Langsung ke konten utama

LITERASI CERITA IBU

  


                            

Gaya tulisan anak-anak memang asik dipahami, apalagi yang menulis anak-anak usia 6 tahun hingga 10 tahun. Bila diperhatikan, kebiasaan anak menulis buku harian sepertinya sudah mulai berganti menjadi update status di media sosialnya. mereka seakan bangga dengan tulisannya yang berisi berbagai ceritanya. Diketahui juga kalau manfaat  anak-anak menulis diary bukan sekadar untuk menyimpan kenangan yang bisa dibaca kembali saat dewasa kelak, tapi juga dapat mendukung prestasi dan kemampuan menulis Si anak di masa depan. 


Diketahui menulis dibuku harian untuk anak juga akan terlihat dari meningkatnya kemampuan menyampaikan pendapat, pemikiran, serta perasaan secara runut dan jelas. Rutin menulis buku harian bagi anak juga akan memperkaya kosakata anak, mengurangi kesalahan menulis, juga meningkatkan pemahaman dalam membaca, sehingga semua kemampuan ini akan sangat mendukung kelancaran pendidikan dan karier anak di masa depan. 

Giat aksi tulis ini selalu dilakukan rutin di taman bacaan Teras Tegal Literasi, karena sebelum berkegiatan dimulai semua anak yang hadir tanpa disuruh langsung menulis kitir ceritanya. Dan hari ini dalam menyambut hari Ibu semua anak menulis kitir  ceritanya tentang ibu mereka. "Ibuku cantik, suka memasak menu favoritku dan lain lain mengkisahkan ibu mereka.Tampak sekali anak TL sangat antusias. dari tulisan anak TL ini seperti biasanya akan dikumpulkan dihasilkan karya buku cerita ber ISBN,  Semoga giat menulis kisah ibu menjadikan anak anak TL selalu ingat atas kasih sayang ibunya dan tentunya kelak akan membahagiakan orang tuanya.


SW_19-12-2021








  








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...