Langsung ke konten utama

Krupuk Upil Literasi

 

Krupuk Upil Literasi

Hari ini Minggu 3 Oktober 2021 di Tegal Literasi berkegiatan seperti biasa anak-anak Teras Literasi membaca meresum dan melaporkan hasil meresumnya kepada Budhe Yanti melalui aplikasi WA. Tidak banyak anak Teras Literasi yang hadir pada kegiatan hari ini karena crew Teras Literasi libur dalam berkegiatan, meskipun demikian anak-anak Teras Literasi masih antusias untuk hadir. 

Karena anak-anak Teras Literasi terlanjur datang ke Tegal Literasi akhirnya Budhe Yanti mengajak anak-anak Teras Literasi untuk membaca buku cerita yang ada di keranjang literasi. Yang menarik dari kegiatan membaca kali ini adalah anak-anak Teras Literasi membaca buku sambil menikmati krupuk upil khas Kabupaten Sidoarjo (https://www.tagar.id/kerupuk-upil-suguhan-gurih-saat-lebaran-di-sidoarjo) oleh-oleh crew Teras Literasi berkegiatan di Surabaya dan Sidoarjo pada hari Sabtu 2 Oktober 2021 kemarin. 

Selain anak-anak Teras Literasi yang hadir ke Tegal Literasi pada hari ini ternyata ada salah satu anak yang berasal dari kota Blitar yang juga ikut dalam berkegiatan. Jasmine namanya dia adalah saudara dari Hani salah satu anak Teras Literasi yang selalu rajin dan hampir tiap hari Minggu mengikuti kegiatan di Tegal Literasi. 

Kenapa Jasmine ikut berkegiatan literasi di Tegal Literasi karena Hani selalu cerita tentang semua kegiatan-kegiatan di Teras Literasi maupun di Tegal Literasi ditiap hari Minggunya. Berikut ini pendapat Jasmine sewaktu ditanya Budhe Yanti tentang kegiatan di Teras Literasi "Saya senang sekali dapat ikut berkegiatan di Tegal Literasi, karena di sini saya bisa membaca buku-buku koleksi yang ada dan bisa merangkum atau meresum apa yang telah saya baca. Saya juga pingin ditempat saya Blitar ada kegiatan seperti ini.

Semoga kegiatan hari ini menjadikan inspirasi dan manfaat bagi anak-anak Teras Literasi kedepannya, Aamiin.

By_Pakde Eko

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...