Langsung ke konten utama

LATSOL PTS IPS IX GENAB

 



BAB : III

Ketergantungan Anatarruang dan pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi ( produksi, distribusi,konsumsi, harga, pasar )dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk , transpotasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.


SILAKAN DIJAWAB DENGAN TEPAT DAN BENAR ! ( Dikolom komentar, berinama dan kelas )

 1. Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ....

A. eksportir
B. importir
C. ekspor
D. impor

2. Perhatikan ciri-ciri perdagangan berikut:

(1) Pembeli dan penjual tidak bertemu langsung
(2) Dikenakan bea masuk
(3) Mata uang berbeda
(4) Pembeli dan penjual cenderung bertemu
(5) Biaya angkut lebih murah

Yang termasuk ciri-ciri perdagangan internasional adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)

3. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan ....

A. perbedaan upah dan biaya produksi
B. perbedaan kualitas sumber daya manusia
C. perbedaan budaya suatu bangsa
D. perbedaan sumber daya alam

4. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara maju, memberi kesempatan pada generasi muda menjadi paham dan mahir dalam bidang teknologi.

Dari Ilustrasi tersebut, manfaat perdagangan internasional adalah ....
A. memperoleh devisa
B. menstabilkan harga-harga
C. memperluas kesempatan kerja
D. mempercepat alih teknologi

5. Salah satu dampak positif perdagangan internasional adalah ....

A. meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi
B. meningkatkan ketergantungan terhadap barang asing
C. masyarakat menjadi semakin konsumtif
D. terdapat produsen dalam negeri gulung tikar


6. Dampak negatif perdagangan internasional antara lain ....

A. memperoleh devisa dari luar negeri
B. barang konsumsi semakin beragam
C. terikat dengan produk-produk asing
D. terjadi perpindahan teknologi ke dalam negeri

7. Untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional dapat dilakukan dengan ....

A. mempromosikan produk-produk luar negeri
B. mendatangkan tenaga kerja luar negeri
C. pemberian subsidi kepada industri-industri kecil
D. mengimpor barang-barang bermerek

8. Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu ....

A. proteksi
B. kuota
C. tarif
D. dumping

9. Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut ....

A. industri kreatif
B. ekonomi kreatif
C. produk kreatif
D. tenaga kreatif

10. Bagian subsektor ekonomi kreatif berikut yang bukan termasuk produk abstrak adalah ....

A. showbiz
B. craft
C. software
D. advertising

11. Industri kreatif dapat berkembang pesat jika didukung faktor berikut, kecuali....

A. jumlah penduduk
B. keberagaman budaya
C. ekonomi kreatif
D. sumber daya alam

12. Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali....

A. perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat
B. pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja
C. menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri
D. pembangunan pasar dan sarana promosi

13. Konsentrasi produksi pada jenis barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi oleh suatu negara disebut ....

A. industri kreatif
B. spesialisasi
C. ekonomi kreatif
D. industrilisasi

14. Salah satu komoditas ekspor Indonesia yang dihasilkan dari usaha industri adalah ....

A. kayu lapis
B. getah karet
C. batu bara
D. rotan

15.
Soal Komoditas Unggulan IPS Kelas 9 Genap

16. Agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu ....

A. patokan harga barang yang tinggi
B. mengikuti trend dan selera masyarakat
C. promosi barang yang lebih intensif
D. kemudahan dalam memperoleh barang

17. Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh ....

A. kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah
B. letak wilayah yang strategis sebagai jalur utama perdagangan internasional
C. adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
D. kemampuan melakukan efisiensi produksi sehingga memiliki daya saing tinggi

18. Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali ....

A. melakukan survey pasar
B. melakukan promosi di berbagai media
C. menghasilkan produk berkualitas tinggi
D. patokan harga setinggi-tingginya

19. Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada Amerika Serikat. Kondisi ini menunjukkan negara Indonesia memiliki kunggulan yang disebut ....

A. maximum advantage
B. average advantage
C. absolute advantage
D. comparative advantage

20. Pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berikut ini yang menghasilkan bijih mengandung tembaga, emas, dan perak adalah ....

