Reformasi


KOMPETENSI  DASAR :

3.4.Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,politik,ekonomi,pendidikan,sosial,budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

INDIKATOR PENCAPAIAN

.Menjelaskan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan ,Demokrasi Parlemen, Demokrasi terpimpin, Orde baru dan Reformasi.

MATERI PEMBELAJARAN

1.Masa kemerdekaan (1945-1950)

2.Masa Demokrasi Parlemen (1950-1959)

3.Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965)

4.Masa Orde Baru (1966-1998)

 5.Masa Reformasi (1998-sekarang)

Cara menjawab silakan langsung di kolom komentar abjadnya saja ( beri nama, kelas, nomor absensi )

PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT DAN BENAR DARI PERTANYAAN DIBAWAH INI !

1.  Dalam pertemuan di Kuala Lumpur  ditandatangani suatu Deklarasi Kuala Lumpur. Deklarasi tersebut berisi kesepakatan untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, bebas  dan netral, atau yang sering dikenal dengan ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrality). Tunjukkan contoh kerjasama antarnegara di Asia Tenggara dalam bidang politik dan keamanan bangsa ….

A. kesepakatan mengenai Asia Tenggara sebagai kawasan yang bebas senjata nuklir
B. Pendirian pabrik pupuk Urea di Indonesia (di provinsi Nangro Aceh Darusalam) 
C. Proyek Vaksin di Singapura.
D.Pendirian pabrik disel Marine di Singapura


2. Agama Islam dapat masuk dan berkembang di Indonesia. Hal ini di karena agama Islam masuk secara damai, sehingga dapat diterima oleh masyarakat, dalam perkembangannya agama Islam banyak memberikan pengaruh baik dalam bidang politik maupun budaya, berdasarkan penjelasan diatas jelaskan pengaruhnya dibidang budaya …
A. Perkembangan agama Islam merubah struktur social budaya masyarakat
B. Terjadilah Akulturasi Budaya, antara kebudayaan Pra-Islam dengan Kebudayaan Islam.
C. Agama Islam merubah semua budaya yang berkembang di masyarakat
D. Agama Islam hanya berpengaruh pada karya sastra dan seni suara 

3. Di masa demokrasi liberal, sering terjadi perubahan kabinet yang ternyata berdampak pada kehidupan ekonomi Indonesia saat itu. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, ada beberapa kebijakan yang dilakukan antara untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi struktur ekonomi nasional yang dikenal dengan istilah….
A. kebijakan Gunting Syafruddin
B. Gerakan Benteng
C. Sistem Ekonomi Ali Baba
D.  Persetujuan Finansial Ekonomi (Finek)

4.  Perjuangan pergerakan bangsa Indonesia mengalami pasang surut dalam melawan kolonialisme barat, masing-masing periode mengalami perbedaan yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan, adapun perjuangan bangsa Indonesai pada abad 20 adalah…..
A. Bersifat kedaerahan 
B. Perjuangan berupa fisisk
C. Sering gagal karena bergai kendala seperti jarak, persenjataan dll
D. Bersifat nasional dan tidak tergantung pada pemimpin

5. Semenjak berlangsungnya krisis moneter di tahun 1997, ekonomi Indonesia mengalami keterpurukan. Keadaan perekonomian semakin menurun dan kesejateraan rakyat memburuk. Pengangguran merajalela. Berikut ini ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki sistem perekonomian Indonesia, yaitu….
A. Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Asing 
B. Melikuidasi beberapa semua bank yang bermasalah
C. Merekonstruksi perekonomian Indonesia sesuai dengan perkembangan jaman
D.  Mengimplementasi reformasi ekonomi seperti yang diisyaratkan IMF

6. Masa reformasi merupakan proses berlangsungnya pergeseran serta perubahan sistem yang sebelumnya bersifat kurang demokratis menuju ke sistem yang dinilai jauh lebih demokratis. Pergeseran dan perubahan mada masa transformasi ini mencakup sejumlah hal termasuk di antaranya adalah persamaan POLITIK, dibawah ini yang merupakan perubahan dalam bidang politik adalah ...
A. Banyak bermunculan partai-partai politik baru
B. Membebaskan narapidana politik
C. Mencabut larangan berdirinya serikat-serikat buruh independen
D. Kebebasan dalam berbicara dan berpendapat

7. Politik luar negeri adalah strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu negara dalam hubungannya dengan negara-negara lain. Dalam arti luas, politik luar negeri adalah pola perilaku yang digunakan oleh suatu Negara dalam hubungannya dengan negara-negara lain. Yang menjadikan pembeda
A. Orde Lama semangat anti kolonialisme sedangkan orde baru menitik  beratkan pada Stabilisasi              politk di dunia internasional 
B. Pada masa orde lama cendrung memihak ke Barat sedangkan orde baru lebih condong ke Soviet
C. Politik orde lama mengarah ke konfrontasi sedangkan orde baru lebih pada peningkatan ekonomi
D. Baik orde lama maupun orde baru sama-sama menghendaki perdamaian dunia 

