Langsung ke konten utama

Merangkai Kata menjadi Puisi

Ft. 1 Edo salah satu anak Teras Literasi berselfi setelah mengirimkan karya puisinya kepada Budhe Yanti melalui aplikasi WA.

Ft. 2 Setelah berkegiatan anak-anak Teras Literasi menikmati robar pawon bersama-sama


Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini Minggu 19 September 2021 dilaksanakan diTegal Literasi dengan diikuti kurang lebih sepuluh anak. Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini diawali dengan membaca surat Al-fatihah dan yel-yel TL bersama-sama.

Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking sambung kata dan siapa dia, untuk sambung kata masing anak Teras Literasi membuat kalimat dari kata yang disebutkan dari setiap anak yang telah menyebutkan kata terlebih dahulu. 

Sedangkan ice breaking siapa dia adalah setiap anak Teras Literasi akan memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama dan alamat tempat tinggalnya, kemudian dilanjutkan anak Teras Literasi berikutnya dengan menyebutkan nama dan alamatnya anak Teras Literasi sebelumnya dan disambungkan dengan memperkenalkan dirinya. 


Kegiatan utama di Teras literasi pagi ini adalah menulis puisi dari apa yang dilihat di Tegal Literasi dengan tema bebas berdasarkan apa yang anak Teras Literasi lihat, senangi dan rasakan. Sedangkan tujuan dari merangkai dan menulis puisi ini adalah untuk melatih dan membangun q

Keaktifan anak anak Teras Literasi dalam menulis dan mengembangkan kosa kata yang dapat  menyampaikan pikirannya dengan baik dan bisa diterima dan dimengerti oleh orang lain. 


Setelah hampir satu jam berkegiatan, kegiatan hari ini diakhiri dengan makan robar pawon bersama-sama, yel-yel Teras Literasi dan membaca hamdalah bersama sekaligus ft bersama. Semoga kegiatan hari ini menjadikan manfaat bagi anak-anak Teras Literasi kedepannya. Aamiin

Berikut ini karya puisi anak-anak  Teras Literasi 


Engklek

Engklek🛹 Berwana coklat

Engklek manfaatnya untuk :Bermain berseneng senang🤗🥳, bergembira🤗

Ku lihat:engklek di dinding Pawon

Aku ingin bermain engklek🛹 

Hatiku hancur  karna engklek ku rusak

Nama:Feby Kelas 6 SDN Lesanpuro 2 


Pohon Mangga

Daunnya berwarna hijau manfaatnya pohon mangga untuk di makanan kulihat pohon mangga di tegal literasi aku ingin memakan mangga

Mangga rasanya asam manis

Bisa dibuat rujak dan manisan saat ini hatiku gembira karena aku memakan mangga yang manis bersama teman temanku di Tegal Literasi

Nama : Azza kls 4 SDN Lesanpuro 2🌿



Ayunan di Tegal Literasi

Ayunan yang kulihat ini berwarna putih biru merah kuning warna warni yang cerah

Bermain ayunan manfaatnya untuk ku permainan bersenang senang

Ku lihat ayunan di depan pawon Tegal Literasi

Aku ingin bermain ayunan

Saat ini hatiku hancur karna jatuh dari ayunan ini

Besuk aku akan hati hati bermainnya

Nama:maulana ilham 🚣‍♂️ Kelas 6

SDN lesanpuro 2 Malang



Pohon Singkong

Pohon  singkong warna daunnya hijau dan merah

Manfaat pohon daun singkong untuk di makan  dibuat kue 

Kue singkong keju,lemet dan lainnya

Aku senang diolahenjadi keripik,rasanya renyah dan gurih

Kulihat pohon singkong ini di Tegal Literasi saat aku ke teras literasi bersama teman temanku

Aku  juga ingin memasak singkong keju

Saat ini kunikmayi bersama teman temanku  

Saat ini hatiku senang karna memasak singkong keju yang mantap rasanya, dan teman teman ku juga ketagihan 

Nama Naila kelas 6SDN lesanpuro 2 Malang 


RODA MOBIL

RODA MOBIL BERWARNA HITAM

GUNANYA RODA MOBIL

UTUK MENJALANKAN MOBIL

KULIHAT RODA MOBIL DI GARASI TERAS LITERASI DAN  DI BENGKEL SAAT AKU FI AJAK AYAHKU

Aku INGIN NAIK MOBIL UNTUK KELILING KOTA MALANG

SAAT INI HATIKU BAHAGIA KARENA KELI LING NAIK MOBIL BERSAMA SAUDARAKU

Nama EDO SDN LESANPURO 2 Malang 


Burung 🐦

Aku melihat burung burung di sangkar 

Burung berwarna abu abu ada satu di masing-masing sangkar burung

Jadi ada 3 burung yang berkicau

Aku hobi memelihara  burung 

Kulihat juga di awan sedang terbang tinggi

Aku ingin  memelihara burung

Saat ini hatiku senang karena memelihara burung dan burungnya berkicau Riau asyik mendengarnya

Nama Reza/6 SDN Lesanpuro 2 Malang



Engklek🛹

Engklek permainan tradisional yang ada di Tegal Literasi dan di Teras Literasi 

Yang  kulihat berwana coklat hitam perpaduan yang cocok

Engklek manfaatnya untuk bermain bersama teman temanku Juga membuat berseneng senang🤗🥳, bergembira🤗

Saat ini kulihat engklek di dinding Pawon

Aku ingin bermain engklek🛹 

Hatiku hancur sedih  karena  engklek ku rusak

Esok pakdhe Eko berjanji untuk memperbaikinya

Nama:Feby kelas:6 SDN Lesanpuro 2 Malang 


Roti Bakar Pawon

Hari ini aku ke Tegal Literasi 

Bermain dan belajar 

Ada ayunan ada engklek ada bakiak 

Itu permainan tradisional yang ada di Tegal Literasi

Tiap Minggu dan tiap sore aku selalu ke Tegal untuk bermain ayunan

Hatiku senang bisa bermain bersama

Benaya Kelas 2 SDN MADYOPURO 5 MALANG 


Dodolan ning pawon 

Dodolan ning pawon berada di Tegal literasi 

Dodolan ning pawon menjual sembako, dan macem" 

Yang aku suka produk pawon Roti bakan dan snakc

Roti bakar rasa coklat, blubery , keju,melon 

Yang paling aku suka rasa coklat, keju

Karena rasanya enak dan coklas nya banyak 

Ku nikmati roti bakar rasa coklat setiap ada keluarga kesini 

Ternyata harga nya murah meriah 

Sering ku nikmati bersama keluarga 

Ayah, mama , adek dan saya 

Aku ingin mencoba rasa oreo 

Saat ini hatiku senang karena dapat diskon roti bakar rasa coklat di pawon 


Nama: Helena salsabiela kelas  6 (enam) 

SDN Madyopuro 5 


Engklek Batok Kelapa

Engklek adalah permainan tradisional Yang ada di Teras Literasi

Batok kelapa ini  berwarna coklat dan  biru

Biru karena di cat sama pakdhe Eko

Aku tiap Minggu ke Teras Literasi bermain bersama teman teman ku

Batok kelapa ini ada di sebelah pawon di Tegal Literasi

Aku ingin bermain engklek batok kelapa hari ini bersama teman temanku

Saat ini hatiku gembira karena bermain batok kelapa yang unik bunyinya.

Tok ....tok.... tok

SYIFA🥥🥥 kls IV sdn lesanpuro 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si