A. Kilang Pangkalan Brandan
B. PT Freeport Indonesia
C. Kilang Balongan
D. Kilang Balikpapan

21. Di antara kilang minyak berikut yang memiliki kapasitas produksi paling besar adalah ....

A. Dumai
B. Cilacap
C. Kasim
D. Cepu

22. Cara yang harus dilakukan untuk menciptakan keunggulan ekonomi antara lain adalah ....

A. mengembangkan potensi berbagai budaya daerah
B. menghasilkan produk dalam jumlah besar
C. mendorong eksploitasi sumber daya alam
D. memproduksi barang yang belum tersedia di dalam negeri

23. Manfaat pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan budaya masyarakat adalah ....

A. terjadinya integrasi dalam suatu kelompok masyarakat
B. peningkatan pembangunan sarana dan prasarana transportasi
C. bermunculan berbagai macam lembaga kemasyarakatan
D. peningkatan jumlah lapangan pekerjaan yang akan diisi masyarakat

24. Kebijakan dimana pemerintah mengilangkan hambatan-hambatan dalam kegiatan ekspor dan impor disebut ....

A. perdagangan bebas
B. perdagangan antardaerah
C. perdagangan umum
D. perdagangan internasional

25. Faktor yang mendorong lahirnya organisasi perdagangan bebas berikut yang paling tepat adalah ....

A. adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki antarnegara
B. adanya diskriminasi oleh suatu negara dalam perdagangan internasional
C. membuka jalan bagi suatu negara menguasai pasar internasional
D. pengaturan akses informasi dan akses ke pasar

26. Nama organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Perdana Menteri Australia Bob Hawke adalah ....

A. APEC
B. MEE
C. WTO
D. AFTA

27. Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang berdirinya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah ....

A. pentingnya pembentukan kawasan ASEAN yang stabil, makmur dan kompetitif
B. perlunya negara-negara anggota ASEAN melindungi produsen dalam negeri
C. cita-cita pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata
D. mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antarnegara anggota ASEAN

28. Berikut adalah negara-negara yang termasuk (the six state)kecuali ....

A. Prancis
B. Jerman Barat
C. Bulgaria
D. Belgia

29. Negara yang ditangguhkan keanggotaannya dalam Uni Eropa adalah ....

A. Bulgaria
B. Rumania
C. Turki
D. Republik Ceko

30. Tujuan pembentukan WTO adalah ....

A. meningkatkan perdagangan antarnegara anggota ASEAN
B. integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi
C. mendorong lebih terbukanya perdagangan dunia
D. memperjuangkan kepentingan ekonomi di kawasan Asia Pasifik



salam sehat selalu_sukses untuk anak-anak ibu


Komentar

  1. Nama : Raditya Aulia Rahma
    Kelas : 9D
    No.absen : 22

    Jawaban:
    1. C
    2. A
    3. B
    4. D
    5. A
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10. B
    11. D
    12. D
    13. B
    14. C
    15. -
    16. B
    17. A
    18. D
    19. C
    20. B
    21. D
    22. A
    23. A
    24. A
    25. B
    26. A
    27. A
    28. C
    29. C
    30. C

    BalasHapus


  2. Nama: Lazuardi Havizh Ar Rasyid
    Kelas: 9C
    No Absen: 14


    #JAWABAN#

    1. C
    2. A
    3 .B
    4. C
    5. A
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10.B
    11.A
    12.A
    13.B
    14.A
    15.-
    16.B
    17.B
    18.D
    19.C
    20.B
    21.B
    22.D
    23.D
    24.A
    25.B
    26.A
    27.B
    28.A
    29.C
    30.A

    BalasHapus
  3. Nama:Abdul gofur
    No. Absen:1
    Kelas:9E


    Jawaban
    1. C
    2. A
    3. B
    4. D
    5. A
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10. B
    11. D
    12. D
    13. B
    14. C
    15. -
    16. B
    17. A
    18. D
    19. C
    20. B
    21. D
    22. A
    23. A
    24. A
    25. B
    26. A
    27. A
    28. C
    29. C
    30. C

    BalasHapus
  4. Nama=Nurdia febriyanti putri
    Kelas=9D
    No=20
    Jawaban
    . C
    2. A
    3. B
    4. D
    5. A
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10. B
    11. D
    12. D
    13. B
    14. C
    15. -
    16. B
    17. A
    18. D
    19. C
    20. B
    21. D
    22. A
    23. A
    24. A
    25. B
    26. A
    27. A
    28. C
    29. C
    30. C