8.Ketika terjadi bencana tsunami di Aceh tahun 2004, dunia internasional turut terlibat dalam  menangani dampak bencana tersebut. Bantuan berdatangan dari berbagai negara, baik yang langsung dari negara tersebut maupun yang melalui badan-badan PBB. Badan khusus PBB yang menangani masalah korban bencana alam dan para pengungsi adalah...
A. UNHCR            
B. UNTEA
C. UNICEF
D. UNESCO

9. Pembangunan ekonomi nasional pada awal masa Orde Baru dilaksanakan melalui program jangka pendek dengan cara melakukan stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi. Dalam hal ini yang dimaksud dengan stabilisasi ekonomi adalah....
A. Pengendalian inflasi supaya harga-harga tidak melonjak terus secara cepat
B. Perbaikan fisik terhadap prasarana dan alat-alat produksi yang mengalami kerusakan
C. Pemberian bantuan sosial kepada masyarakat umum yang kehidupannya di bawah standar
A. Program perbaikan ekonomi dengan pemberian subsidi bulanan kepada warga yang miskin

10. Pada tanggal 27 Desember 1949 diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag (Belanda) yang dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah Republik Indonesia, Bijeenkomst Voor Federal Overleg (BFO) dan pemerintah Belanda. Salah satu hasil keputusan terpenting bagi Indonesia adalah....
A. Kontribusi Kerja Sama Antarnegara bagi Bangsa Indonesia
B. Dibentuknya Uni Indonesia Belanda
C. Masalah Irian Barat akan dibicarakan satu tahun kemudian
D. Pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda

11. Pada akhir tahun 1944, Jepang mulai terdesak dalam Perang Asia Pasifik kemudian memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Hal ini bertujuan ....
A.meyakinkan sekutu bahwa Jepang telah menyerah
B.sebagai balas jasa atas perlakuan Jepang terhadap bangsa Indonesia
C.sebagai pembuktian bahwa Jepang adalah pemimpin, pelindung, dan cahaya Asia
D. mendapatkan dukungan rakyat Indonesia dalam menghadapi sekutu

12. Tugas utama dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ....
A. membahas dan menyepakati batas wilayah sebagai negara baru yakni Indonesia
B. mengesahkan Undang-Undang Dasar serta menentukan presiden dan wakil presiden Indonesia
C. merumuskan dasar negara dan rancangan Undang-Undang Dasar bagi negara Indonesia
D. mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan dari pihak Jepang       kepada bangsa Indonesia

13. Manfaat dari adanya peristiwa Rengasdengklok yaitu ....
A. teks proklamasi kemerdekaan dapat terselesaikan
B. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
C. Soekarno-Hatta menjadi aman atas pengaruh Jepang
D. proklamasi kemerdekaan atas pemberian Jepang

14. Kalimat pertama naskah proklamasi kemerdekaan "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia" merupakan hasil sumbangan pemikiran dari ....
A. Achmad Subarjo
B. Ir. Soekarno
C. Moh. Hatta
D. Sukarni

15. Yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan selesai dilaksanakan adalah ....
A. Suwiryo dan dr. Muwardi
B. S. Suhud dan Latif Hendraningrat
C. Latif Hendraningrat dan Arifin Abdurrahman
D. Suwiryo dan Arifin Abdurrahman

16. Pernyataan yang sesuai tentang peran tokoh-tokoh dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan berikut adalah ....
A. Sutan Syahrir adalah pengetik teks proklamasi kemerdekaan
B. Sayuti Melik adalah penyumbang pikiran kalimat pertama teks proklamasi kemerdekaan
C. Sukarni adalah pengusul penantanganan teks proklamasi kemerdekaan Soekarno-Hatta "atas nama         bangsa Indonesia"
D. Achmad Subarjo adalah yang mengusulkan Soekarno Hatta agar secepatnya memproklamasikan             kemerdekaan tanpa melalui PPKI

17.Pelopor pelaksanaan rapat raksasa di Lapangan Ikada yang mempertemukan para pemimpin perjuangan kemerdekaan dengan rakyatnya adalah ....
A. BPUPKI
B. PPKI
C. Soekarno-Hatta
D. Komite van Aksi Menteng 31

18. Berikut adalah hasil kesepakatan rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945, kecuali ....
A. mengesahkan UUD 1945 sebagai landasan hukum NRI
B. menetapkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden
C. membentuk Majelis Permusyawaran Rakyat (MPR) sebagai lembaga legislatif
D. memutuskan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi

19. Negara yang dihadapi Indonesia setelah memproklamasikan kemerdekaan adalah ....
A. Jepang, Amerika Serikat dan Inggris
B. Jepang, Belanda, dan Sekutu
C. Jepang dan Belanda
D. Jepang dan Inggris

20. Kedatangan pasukan Sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat Indonesia karena ....
A. membonceng tentara NICA
B. melucuti tentara Jepang
C. mempersennjatai tentara Jepang
D. membebaskan tahanan Jepang


