Langsung ke konten utama

Narsum Workshop Peningkatan Kwalitas Pembelajaran





Foto kegiatan Workshop Peningkatan Kwalitas Pembelajaran 

 Literasi merupakan suatu proses pembelajaran membaca dan menulis yang memerlukan dorongan dan motivasi yang tinggi dan terus menerus, karena sangat lemahnya minat baca di masyarakat termasuk guru , siswa dan warga sekolah yang harus banyak membaca dalam arti luas untuk dapat menyerap dan memahami ilmu yang didapat.

Tips Meningkatkan Literasi siswa di Kelas; 

Menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya membaca pada siswa;

Membudayakan kegiatan membaca di kelas dan Sekolah dengan giat aksi yang menarik; Mengajak

membimbing siswa melalui beberapa permainan literasi;

Mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan sekolah; Adanya magnet/pancingan/

Reward pada siswa berupa quis literasi. 

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba dan disampaikan oleh Giat aksi asik budhe Yanti panggilan akrab di Tbm Teras Literasi Lesanpuro Malang dan selaku guru IPS ( Suyati,M.Pd guru SMPN 27 ) Malang pada Jum"at 26-11-2021 sebagai narasumber kegiatan Workshop Integrasi Literasi Dalam Pembelajaran menyampaikan paparan materi Implementasi  Literasi dalam Pembelajaran, kegiatan di SMP Muhammadiyah 6 Krian Kabupaten Sidoarjo. 

Kegiatan yang  dihadiri seluruh bapak ibu guru SMP Muhammadiyah 6 Krian Kabupaten Sidoarjo dan didampingi oleh  pengawas sekolah, kegiatan berjalan lancar dan langsung di implementasikan pada penyusunan RPP pada semua mata pelajaran. dan Budhe Yanti juga memberikan kenangan buku karya siswa SMPN 27 Malang serta anak TL untuk bahan pustaka di perpustakaan SMP Muhammadiyah 6 Krian.


SW_26-11-2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...