    BalasHapus
  5. Nama=Nurdia Febrinyati putri
    Kelas=9D
    No=20
    Jawaban
    . C
    2. A
    3. B
    4. D
    5. A
    6. C
    7. C
    8. D
    9. B
    10. B
    11. D
    12. D
    13. B
    14. C
    15. -
    16. B
    17. A
    18. D
    19. C
    20. B
    21. D
    22. A
    23. A
    24. A
    25. B
    26. A
    27. A
    28. C
    29. C
    30. C

    BalasHapus
  6. 1.c
    2.a
    3.b
    4.d
    5.a
    6.c
    7.c
    8.d
    9.b
    10.b
    11.d
    12.c
    13.b
    14.a
    15.-
    16.b
    17.a
    18.d
    19.c
    20.b
    21.d
    22.a
    23.a
    24.a
    25.b
    26.a
    27.a
    28.c
    29.c
    30.c

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FDG Literasi Numerasi

Aksi hari ini Sabtu pagi crew TL mengikuti FDG secara dari g literasi numerasi bersama tbm RBA, bersama dengan  pembahas,peninjau dan peserta saling berdiskusi terkait penguatan literasi numerasi di sekolah ,keluarga dan di masyarakat.  Kegiatan berjalan empat jam ini menghasilkan beberapa Penguatan, yang pertama   keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama dan utama dalam proses pembentukan karakter anak, terutama di bidang literasi dan numerasi.  Pentingnya peran keluarga dalam proses sosialisasi diharapkan dapat menjadi motor penggerak literasi dan numerasi anak, rumah sebenarnya merupakan lingkungan yang sangat memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran literasi dan numerasi. Yang kedua disekolah adanya kesepakatan guru dan murid ,guru dan orang tua hal ini menjadikan pondasi dalam penguatan literasi numerasi agar bersama memahami tujuan apa yang akan didapat. Ketiga guru harus bisa mengkombinasikan antara teori teori dengan praktek literasi numeras...

Festival Panen Hasil Belajar

  Aksi Minggu pagi 16-10-2022  taman bacaan masyarakat Teras Literasi mendapat undangan sebagai praktisi komunitas,  menghadiri kegiatan festival panen hasil belajar calon guru penggerak angkatan 4 sejumlah 127 CPG di aula SMAN 9 kota Malang. Ciri guru penggerak Menurut Mentri Kemendikbudristek Nadiem Makarim, semua guru yang terlibat dalam PGP mempunyai ciri atau sikap yang harus dimiliki, antara lain: 1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik. 2. Guru Penggerak itu melihat anak yang tertinggal di kelas sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya. 3. Guru Penggerak itu percaya dan bukan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak sedikit lambat melakukan perubahan. 4. Guru Penggerak adalah guru yang menyadari bahwa waktu untuk belajar sesama guru. Waktu untuk bermusyawarah sebagai satu tim orang dewasa di dalam sekolah itu adalah kunci daripada inovasi. 5. Guru Penggera...

Meresume dari yang dibaca

  Foto 1. PakDhe Eko memimpin ice breaking tebak gambar Foto 2. Ukasya salah satu anak TL berfoto di depan keranjang buku Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini Minggu 23 September 2021 dilaksanakan diTegal Literasi dengan diikuti kurang lebih sepuluh anak, kegiatan  diawali dengan membaca surat Al-fatihah dan yel-yel TL bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking tebak gambar yang dipimpin Pakdhe Eko, ice breaking tebak gambar sendiri adalah masing-masing anak Teras Literasi akan menebak gambar sketsa buah yang ada di hp Pakdhe Eko. Adapun permainan ice breaking tebak gambar ini dimulai dengan anak-anak Teras Literasi berbaris kemudian secara bergilir maju kedepan untuk menebak gambar yang ada di hp Pakdhe Eko dimulai dari anak yang paling depan. Bagi anak Teras Literasi bisa menebak akan kembali kebarisan yang belakang  begitu juga anak Teras Literasi yang belum bisa menebak akan kembali ke barisan yang belakang dengan terlebih dahulu tangannya dikasi...