Tetap melebihi semangat dan sukses selalu




























Komentar

  1. Nama:fiday Aulia sari
    Kelas:9.b
    Nomer absen:13

    1.A
    2.A
    3.C
    4.D
    5.A
    6.A
    7.C
    8.D
    9.C
    10.D
    11.A
    12.B
    13.B
    14.B
    15.B
    16.D
    17.D
    18.C
    19.B
    20.C

    BalasHapus
  2. Nama : ghaitsa putri
    Kelas : 9C
    Absen : 12
    1. A
    2. A
    3. C
    4. D
    5. A
    6. A
    7. C
    8. D
    9. C
    10. D
    11. D
    12. C
    13. B
    14. A
    15. B
    16. C
    17. D
    18. C
    19. B
    20. A

    BalasHapus
  3. Nama : Anabel Ambrose A.D
    Kelas : 9C
    Absen : 04

    Jawaban
    1. A
    2. A
    3. C
    4. D
    5. A
    6. A
    7. C
    8. D
    9. C
    10. D
    11. D
    12. D
    13. B
    14. A
    15. B
    16. C
    17. D
    18. C
    19. B
    20. A


    BalasHapus
  4. Nama: Revalina febrianti
    Kelas :9c
    No absen:25

    Jawaban
    1. A
    2. A
    3. C
    4. D
    5. A
    6. A
    7. C
    8. D
    9. C
    10. D
    11. D
    12. D
    13. B
    14. A
    15. B
    16. C
    17. D
    18. C
    19. B
    20. A

    BalasHapus
  5. Nama:Wildanu Naufal Ramdhani
    Kelas:9.b
    Nomer absen:32

    1.A
    2.A
    3.C
    4.D
    5.A
    6.A
    7.C
    8.D
    9.C
    10.D
    11.A
    12.B
    13.B
    14.A
    15.B
    16.C
    17.D
    18.C
    19.B
    20.a

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FDG Literasi Numerasi

Aksi hari ini Sabtu pagi crew TL mengikuti FDG secara dari g literasi numerasi bersama tbm RBA, bersama dengan  pembahas,peninjau dan peserta saling berdiskusi terkait penguatan literasi numerasi di sekolah ,keluarga dan di masyarakat.  Kegiatan berjalan empat jam ini menghasilkan beberapa Penguatan, yang pertama   keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama dan utama dalam proses pembentukan karakter anak, terutama di bidang literasi dan numerasi.  Pentingnya peran keluarga dalam proses sosialisasi diharapkan dapat menjadi motor penggerak literasi dan numerasi anak, rumah sebenarnya merupakan lingkungan yang sangat memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran literasi dan numerasi. Yang kedua disekolah adanya kesepakatan guru dan murid ,guru dan orang tua hal ini menjadikan pondasi dalam penguatan literasi numerasi agar bersama memahami tujuan apa yang akan didapat. Ketiga guru harus bisa mengkombinasikan antara teori teori dengan praktek literasi numeras...

Festival Panen Hasil Belajar

  Aksi Minggu pagi 16-10-2022  taman bacaan masyarakat Teras Literasi mendapat undangan sebagai praktisi komunitas,  menghadiri kegiatan festival panen hasil belajar calon guru penggerak angkatan 4 sejumlah 127 CPG di aula SMAN 9 kota Malang. Ciri guru penggerak Menurut Mentri Kemendikbudristek Nadiem Makarim, semua guru yang terlibat dalam PGP mempunyai ciri atau sikap yang harus dimiliki, antara lain: 1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik. 2. Guru Penggerak itu melihat anak yang tertinggal di kelas sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya. 3. Guru Penggerak itu percaya dan bukan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak sedikit lambat melakukan perubahan. 4. Guru Penggerak adalah guru yang menyadari bahwa waktu untuk belajar sesama guru. Waktu untuk bermusyawarah sebagai satu tim orang dewasa di dalam sekolah itu adalah kunci daripada inovasi. 5. Guru Penggera...

Meresume dari yang dibaca

  Foto 1. PakDhe Eko memimpin ice breaking tebak gambar Foto 2. Ukasya salah satu anak TL berfoto di depan keranjang buku Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini Minggu 23 September 2021 dilaksanakan diTegal Literasi dengan diikuti kurang lebih sepuluh anak, kegiatan  diawali dengan membaca surat Al-fatihah dan yel-yel TL bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking tebak gambar yang dipimpin Pakdhe Eko, ice breaking tebak gambar sendiri adalah masing-masing anak Teras Literasi akan menebak gambar sketsa buah yang ada di hp Pakdhe Eko. Adapun permainan ice breaking tebak gambar ini dimulai dengan anak-anak Teras Literasi berbaris kemudian secara bergilir maju kedepan untuk menebak gambar yang ada di hp Pakdhe Eko dimulai dari anak yang paling depan. Bagi anak Teras Literasi bisa menebak akan kembali kebarisan yang belakang  begitu juga anak Teras Literasi yang belum bisa menebak akan kembali ke barisan yang belakang dengan terlebih dahulu tangannya dikasi...