Langsung ke konten utama

Bermain Literasi

 



foto aktivitas dalam kegiatan

Dunia anak-anak adalah dunia bermain dan menyenangkan.membuat gembira anak adalah kebahagian yang luarbiasa.  Dengan bermain, anak – anak menggunakan anggota  tubuhnya, bergerak kesana kemari tak kenal lelah, menstimulasi indra tubuh, mengeksplorasi dunia sekitar, dan menemukan seperti apa dunia ini dan mengenal  diri mereka sendiri. Lewat bermain, anak–anak akan mempelajari dan menemukan hal-hal baru yang dilihat dirasa didengar.

Dengan  bermain pun, fisik anak akan terlatih, kemampuan kognitif dan berinteraksi dengan orang lain pun juga akan berkembang. Jangan  membatasi waktu bermain anak, sesuakan dengan kondisi dan kebutuhan anak kapan anak bermain. Buat kesepakatan yang menyenangkan, taka da paksaan dan terpaksa.

Dalam  membuat anak cerdas tidak harus dengan rajin belajar dan serius di dalam kelas. Akan tetapi dengan bermain juga dapat meningkatkan kecerdasan seorang anak. Misalnya untuk meningkatkan kecerdasan bahasa ( membaca )  dan berhitung pada anak. Anak-anak dapat bermain dengan memainkan permainan kreatif berbasis literasi. Permainan kreatif berbasis literasi merupakan permainan yang bersumber dari teks/ bacaan singkat. Permainan dapat dilakukan dengan cara tebak-tebakan,kuis atau yang lainnya.

Kegiatan bermain dengan literasi menjadi dasar giat  rutuin literasi di Taman Bacaan Masyarakat TeraS Literasi ( TL ), hari inipun minggu 7-11-2021 semua anak TL yang hadir diajak bermain literasi membaca lingkungan sekitar dengan tepuk buah dan Pratik literasi numerasi dengan ice breaking angka dalam huruf rangkai menjadi kata. Dengan  Tujuan lebih kreatif dalam bergiat literasi masyarakat serta Manfaatnya meningkatkan giat literasi ( multi literasi ) yang mana anak  selalu akan terkenang dimasa yang akan datang sudah ikut bergiat literasi dimasa kanak kanaknya.


SW_7-11-2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...