Langsung ke konten utama

PINTER MTK_PKN_IPS - VIII

 

Mata Pelajaran   : MATEMATIKA, PKN, IPS
Tema                 : Pemanfaatan bangun ruang sisi datar                    Alokasi Waktu   : 3 x 45 menit tatap muka

KD/ INDIKATOR
MATEMATIKA : Menentukan luas permukaan dan volume bangun   ruang sisi datar
PKN : Menyajikan bentuk partisipasi kewarganegaraan           yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan                                 nasional
IPS : Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang   dalam permintaan dan penawaran, teknologi serta                                 pengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi       kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan   negara-negara ASEAN

MATEMATIKA

Bangun ruang sisi datar 





IPS

POT DARI BANGUN SISI DATAR

1



2






Tak perlu beli perabotan yang mahal, mulailah dari hal paling mudah yaitu membuat pot bunga buatan sendiri dari barang-barang bekas. Selain menghemat budget, juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Penambahan pot untuk bagian luar atau dalam rumah memberikan tampilan yang lebih segar serta memberi kesan yang cantik.

Siswa yang memiliki banyak kaleng bekas di rumah bisa memanfaatkannya menjadi pot bunga. Daripada menumpuk, bisa kumpulkan bekas kaleng yang ada menjadi satu. Caranya juga mudah. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti kaleng biskuit atau kaleng bekas apa saja, kuas, cat warna-warni, dan paku.



PENILAIAN IPS ( dari dokumentasi )

Kreteria

Baik Sekali

4

Baik

 3

Cukup

2

Kerapian membuat
hiasan pot bunga
dengan kaleng bekas.

 

 

 

Kebersihan membuat hiasan pot bunga menggunakan kaleng bekas.

 

 

 

Partisipasi membuat hiasan pot bunga menggunakan kaleng bekas.

 

 

 

Ketepatan waktu dalam  penyelesaian

 

 

 

 


PKN

Bentuk partisipasi dalam Lingkungan Hidup dalam bentuk gerakan penghijauan lingkungan” yang konsern terhadap penghijauan lingkungan. Ada juga “gerakan penanaman” yang memfokuskan kegiatannya pada gerakan penanaman lahan kritis di lingkungan tempat tinggal siswa.

 
Bentuk penguatan partisipasi warga Negara dalam Pelestarian Lingkungan Hidup dilakukan melalui kegiatan pelatihan bagi masyarakat, sekolah,sosialisasi tentang lingkungan hidup,penguatan peran organisasi-organisasi relawan lingkungan hidup.

Penguatan partisipasi warga negara tentang pelestarian lingkungan hidup berdasar konsep green moral dalam pembangunan berkelanjutan mengacu pada nilai-nilai Pancasila untuk sopan santun, bersih, mencintai lingkungan,dan menjaga lingkungan hidup untuk tercapai kepekaan terhadap lingkungan hidup melalui adaptasi dari hidup modern dengan mempertahankan dan melindungi lingkungan hidup, tujuan yang jelas dari pelestarian lingkungan hidup, integrasi dari nilai-nilai Pancasila dan lingkungan dalam integrasi berbagai macam kegiatan.


PENILAIAN

Kreteria

Baik Sekali

4

Baik

 3

Cukup

2

Ketepatan mengidentifikasi bentuk partisipasi bentuk penguatan partisipasi warga Negara     dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

 

 

 

 

Ketepatan mengidentifikasi bentuk partisipasi bentuk penguatan partisipasi warga Negara     dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

 

 

 

 


MERDEKA BELAJAR UNTUK PENDIDIKAN LEBIH BERMAKNA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si